1. Entrepreneur

65 Sumber Modal Usaha untuk UMKM, Referensi Lengkap yang Butuh Tambahan Modal

Ada juga tips pengajuan pinjaman dan tips mengelola modal yang diperoleh agar dapat bermanfaat secara optimal

"Ah, gak punya modal!" Kalimat ini sering kita dengarkan ketika seseorang mendapat masukan ide atau peluang usaha yang menjanjikan tetapi merasa sulit untuk mewujudkannya.

Kendati uang tunai bukan modal usaha yang paling penting, namun tidak bisa dielakkan bahwa ketersediaan dana tunai memberikan ruang gerak dan kemampuan akselerasi bisnis yang lebih baik.  

Mengapa Modal Usaha itu Penting?

Modal usaha memiliki peranan krusial dalam menjalankan sebuah bisnis atau usaha. Berikut beberapa alasan mengapa modal usaha itu penting:

Pendanaan Awal

Untuk memulai bisnis, seseorang biasanya memerlukan dana awal untuk membeli persediaan, menyewa tempat, membeli peralatan, dan membayar biaya-biaya lainnya. Tanpa modal awal, akan sulit untuk memulai operasional bisnis.

Mendukung Operasional

Modal usaha dapat digunakan untuk mendukung operasional harian seperti membayar gaji karyawan, membeli bahan baku, dan membayar tagihan-tagihan lainnya.

Pertumbuhan dan Ekspansi

Ketika bisnis ingin berkembang, misalnya dengan membuka cabang baru atau memperluas lini produk, diperlukan modal tambahan.

Menangani Resiko

Modal yang cukup dapat membantu bisnis dalam menghadapi masa-masa sulit, seperti penurunan penjualan atau situasi darurat lainnya. Dengan memiliki cadangan modal, bisnis memiliki fleksibilitas untuk bertahan di saat-saat sulit.

Investasi dalam Inovasi

Untuk tetap kompetitif, bisnis perlu terus-menerus berinovasi. Baik itu dalam hal produk, layanan, atau teknologi yang digunakan. Modal usaha dapat digunakan untuk penelitian dan pengembangan.

Kredibilitas di Mata Pihak Ketiga

Memiliki modal yang cukup seringkali meningkatkan kredibilitas bisnis di mata kreditor, investor, atau pemasok. Ini dapat memudahkan dalam mendapatkan pinjaman, investasi, atau ketentuan pembayaran yang lebih baik dari pemasok.

Secara keseluruhan, modal usaha merupakan fondasi keuangan dari sebuah bisnis. Tanpa modal yang memadai, sulit bagi bisnis untuk bertahan, berkembang, dan bersaing di pasar yang kompetitif.

eBook 65 Sumber Modal Usaha untuk UMKM

Dalam eBook ini, tim Dailysocial NeoSME telah merangkum daftar sumber modal usaha yang bisa jadi referensi untuk Anda yang sedang membutuhkan suntikan dana segar ataupun modal dalam bentuk yang lain.

Tidak hanya itu, kami juga sudah susun beberapa tips jitu mengajukan pinjaman modal sehingga resiko ditolak semakin kecil. Serta tips mengelola modal usaha yang sudah diperoleh.

Untuk mengunduh eBook ini, silahkan langsung isi email Anda di form ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again