1. DScovery

8 Aplikasi Terbaik untuk Belajar Berbagai Pelajaran Sekolah

Gak ikut bimbel atau les karena biaya yang tak sedikit? Gausah khawatir, belajar di mana saja kapan saja dan lebih murah!

Sejak pandemi Covid-19 pembelajaran yang harus dilakukan di rumah masing-masing bukanlah hal yang mudah. Melansir dari website Kemdikbud, belajar bagi anak-anak memang dibutuhkan situasi yang nyaman dengan media pembelajaran yang kreatif.

Beruntunglah kehidupan kini berada di era teknologi. Media tidak lagi hanya berupa tulisan sehingga pelajar mau tidak mau harus membaca saja.

Sebenarnya sebelum masa pandemi hingga pembelajaran dialihkan secara online, media belajar berupa aplikasi sudah bermunculan. Namun dengan meningkatnya kebutuhan metode belajar sehingga meningkatkan minat pasar semakin bertumbuhlah kuantitas aplikasi belajar ini.

Meski sudah mulai kembali ke gedung sekolah, tidak ada salahnya 'kan tetap mencari media pendukung sebagai penunjang prestasi belajar para siswa?

Berikut DailySocial.id rangkum, aplikasi belajar terbaik dari yang gratis hingga berbayar dengan biaya yang terjangkau!

Zenius

Zenius sebagai aplikasi belajar berbasis audio-visual (Google Play)

Aplikasi belajar Zenius menunjang tingkat pendidikan dari SD, SMP, SMA/K bahkan hingga persiapan Perguruan Tinggi ini tentunya berisi banyak mata pelajaran. Menggunakan medium audio-visual, kamu gak akan cepat bosan belajar seperti sekadar membaca melalui tulisan.

Platform pendidikan gratis hingga dengan materi pembelajaran yang lengkap mulai dari SD hingga SMA. Aplikasi ini juga dirancang dengan baik dan memiliki design UI yang bagus. Sayangnya sebagai media yang diharuskan mengakses internet, ini akan menyulitkanmu jika jaringan internetmu sedang buruk.

Rumah Belajar

Apllikasi belajar yang dirilis Kemdikbud (Google Play)

Rumah Belajar adalah portal pembelajaran online yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Konten pembelajaran disampaikan berdasarkan audio, video, gambar, dan animasi yang disajikan secara interaktif.

Terdapat fitur-fitur seperti sumber belajar, lab virtual, ruang kelas maya, peta budaya, dan lainnya yang dapat diakses untuk mendukung proses pembelajaran guru dan siswa. Namun banyak pengguna yang masih mengeluhkan kesulitan dalam membuat akun belajar.

Kipin School - Sekolah Digital

Kippin School, apalikasi gratis untuk siswa dari TK hingga SMA (google play)

Kipin School 4.0, aplikasi edukasi yang merevolusi dunia pendidikan seiring lahirnya Revolusi Industri 4.0 dengan visi menjadikan distribusi konten pendidikan yang murah, merata dan efektif.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur eksklusif “Sekolahku” sebagai perpustakaan digital sekolah & ujian berbasis digital yang support AKM. Kipin School bisa berjalan tanpa membutuhkan internet dengan didukung oleh alat yg bernama : Kipin Classroom.

Sekolah.mu

Untuk keluarga pembelajar, orang tua juga bisa diberi bimbingan (google play)

Membantu jenjang pendidikan dari TK/PAUD, SD, SMP, SMA/K, hingga persiapan UTBK. Sekolah.mu bahkan hadir untuk kamu yang ingin kursus Bahasa Inggris dan belajar Al-Qur'an. Aplikasi yang benar-benar hadir bagi seorang pembelajar.

Dirancang tersistematis, beberapa layanan tersedia seperti webinar terjadwal, materi-materi kreatif, hingga tugas yang harus dikumpulkan untuk dinilai. Aplikasi ini juga menyediakan kursus bagi orang tua dari gratis hingga berbayar.

Hanya saja aplikasi ini perlu biaya untuk digunakan, kamu tidak usah khawatir sebab ada jasa konsultasi gratis sebelum memilih jenjang yang dibutuhkan.

Brainly

Aplikasi tempat tanya-jawab dan saling membantu para pelajar (google play)

Aplikasi ini tersedia secara gratis di Android dan iOS, atau bahkan di web. Pilihan mata pelajarannya cukup banyak, setidaknya ada sekitar 25 jenis mata pelajaran untuk SD hingga SMA/K. Menggunakan metode one on one, para pengguna akan saling membantu menjawab pertanyaan yang diajukan siswa lainnya.

Brainly dirancang menguji seberapa jauh pengetahuan siswa akan pertanyaan yang diajukan. Karena tutor profesional hanya tersedia untuk mata pelajaran matematika dan fisika, siswa yang bertanya juga perlu tetap hati-hati ketika menerima jawaban dari pertanyaannya.

Ruang Guru

aplikasi berlangganan perjenjang siswa (google play)

Menyasar pemangku kepentingan pendidikan - siswa, guru, orang tua, pemerintah, organisasi - Ruangguru menyediakan sistem manajemen pembelajaran yang dapat digunakan oleh siswa dan guru untuk mengelola kegiatan pembelajaran kelas virtual melalui Kelas Saya.

Dilayani oleh kehadiran guru online yang tersedia setiap hari selama 16 jam sehari, pembelajaran privat kini dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Cara yang cukup sederhana yaitu memotret soal-soal yang sulit, mengunggahnya dan chatting/panggilan suara dengan guru secara online, memungkinkan siswa lebih banyak menggunakan smartphone-nya.

Sayangnya pengguna harus berlangganan dan hanya bisa mengakses sesuai level yang dipilih.

KelasKita

KelasKita adalah platform edukasi kreatif berbasis digital yang menghadirkan metode pembelajaran yang unik, praktis, fleksibel, dan menyenangkan, yang bisa diakses oleh siapapun dan dari manapun di seluruh penjuru negeri.

Seluruh kelas tersedia dalam format video yang materinya disampaikan oleh pengajar profesional yang ahli di bidangnya masing-masing. Selain video kelas, tersedia juga artikel-artikel edukatif yang bisa dibaca secara gratis.

Sebagai aplikasi belajar bidang umum, kelas-kelas yang diikuti harus mengeluarkan biaya masing-masing.

Quipper

Quipper yang muncul pertama kali di Inggris (google play)

Quipper adalah startup pembelajaran online yang dapat Anda gunakan untuk kegiatan belajar, di rumah dan di sekolah. Di sekolah, Quipper sering digunakan sebagai pendamping dalam kegiatan pembelajaran formal, seperti wahana untuk mengerjakan PR siswa, kegiatan penilaian atau ulangan harian dan ujian semester.

Quipper sendiri hadir dari London, Inggris dan sudah mengisi berbagai negara lainnya termasuk Jepang, Meksiko, Filipina, dan lainnya. Sayangnya sebagai bahan ajar online, Quipper kurang menjangkau ke wilayah yang minim akses internet.

Quipper dikenal memberi berbagai rumus cepat (google play)

Nah, jadi itulah delapan aplikasi yang DailySocial.id rekomendasikan untuk kamu para pembelajar dari berbagai jenjang. Kamu bisa memilih aplikasi sesuai kebutuhan dan kemampuan budgeting kamu ya!

Satu hal yang pasti, aplikasi di atas sudah memuat berbagai kurikulum untuk para siswa di Indonesia. Jadi kamu gak usah khawatir kesulitan mencari materi yang pas sesuai apa yang dipelajari di sekolah. Yah, kecuali KelasKita sih yang juga memuat materi keahlian khusus.

Terus semangat belajar dan tingkatkan prestasi ya!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again