1. DScovery

5 Agregator Ekspor Indonesia yang Membuka Peluang Bisnis Internasional

5 Agregator Ekspor yang Mendorong Pertumbuhan Bisnis Indonesia

Pada era globalisasi ini, ekspor memiliki peran yang sangat vital dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara. Banyak pelaku usaha yang ingin menggali pasar internasional untuk meningkatkan daya saing dan meraih keuntungan yang lebih besar.

Namun, seringkali, tantangan utama yang dihadapi oleh pelaku usaha adalah aksesibilitas informasi dan konektivitas dengan pasar luar negeri. Di sinilah peran agregator ekspor menjadi sangat penting.

Mengenal Agregator Ekspor

Agregator ekspor adalah suatu perusahaan yang mengumpulkan, mengorganisir, dan menyediakan informasi terkait ekspor ke pasar internasional. Secara sederhana, agregator ekspor berfungsi sebagai perantara antara produsen dan pasar global.

Dengan menggunakan teknologi dan konektivitas digital, agregator ekspor memfasilitasi pelaku usaha untuk mengeksplorasi peluang ekspor dengan lebih efisien.

Keuntungan Menggunakan Agregator Ekspor

Akses ke Pasar Global

Agregator ekspor membuka pintu bagi perusahaan untuk masuk ke pasar global tanpa harus menghadapi hambatan logistik dan distribusi yang rumit. Ini memungkinkan perusahaan kecil dan menengah untuk bersaing dengan perusahaan besar di pasar internasional.

Efisiensi Biaya

Bekerja sama dengan agregator ekspor memberikan sejumlah keuntungan, terutama dalam mengurangi beban biaya yang mungkin timbul ketika melakukan aktivitas ekspor secara individu.

Beberapa aspek biaya yang dapat dipangkas melibatkan proses ekspor termasuk biaya bea cukai, pengangkutan, rush handling (pengiriman cepat melalui pesawat udara), biaya layanan kapal, biaya kartu ekspor, biaya pengemasan, termasuk biaya sewa kontainer, dan biaya logistik lainnya.

Efisiensi Proses

Agregator ekspor memiliki potensi untuk menyederhanakan proses birokrasi yang seringkali dianggap rumit. Persyaratan seperti memiliki badan hukum, diakui sebagai eksportir terdaftar, serta memperoleh izin dari berbagai instansi seperti Dinas Perdagangan, Dinas Perindustrian, dan instansi lainnya dapat menjadi lebih mudah dan efisien dengan bergabung dalam kemitraan dengan agregator ekspor.

Contoh Agregator Ekspor

Aspenku

Aspenku adalah marketplace PT. Aplikasi Penunjang Ekonomi Nasional yang menyatukan produsen, eksportir, dan pembeli produk Indonesia berkualitas tinggi.

Exporthub.id

Exporthub.id, ekosistem ekspor pertama di Indonesia, memfasilitasi UMKM masuk perdagangan global dari hulu hingga hilir. Juga, dirancang berdasarkan pengalaman lapangan untuk relevansi dengan standar perdagangan global.

Out of Asia (OOT)

PT Out of Asia, melalui merek Out of Asia (OOT), adalah produsen dan pengekspor aksesoris dekoratif, peralatan makan, peralatan dapur, aksesori kamar mandi, dan produk penyimpanan buatan Indonesia.

Goorita

Goorita, berdiri tahun 2020, mendukung ekspansi dan ekspor produk lokal Indonesia ke pasar global, serta menyediakan solusi mudah untuk pemasaran dan pengiriman global.

Una Brands

Una Brands, sebagai pembeli berbagai brand top di kategorinya, fokus pada merek-merek dengan rekam jejak yang kuat, kualitas produk tinggi, dan ulasan pelanggan yang baik.

Agregator ekspor bisa menjadi opsi bagi perusahaan yang ingin mengoptimalkan kegiatan ekspor mereka. Dengan menyatukan sumber daya, menyederhanakan proses, dan memberikan keunggulan dalam pemasaran global, agregator ekspor menjadi mitra berharga dalam menjembatani antara pelaku bisnis lokal dengan pasar internasional.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again