1. DScovery

12 Drama Korea tentang Bisnis Terbaru 2022

Drama Korea mengenai bisnis akhir-akhir ini cukup populer. Simak 12 rekomendasi drama Korea tentang bisnis ini!

Baru-baru ini pecinta drakor (drama Korea) di Indonesia sedang dihebohkan dengan drama Korea Start Up. Start Up merupakan drama Korea dengan yang tayang pada tahun 2020 dengan bintang utama Bae Suzy. Melalui drama Start Up, banyak penonton yang mulai mengenal istilah second lead syndrome melalui peran Han Ji Pyeong yang memukau.

Drama Korea Start Up merupakan salah satu drama tentang bisnis yang menarik begitu banyak perhatian publik. Drama Korea mengenai bisnis seringkali mengajarkan mengenai kerja keras dan sifat pantang menyerah. Melalui drama Korea yang membahas mengenai pekerjaan, mungkin ada banyak dari penonton yang dapat merasakan struggle maupun merasa relate akan kejadian yang menimpa tokoh. 

Apakah kamu suka dengan drama Start Up dan ingin menonton drama Korea serupa? Ternyata banyak loh drama Korea seputar bisnis lainnya. Simak 12 rekomendasi drama Korea tentang bisnis ini!

Rekomendasi 12 Drama Korea tentang Bisnis

Drama Korea yang membahas mengenai bisnis, pekerjaan, bos dan karyawan akhir-akhir ini cukup populer. Diawali dengan meledaknya Itaewon Class dan Start Up, mungkin kamu mencari drama yang serupa dan membahas soal bisnis. Berikut ini rekomendasi drama dengan tema pekerjaan dan bisnis yang mungkin akan kamu sukai.

Start Up (2020)

Start-Up (2020) | imdb.com

Start-Up adalah drama Korea yang mengusung cerita seputar orang-orang yang bekerja di dunia startup (usaha rintisan). Saat tayang perdana di layar kaca, Start Up langsung menjadi salah satu drama paling populer kala itu. Perusahaan startup, akhir-akhir ini begitu populer di mata masyarakat sehingga drama Start-Up ini rasanya cukup memberikan gambaran kepada banyak kalangan tentang bagaimana kehidupan pekerja perusahaan startup.

Start-Up bercerita tentang Seo Dal-mi –dibintangi oleh Bae Suzy– yang mana dia adalah seorang perempuan muda yang cerdas dan ambisius dan bercita-cita menjadi seorang Steve Jobs Korea. Seo Dal-mi memiliki latar belakang sebagai seseorang yang kurang berada. Walaupun begitu, ia memiliki semangat kerja yang sangat tinggi. Dia kemudian bertemu dengan Nam Do-san yang merupakan pendiri Samsan Tech dan dikenal sebagai jenius matematika. Nam Do-san dan Seo Dal-mi bekerja sama di Silicon Valley dan merajut kisah cinta bersama.

Itaewon Class (2020)

Itaewon Class (2020) | imdb.com

Drama Itaewon Class merupakan salah satu drama dengan tema bisnis kuliner yang begitu populer pada masanya. Itaewon Class menceritakan kisah dari Park Sae-ro-yi (dibintangi oleh Park Seo Joon), seorang pemuda baik, pemberani, dan cukup naif. Kisah Park Sae-ro-yi diawali dengan ia yang ingin membantu seorang siswa yang terkena bully dan akhir sang pem-bully –bernama Jang Geun-won–  jadi mengincar dirinya. Park Sae-ro-yi dan ayahnya adalah keluarga yang kurang berkecukupan. Suatu hari, perasaan Park Sae-ro-yi hancur karena ayahnya tewas dibunuh oleh Jang Geun-won. 

Park Sae-ro-yi akhirnya mencoba membunuh Jang Geun-won yang notabene adalah putra Jang Dae-hee pendiri dari Jangga Group. Park Sae-ro-yi dipenjara karena aksinya itu. Setelah bebas, ia memulai bisnis bar dan restoran dan mempekerjakan beberapa orang yang nyentrik. Ia dan staff bisnisnya akhirnya bersaing dengan Jangga Group.

Hotel Del Luna (2019)

Hotel Del Luna (2019) | imdb.com

Drakor Hotel Del Luna menceritakan mengenai kisah Jang Man-wol (dibintangi oleh IU, penyanyi solo terkenal) yang merupakan pemilik hotel di Myeongdong, Seoul. Karena dosa besar yang dilakukan satu milenium lalu, Man-wol harus mengorganisasikan hotel yang melayani orang mati. Man-wol kemudian bertemu dengan Goo Chan-sung yang ditugaskan untuk menjadi asisten manajer di Hotel Del Luna (nama hotel milik Man-wol). Melalui drama Korea ini penonton diperkenalkan proses bisnis hotel dibalut dengan kisah misterius dari Man-wol, sang pemilik hotel.

Search: WWW (2019)

Search: WWW (2019) | imdb.com

Drama Korea Search: WWW menceritakan tentang tiga wanita yang berada di usia tigapuluhan yakni, Bae Ta-mi, Cha Hyeon, dan Song Ga-kyeong yang bekerja untuk dua perusahaan website kompetitif. Perusahaan tempat mereka bekerja adalah Unicon dan Barro. Mereka bertiga terkenal memiliki karir yang cemerlang di perusahaan masing-masing.

Walaupun begitu, karir cemerlang yang mereka miliki ternyata menimbulkan berbagai macam masalah. Kehidupan percintaan ketiga wanita tersebut juga secara ajaib saling berhubungan walaupun mereka bekerja di perusahaan yang berbeda. Search: WWW selain menceritakan tentang kehidupan romantis tokohnya, juga membahas mengenai pentingnya perusahaan untuk mengelola keuangan mereka.

Level Up (2019)

Level Up (2019) | imdb.com

Rekomendasi drama korea tentang bisnis selanjutnya adalah Level Up. Level Up menceritakan tentang An Dan-te yaitu seorang direktur di Yuseong R dan memiliki tanggung jawab untuk melakukan restrukturisasi pada perusahaan. An Dan-te dikenal dengan sikap dinginnya.

Namun, di balik itu, ia merupakan seorang yang sangat cakap dalam mengembangkan perusahaan yang ia kelola. An Dan-te kemudian di kirim ke perusahaan game yang sedang berada dalam ambang kebangkrutan dan bertemu dengan Shin Yeon-hwa. Ia dan Shin Yeon-hwa hampir selalu ribut dan tidak akur.

Run On (2020-2021)

Run On (2020) | imdb.com

Drama Korea Run On menceritakan tentang Ki Seon-gyeom yang merupakan seorang atlet lari nasional dan selalu berada pada juara kedua. Ki Seon-gyeom tumbuh pada keluarga yang sibuk sehingga dia kurang terbiasa dengan interaksi sosial. Ia kemudian bertemu dengan Oh Mi-joo. 

Oh Mi-joo merupakan seorang yatim piatu yang bekerja sebagai penerjemah film, Mereka sering menghabiskan waktu bersama dan akhirnya saling menyukai. Walaupun begitu, kehidupan tidak semudah yang mereka kira. Mereka sama-sama perlu untuk mengatur pekerjaan mereka. 

Best Chicken (2019)

Best Chicken (2019) | imdb.com

Drama Korea Best Chicken menceritakan mengenai Park Choi-go, ia ingin membuka restoran ayahnya setelah berhenti bekerja dari perusahaan. Park Choi-go kemudian melihat pemandian yang dimiliki oleh kakek Seo Bo-ah. Sang kakek menawarkan diskon spesial apabila Choi-go dapat merekrut Seo Bo-ah. Seo Bo-ah adalah seseorang yang pendiam dan bekerja dengan Choi-go membuat ia dapat pengalaman baru dengan berinteraksi dengan orang lain.

Record of Youth (2020)

Record of Youth (2020) | imdb.com

Rekomendasi Drakor mengenai bisnis selanjutnya adalah Record of Youth yang dipublikasikan di tahun 2020. Record of Youth menceritakan tentang Hye-jun –dibintangi oleh Park Bo-gum– yang merupakan seorang model dengan mimpi menjadi aktor papan atas. Ia bertemu dengan seorang penata ria bersama Jeong-ha dan memulai hubungan romantis bersama. Walaupun begitu, kisah mereka banyak terhambat karena bisnis dan pekerjaan yang mereka lakukan.

Money Game (2020)

Money Game (2020) | imdb.com

Serial drama Money Game merupakan drama Korea yang menceritakan tentang tiga orang yang bekerja pada Financial Service omission dan Kementerian Ekonomi dan Keuangan Korea. Drama ini menceritakan kisah mereka yang berusaha menyelamatkan negara dari krisis keuangan Asia tahun 1997. Walaupun berkisah mengenai pekerja pemerintahan, drama ini memberikan beberapa insight menarik mengenai analisis ekonomi makro dari suatu negara. 

Pegasus Market (2019)

Pegasus Market (2019) | imdb.com

Drama Pegasus Market menceritakan Moon Seok-goo yang mana dia adalah manajer di Pegasus Market dengan kondisi yang cukup memprihatinkan. Kemudian, datang Jeong Bok-dong yang menjadi CEO di Pegasus Market setelah dipecat dari Daema Group. Seok-goo berharap bahwa kedatangan Bok-dong dapat menjadi harapan baru bagi perusahaan. Walaupun begitu, Bok-dong ternyata memiliki rencana lain tentang perusahaan. Pegasus Market banyak mengajarkan soal manajemen konflik di antara bos dan juga karyawan yang seringkali terjadi di lingkungan pekerjaan.

What’s Wrong with Secretary Kim (2018)

What's Wrong with Secretary Kim (2018) | imdb.com

Serial drama What’s Wrong with Secretary Kim merupakan drama Korea yang fokus pada hubungan bos dan sekretarisnya. Kim Mi-so, seorang sekretaris andal, tiba-tiba memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya. Lee Young-joon –sang bos– tidak ingin kehilangan sekretarisnya itu dan mencoba segala cara untuk mencegah Kim Mi-so resign. What’s Wrong with Secretary Kim menceritakan tentang hubungan romantis dalam pekerjaan serta adanya kesenjangan sosial di antara tokonya.

Strongest Deliveryman (2017)

Strongest Deliveryman (2017) | imdb.com

Drama Strongest Deliveryman merupakan drama yang menceritakan kehidupan Choi Kang-soo yang merupakan pengantar makanan pada khususnya jajangmyeon (mie dengan bumbu hitam dari korea). Drama ini tidak hanya memperlihatkan perjuangan Kang-soo dalam kesehariannya mengantar makanan tapi juga menceritakan kisah cinta juga kisah sukses dari pemerannya. Hingga pada akhirnya, Kang-soo mampu menjadi CEO perusahaan aplikasi delivery.

Berikut adalah 12 rekomendasi drama Korea tentang bisnis bagi kamu yang ingin menonton serial untuk memacu semangat kerja kamu. Adakah dari 12 rekomendasi drama Korea tadi yang langsung masuk ke watchlist kamu?

Sumber gambar header: poster resmi drama Start-Up melalui imdb.com

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again