1. Startup

3 Langkah Praktis Tingkatkan Kebahagiaan Karyawan Dengan Mekari Flex

Lewat Mekari Flex, perusahaan bisa fleksibel dan mudah mengatur benefit karyawan tanpa tambahan biaya yang besar

Sudah menjadi rahasia umum kalau salah satu cara terbaik perusahaan untuk menjaga produktivitas dan kebahagiaan karyawannya adalah dengan memberikan benefit sesuai kebutuhan mereka. Kebutuhan ini pun bervariasi, mulai dari asuransi, lifestyle, wellness, hingga commuting.

Namun, kebutuhan karyawan yang berbeda-beda seringkali menjadi kesulitan tersendiri bagi Human Resources (HR) dalam mengelola dan menyediakan benefit tersebut. Mulai dari variasi benefit yang tidak sesuai hingga pengelolaan partner dan proses administratif yang manual serta makan biaya menjadi tantangan yang terus ditemukan.

Dengan perkembangan teknologi saat ini, salah satu solusi efektif yang bisa diterapkan oleh perusahaan adalah menggunakan platform pengelolaan benefit yang terintegrasi dengan human resource information system (HRIS). Salah satunya adalah produk terbaru dari Mekari, yaitu Mekari Flex. Lewat Mekari Flex, baik perusahaan kecil hingga besar bisa secara fleksibel dan mudah dalam mengatur kebutuhan benefit karyawan tanpa tambahan biaya yang besar, sementara karyawan bisa memilih benefit sesuai kebutuhannya dengan mudah lewat aplikasi.

Berikan Berbagai Kemudahan untuk Karyawan dan HR

Tidak hanya memberikan kemudahan bagi HR sebagai pengelola benefit di perusahaan, Mekari Flex juga turut memberikan kemudahan dan fleksibilitas penggunaan bagi karyawan sebagai pengguna benefit tersebut. Berikut beberapa kemudahan pengelolaan benefit yang dapat Anda temukan pada Mekari Flex.

Kemudahan penggunaan Mekari Flex yang dapat diakses lewat smartphone

Hadirkan variasi benefit dari berbagai partner

Mungkin sebelumnya benefit yang disediakan oleh perusahaan terbatas dan tidak sesuai dengan kebutuhan karyawan. Misalnya banyak karyawan yang sekarang sudah mulai aware dengan kesehatan dan gaya hidup sehat yang bisa mendukung produktivitas kerja, namun benefit yang disediakan perusahaan terbatas pada asuransi saja. Dengan Mekari Flex, karyawan bisa mendapatkan kebebasan memilih benefit yang sesuai kebutuhan mereka dengan mudah karena menawarkan beragam kategori seperti asuransi, wellness, lifestyle, hingga commuting.

Mekari Flex telah bekerja sama dengan berbagai partner di beberapa kategori sehingga HR tidak perlu lagi kesulitan mengurus partner satu persatu dan karyawan dengan mudah memilih partner yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Contohnya pada kategori asuransi, Mekari Flex bekerja sama dengan Salvus dan Future Ready. Mekari Flex juga berkolaborasi dengan Doogether, Good Doctor, Riliv, Triasse, Kulina, YellowFit Kitchen pada kategori wellness. Pada kategori lifestyle, vendor yang telah berkolaborasi sebagai partner di aplikasi ini adalah Houzcall, Sayurbox, dan Cakap. Perusahaan juga tidak perlu khawatir karena dengan Mekari Flex, benefit karyawan bisa didapat secara maksimal dengan penawaran harga spesial dari seluruh partner tersebut.

Atur kebutuhan pengelolaan secara otomatis

HR kini tidak perlu lagi pusing mengurus administrasi benefit setiap karyawan secara manual, karena semua prosesnya dapat diautomasi. Cukup dengan mengakses dashboard Mekari Flex, HR bisa langsung melakukan proses enrollment benefit dan mengatur limit budget benefit setiap karyawan sesuai kebijakan perusahaan, pembuatan laporan dan rekapan, serta melakukan monitoring penggunaan benefit karyawan dimana semua data bisa diakses secara real time.

Tampilan dashboard Mekari Flex yang dapat memudahkan HR dalam mengatur benefit.

Berikan kemudahan akses benefit untuk karyawan

Proses yang mudah dan dapat diakses langsung lewat aplikasi pada smartphone, membuat karyawan tidak perlu repot-repot mengurus reimbursement manual dan melewati proses approval yang panjang untuk memanfaatkan benefit-nya. Mekari Flex memberikan kebebasan karyawan memilih langsung benefit sesuai kebutuhannya secara cashless, karena budget telah disediakan oleh perusahaan. Karyawan juga bisa langsung mengecek sisa penggunaan saldo benefit di aplikasi. Bila telah habis, karyawan masih memiliki opsi mengakses payroll lebih awal untuk membayar benefit yang dipilih. Sehingga pemilihan benefit ini tidak mengganggu cashflow karyawan karena akan otomatis terpotong di payroll berikutnya.

Solusi Efektif untuk Menunjang Produktivitas Karyawan

Selain bagi para karyawan dan HR, fleksibilitas mengatur benefit yang dihadirkan Mekari Flex ini sendiri sebenarnya juga dapat dirasakan keuntungannya bagi para pemilik bisnis atau petinggi perusahaan. Terutama bagi perusahaan skala bisnis kecil dan menengah, dimana memberikan benefit yang beragam bagi karyawan dapat menjadi tantangan tersendiri dari segi keterbatasan sumber daya serta memerlukan biaya yang relatif mahal. Namun, keterbatasan tersebut kini bukan menjadi hal yang perlu dikhawatirkan dengan kemudahan yang bisa didapatkan lewat Mekari Flex.

Perusahaan dengan skala bisnis kecil hingga menengah kini bisa menghadirkan pilihan benefit yang fleksibel bagi karyawan dengan harga yang lebih terjangkau. Dengan begitu, perusahaan dapat mengoptimalisasi anggarannya untuk keperluan lain namun tetap dapat memberi benefit yang maksimal bagi karyawannya.

Secara umum, perusahaan yang dapat mengelola dan memberikan benefit dengan baik dan bervariasi meningkatkan kepuasan dan kebahagiaan karyawan, yang tentunya berdampak pada produktivitas mereka. Sehingga karyawan dapat memberikan kontribusi lebih bagi perusahaan. Di sisi lain, kebebasan memilih benefit sesuai kebutuhan karyawan ini tidak hanya berfungsi untuk mempertahankan karyawan, tetapi juga mengundang talenta-talenta terbaik untuk datang ke perusahaan Anda.

[embed]https://www.youtube.com/watch?v=tq6oJlfDPUw[/embed]

Tunggu apalagi, segera miliki kemudahan mengatur benefit karyawan dengan fleksibel lewat Mekari Flex. Bila Anda tertarik, kunjungi link berikut untuk mengetahui informasi lebih banyak tentang Mekari Flex.

Disclosure: Artikel ini adalah konten bersponsor yang didukung oleh Mekari

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again