1. Entrepreneur

12 Ide Bisnis Online untuk Pelajar, Yuk Coba!

12 rekomendasi ide bisnis online yang cocok untuk dijalankan pelajar.

Usia dan status pelajar bukanlah sebuah halangan untuk seseorang memulai bisnis. Dengan adanya digitalisasi, memulai bisnis kini semakin mudah dilakukan, termasuk bagi pelajar. Pada artikel ini akan dibahas 12 ide bisnis online yang mudah direalisasikan dan cocok untuk pelajar.

12 Bisnis untuk Pelajar yang Bisa Dijalankan Secara Online

Beberapa ide bisnis yang akan dipaparkan satu per satu di bawah ini merupakan ide bisnis dengan modal kecil yang sangat cocok untuk para pelajar. Penasaran ada apa saja? Langsung simak informasinya di bawah ini.

Influencer

Saat ini, sudah banyak sekali anak muda, bahkan pelajar, yang mulai menghasilkan uang dengan menjadi influencer. Menjadi influencer dapat dimulai dengan membuat konten secara konsisten, entah itu konten berbentuk gambar, video, atau tulisan.

Seperti namanya, influencer bertugas mempengaruhi audience melalui kontennya yang nantinya akan menarik banyak endorsement. Dari situlah Anda dapat mendapatkan penghasilan sebagai influencer.

Podcaster

Podcast merupakan konten suara yang kini banyak disukai orang. Tak heran, banyak orang yang juga mulai menekuni pembuatan konten podcast ini. Sebagai pelajar, Anda juga bisa menjadi podcaster untuk mendapatkan penghasilan.

Sama seperti influencer, Anda juga perlu untuk konsisten dalam membuat konten. Anda bisa membahas hal-hal yang tengah trending saat ini. Kemudian, saat nantinya podcast Anda telah terkenal, Anda bisa mendapatkan sponsor ataupun endorsement.

Vlogger/Blogger

Masih dari dunia konten, menjadi vlogger atau blogger juga bisa menjadi ide yang bagus untuk para pelajar seperti Anda mendapatkan penghasilan.

Vlogger adalah sebutan untuk contentcreator yang bentuk kontennya berupa video dan umumnya menggunakan platform YouTube. Sedangkan blogger merupakan penyedia konten berupa tulisan di blogatau website-nya sendiri. Keduanya memberikan kemungkinan untuk Anda mendapatkan penghasilan melalui AdSense.

Affiliate

Affiliate merupakan bisnis yang mengharuskan Anda mengajak orang lain untuk membeli produk dari link affiliate yang Anda bagikan. Untuk bisa memulai bisnis ini dengan baik, Anda bisa mengenal terlebih dahulu bisnis apa itu affiliate marketing dan platform-platform yang menyediakan program affiliate, seperti Shopee atau TikTok.

Jual Alat Tulis

Alat tulis merupakan barang yang masih dibutuhkan oleh pelajar. Untuk itu, membuka online shop yang menjual alat tulis bisa menjadi ide bisnis yang tepat. Anda bisa menyediakan berbagai macam alat tulis, mulai dari pulpen, pensil, buku, sticky note, dan lain sebagainya.

Jual Makanan Ringan

Makanan ringan ada banyak sekali jenisnya, seperti keripik, coklat, biskuit, atau camilan-camilan yang viral di media sosial. Jika bisa, Anda juga bisa menciptakan camilan unik mbuatan Anda sendiri dan memviralkannya di media sosial.

Jual Gift Box

Gift box adalah paket kado yang berisi berbagai macam barang. Belakangan ini, gift box banyak dicari dan menjadi pilihan kado oleh pelanggan usia muda hingga dewasa.

Karena bentuknya yang berupa paket, maka setiap penjual bisa menyediakan isi yang berbeda-beda. Jika Anda tertarik, Anda juga bisa menyediakan isi paket yang bervariasi dengan harga yang juga bervariasi.

Jual Bouquet

Selain gift box, bouquet berisi barang, uang, dan bunga kertas juga bisa menjadi pilihan bisnis yang menarik. Proses pembuatannya yang bisa dipelajari dengan mudah membuat ide bisnis satu ini cocok untuk para pelajar. Peminatnya pun cukup banyak, terlebih lagi jika sedang masuk musim kelulusan.

Pulsa dan Kuota

Pulsa dan kuota kini sudah menjadi kebutuhan semua orang, mulai dari usia pelajar hingga dewasa. Fakta ini bisa Anda manfaatkan sebagai pelajar untuk bisa mendapatkan penghasilan. Untuk memulainya, Anda bisa menggunakan aplikasi-aplikasi jualan pulsa onlinemelihat artikel cara berjualan pulsa.

Reseller & Dropship

Ide bisnis online untuk pelajar berikutnya adalah dengan menjadi reseller dan dropship. Menjadi reseller atau dropship dapat menjadi alternatif bagi Anda yang tidak ingin melakukan produksi atau ingin memulai bisnis dengan modal kecil. Anda bisa melihat tips-tips menjadi dropship dan reseller untuk membantu Anda memulainya.

Foto Editing

Jika memiliki kemampuan mengedit foto, membuka jasa edit foto bisa menjadi ide bisnis yang tepat. Selain mudah dilakukan, membuka bisnis jasa foto editing juga tidak memerlukan modal yang besar. Anda mungkin hanya perlu mengeluarkan modal untuk membuat iklan berbayar.

Jasa Gambar (Open Commission)

Selain kemampuan mengedit foto, kemampuan menggambar juga berpotensi untuk membantu Anda mendapatkan penghasilan. Anda bisa membuka jasa pembuatan commissionart. Anda bisa menawarkan jasa ini melalui media sosial dan platform jualan jasa lainnya.

Demikian 12 ide bisnis yang cocok dijalankan untuk pelajar karena mudah dan hanya butuh sedikit modal. Jadi, bisnis mana yang akan Anda coba?

Header by Pixabay.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again