Dark
Light

3 Cara Membuka Smartphone Android yang Terkunci (Lupa Password)

1 min read
December 10, 2014

Mengunci smartphone menggunakan sandi atau pola merupakan cara yang efektif untuk mencegah orang lain mengetahui data pribadi Anda. Di smartphone Android, sandi yang tersedia dapat berupa pola ataupun angka yang dibuat sendiri oleh pengguna.

Namun tak jarang pengguna kemudian lupa dengan sandi atau pola yang disudah ditentukan sebelumnya, sehingga mengakibatkan perangkat tidak bisa diakses. Berikut adalah empat cara membuka smartphone Android yang terkunci karena lupa sandi atau pola.

Menggunakan Fitur Forgot Password

Hal ini bisa digunakan bagi smartphone yang dibuka secara paksa oleh orang lain karena beberapa kali melakukan password yang salah. Caranya adalah dengan mengklik Forgot password atau Pattern.

Kemudian, masukkan username dan password akun Google Anda dan tekan Sign in. Sebelum melakukan langkah ini, pastikan smartphone Anda bisa mengakses internet, baik melalui koneksi WiFi atau paket kuota data internet.

Menggunakan Panggilan Telepon

Apabila smartphone Anda secara kebetulan tidak dapat mengakses jaringan internet, Anda tetap dapat mengatasi masalah tersebut melalui panggilan telepon dari ponsel atau pesawat telepon lain ke perangkat Android Anda yang bermasalah.

Selanjutnya, jawablah panggilan telepon itu dan jangan ditutup. Tap tombol Home dan masuk ke menu Setting, kemudian aktifkan data internet agar dapat Sign in kembali. Jika Anda ingin membuat sandi yang baru, bisa membuatnya berupa pola kunci atau angka di menu Setting.

 

Info Menarik: Yuk Tonton 20 Video YouTube Terpopuler di Indonesia Tahun 2014 Ini!

 

Factory Data Reset

Ini adalah cara terakhir yang bisa dilakukan jika Anda benar-benar lupa sandi akun Google. Anda bisa melakukan factory data reset melalui Android recovery.

Pertama, matikan dulu handphone Android Anda, kemudian tekan dan tahan tombol Home, Volume up (untuk memperbesar suara) dan tombol Power secara bersamaan, lepaskan setelah 5 detik. Anda kemudian akan menemukan sederet menu dalam mode recovery.

Gunakan tombol volume untuk mengarahkan pilihan ke factory data reset dan tekan tombol power untuk melakukan eksekusi. Tunggu sampai selesai proses reset, biasanya hanya beberapa menit. Setelah selesai, pilih Reboot system now. Selesai, perangkat akan hidup kembali dengan kondisi seperti saat pertama kali beli dan Anda dapat masuk tanpa sandi atau pola.

Sumber gambar header Lock Screen via Shutterstock.

71 Comments

  1. Seharusnya cara buka password android ini tidak diberikan sembarangan, ini membantu pencuri untuk mudah mengakses kembali hp curiannya 🙁

  2. semoga tidak mba putri. beberapa cara ini ditujukan untuk pengguna yang lupa password, tetapi bisa juga menjadi semacam wanti-wanti agar pengguna Android tau bahwa ada beberapa cara untuk membuat perangkat mereka meskipun terkunci.

    dua langkah di atas juga tetap membutuhkan sign in, yang artinya ‘kunci’ masih ada di pengguna. jika tidak bisa sign in tentunya tidak bisa membuka.

    artikel ini juga bisa menjadi semacam peringatan agar para pengguna Android bisa lebih aware jika perangkatnya hilang atau dicuri dengan melakukan pengamanan lebih ketat pada perangkat. misalnya dengan cara ini http://www.trenologi.com/2015011353934/cara-mengamankan-hp-android-dari-maling-menggunakan-aplikasi/ atau http://www.trenologi.com/2014091644079/4-aplikasi-anti-maling-untuk-android-ios-dan-windows-phone/ serta ini http://www.trenologi.com/2014081941952/cara-mengamankan-smartphone-android-dari-pencuri-dengan-fitur-fitur-cm-security/.

  3. mas aku mau coba cara ke2 , tapi pas pencet tombol home ga bisa tap settingnya 🙁 knapa ya mas?

  4. Mas.kpn hr sy pny applikasi vault di hp.nah hp nya tu sempat hilang.skrg hpnya udh sy temukan kembali tp sy lupa kode vaultnya.gmn cara bukanya nih mas.tq.

  5. gmana crana .ini saya sudah ke factory reset.tapi tidak bisa d enter.gmana nih.mohon bantuannya kawan

  6. mas,pas saya pake cara ketiga to.kok gk bisa keluar factory data reset nya.
    gmna y mas.??

  7. mas mw tanya , saat tombol terkunci.. bbm jga gak ada yang masuk. tunggu bbmnya di buka dulu

  8. pake aplikasi task killer ato autostarted app killer seamacam greenify gak?
    biasanya disebabkan karena aplikasi diblok oleh greenify atau semacamnya, sehingga ketika dijalankan baru notifnya masuk.

  9. Kalo udh di factory data reset paket kuota kita bakal hbs gak kalo sblmnya udh di isi?

  10. Mas.mw tanya sya kan memakai cara ketiga trus sya udh ke factory data reset tpi kok lama bgt y factory.data resetnya trus tolong jelasin secara rinci cara no.3 itu dong mas…mksh

  11. resetnya selesai gak?
    penjelasan di atas sudah mencakup semuanya, silahkan dicoba pelan2.

  12. maaf ka bambang,
    saya punya tab china yg trkunci pola nya,tapu saya uda coba ga berhasil,soal nya di hp nya ta ada tombol home,tapi ada 3 tombol.
    vol+
    vol-
    power.
    nah di belakang hp ada lubang kecil bertulisan reset.
    aku uda coba namun gagal trs.
    mohon bantuan nya ya ka..
    makasih..

  13. Kenapa ko setelah dicoba hp saya jadi ngeblank ,, bukan berhasil malah rusak ini mah
    Kalau ngasih cara yg bener dong ,, udah rusak gini siapa yang tanggung jawab,
    Nyesel da ngikuti cara beginian:-((

  14. halo Marlina, pertama-tama mungkin bisa dijelaskan dulu secara bertahap permasalahan awalnya seperti apa, lalu solusi cara mana yang digunakan dari 3 cara di atas serta prosesnya seperti apa. Kalau melihat beberapa komentar di atas sudah ada yang mencoba dan sudah ada pula yang berhasil. Siapa tau ada cara yang terlewat atau kurang tepat. Dan jika problemnya bisa dijelaskan mungkin kami bisa membantu. terima kasih.

  15. Kak, beberapa minggu yang lalu hp ku sempet hilang pas di lacak ketemu tapi malah dikasih google account untuk ngebuka sama orang yang ngambil hp aku kak orangnya bilang dia juga lupa nama akunnya, hp aku gak ada tombol homenya kak,minta tolong solusinya kak

  16. tolong bantuannya mas. hpku samsung galaxy core duos, sy sdah ketakn tombol volume up + home + power… tp gak muncul recovery mode nya… gimana solusinya ni mas..

  17. aku mau tanya ka aku pake samsung android tapi ketika dienter passwordnya itu salah mulu tapi terus muncul top up your have incorectly typed your pin (misal 20 menit) try again in 30 second. waktu nya selalu bertambah 5 menit terus menerus gak muncul buat reset passwordnya, itu gimana????

  18. boss,,trus bagaiman dengan hp exmobile,,saya tekan power+ volume down bisa cuman dalam menu menu pilihannya dalam bahasa cina,,tolong dulu boss

  19. kalau Septya tidak mau pakai cara ketiga di atas, coba salah satu dari dua opsi yang tersisa ya.
    dan tentu passwordnya harus benar, kalau salah memang seperti itu prosedur keamanan dari ponselnya

  20. kalau pakai cara yang terakhir, apakah semua aplikasi yang terunduh bakalan hilang?

  21. kalau sebelumnya diatur automatically backup ke akun google, nanti aplikasi yang sebelumnya sudah terpasang akan kembali diinstal secara otomatis. tapi ini unduh ulang bukan tersedia di memori.

  22. mas mau tanya kalau pakai cara ke tiga lalu kalau kita klik reeboot system now apakah semua data di handphone akan hilang? begitu juga dengan aplikasi yang sudah ada? karena kata mas kalau di reebot system maka hp nya seperti baru dari pabrik, artinya kosong yaah?

  23. direset dulu mas, kalau reboot saja tidak terhapus.
    reboot sistem diperlukan untuk merestart ponsel saja.
    kalau direset semua data terhapus mas, ponsel kembali ke setingan pabrik.

  24. mas saya udh coba cara ke 3 udh ke reset tapi knp msh minta akun gmail yaa?type handphone xiaomi mi3

  25. cara ketiga itu mereset ponsel, jadi semua data mulai dari akun, kontak, file, dll akan terhapus. Jadi, sudah pasti anda harus login ke akun google (jika ingat) atau register akun baru.

  26. Saya mencoba yg ke 3 kok ngga bisa yah , malah ada tulisan please restart the phone by qut battery tolong dong kasi saran nya

  27. misi mas sy mau tanya hp sy ADVANdroid S5 ga bisa di buka gara2 sy mendownload apps apus ,llu sy delet aplikasi apps apus ya eh mlh hp sy ya ga kebuka di situ malah ada tulisan maaf android anda sayangya sudah berhenti mengunakan apps ini tapi kalo buka paswod mah bisa kalo buka menu ga bisa tolong bantuan ya mas tnks

  28. coba install launcher baru mas, download saja AMI Launcher, ini launcher baru tapi super ringan dan cepat. Tampilannya juga mirip iPhone, saya jamin mas bakal suka.

  29. Bagaimna caranya nya mas kalau sudah reset dan semua data terhapus tapi paswordnya tetap ada n tdk bsa masuk

  30. mas sudah direset factory trus sudah saya ikuti petunjukny lalu muncul keterangan tentang jaringan wifi lalu gimana bisa buka menunya lagi? thanks

  31. Mas mohon bantaunnya, sya sdah ikut cara yang d atas reset ulang, tapi gagal mas di minta masukkan accun google, sya tdak tau accunnya hendpon sya samsung grand prime.

  32. mas d hp saya cuman ada tombol power , volume up , volume down saya mau pake cara yang ke tiga tolong bantuan ny mas

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Siap Hadapi Banjir Dengan Aplikasi Android Untuk Musim Hujan Dari MoboMarket

Next Story

Cicret Bracelet, Gelang Pintar Yang Bisa Tampilkan Layar Smartphone di Kulit Pengguna

Latest from Blog

Don't Miss

Review Infinix Note 40 Pro 5G, Smartphone All Rounder Cakepnya Merata

Di tahun 2024 ini, Infinix memperketat persaingan pasar smartphone kelas
Review Poco X6 5G Hybrid

Review Poco X6 5G, Performa Ekstrem dan Sudah Dapat Pembaruan HyperOS

Poco X6 membawa layar AMOLED 120Hz dengan Dolby Vision lalu