1. Entrepreneur

8 Tips Ini Akan Membantu Anda untuk Mengoptimalkan Kampanye Iklan di Facebook Ads

Salah strategi berpotensi mengakibatkan kampanye iklan Anda kurang optimal

Iklan banyak digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan awareness ataupun penjualan. Saat ini iklan tidak hanya bisa menggunakan reklame atau televisi yang memakan biaya besar. Perkembangan teknologi memungkinkan kita menggunakan media sosial untuk membuat iklan yang efektif.

Ada banyak media sosial yang bisa digunakan untuk mempromosikan bisnis, tetapi dari banyak pilihan yang ada, Facebook menjadi salah satu pilihan yang tepat dan populer. Ditambah dengan Facebook menyediakan layanan iklan yang biasa kita kenal Facebook Ads.

Berdasarkan data yang dirilis oleh KataData pada tahun 2020, 82% penduduk Indonesia aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Dari data tersebut Anda bisa memanfaatkan Facebook untuk mempromosikan bisnis Anda. Melakukan iklan di Facebook Ads memang memiliki banyak keuntungan, dan banyak bisnis telah sukses melakukannya, tetapi banyak juga yang gagal.

Tentu Anda tidak ingin kegagalan yang terjadi pada bisnis Anda kan? Maka dari itu Anda perlu mengetahui Tips Sukses Beriklan di Facebook Ads.

  1.   Gunakan Target dalam Facebook

Ketika kita membicarakan penjualan secara online atau daring, pasti pernah tergoda untuk menulis seperti dalam konferensi. Namun, jika Anda ingin lebih menjual lebih banyak barang. Anda harus melakukan bujuk rayu yang memusatkan perhatian terhadap kebutuhan audiens.

Di situs web Anda, Anda harus menulis iklan yang berbicara kepada semua calon pelanggan, yang bisa saya memiliki persona yang berbeda-beda. Di Facebook, Anda dapat menargetkan audiens yang akan menerima iklan Anda. Sehingga Anda perlu menunjukkan persona pembeli Anda terlebih dahulu

  1.  Penulisan Iklan akan Berbeda untuk Setiap Orang

Pelanggan akan mudah berpaling kepada Anda karena berbagai alasan, jadi mengapa menggunakan satu iklan secara menyeluruh? Kekuatan Facebook adalah kemampuannya untuk menargetkan jadi jangan perlakukan iklan Anda seperti papan reklame.

Bayangkan Anda seorang penjual pakaian pria dan wanita, sepatu dan aksesoris. Banyak pelanggan akan tertarik tetapi pasti ada satu area yang paling disukai. Sehingga iklan perlu ditulis sesuai dengan persona pelanggan yang diharapkan akan menjadi pembeli produk terbesar Anda, agar iklannya bisa tepat untuk menjangkau audiens

  1.  Pastikan Tulisan Iklan Facebook Sesuai dengan Visual yang Ada

Banyak bisnis kecil bahkan bisnis yang lebih besar tidak memiliki banyak visual. Ketika akan menaikan gambar mana yang akan dilampirkan untuk iklan. Kebingungan tersebut dapat memungkinkan gambar yang tidak sesuai dengan teks iklan. Dimana, hal tersebut akan menghadirkan pengalaman kurang menyenangkan bagi pengguna Facebook.

Jika teks iklan dan gambar kurang berkaitan, target audiens akan bertanya-tanya apa yang sebenarnya diiklankan oleh iklan tersebut. Mereka tidak akan melakukan apa-apa dan iklan Anda akan sia-sia.

  1.  Fokus Kepada Call to Action

Iklan Facebook yang baik adalah yang memiliki tujuan yang jelas. Apakah Anda meningkatkan kesadaran brand ataupun menjual produk? Apapun itu, Anda harus memiliki call to action yang jelas.

Tanpa itu, target audiens Anda hanya akan melihat iklan, tanpa melakukan apa-apa karena bingung di mana mereka mendapatkan hal yang diiklankan atau apa yang harus dilakukan.

  1.  Tetap Singkat dan Utamakan Nilai

Banyak orang yang terlena ketika menggunakan iklan karena tergoda untuk memasukan sebanyak mungkin iklan, karena tidak mau rugi telah membayar. Namun, yang Anda hadapi adalah orang yang memerlukan penjelasan produk Anda dan memutuskan dengan cepat yang dilakukan setelah melihat iklan Anda. Sehingga dalam iklan Facebook Anda disarankan untuk membuat iklan secara singkat dan mengutamakan nilai produk.

Apa yang didapat seseorang dari menggunakan produk Anda? Bagaimana itu akan membantu mereka? Ini adalah area yang harus Anda fokuskan dalam teks iklan Anda, dan Anda harus menyampaikan poin-poin ini dengan jelas dan ringkas.

  1.  Gunakan Bahasa Sederhana yang Mudah Dimengerti

Copywriting bukanlah sastra tinggi. Mungkin Anda seorang penyair, tetapi bahasa yang yang berbunga-bunga akan mengacaukan pesan Anda. Saatnya memotong verbositas.

Prioritas nomor satu Anda adalah menulis iklan Facebook yang sangat mudah dipahami bagi siapa saja, bahkan siswa kelas 5 SD. Saat seseorang melihat iklan Anda mereka harus segera mengetahui:

  • Apa yang Anda tawarkan?
  • Bagaimana itu menguntungkan mereka?
  • Apa yang harus dilakukan selanjutnya?
  1.  Jujur tentang Angka

Jika Anda menjual produk fisik, orang ingin tahu berapa harganya. Jika Anda ingin cepat menjalankan penjualan, orang ingin tahu berapa persentase yang akan mereka dapatkan.

Strategi copywriting yang berhasil? Giring opini audiens Anda dengan angka. Karena banyak audiens di sana tidak cukup dengan kata-kata penawaran melainkan membutuhkan data angka.

  1. Dapatkan Beberapa Perspektif

Anda bekerja untuk memasarkan merek Anda setiap hari, jadi mungkin sulit untuk mundur dan memastikan teks iklan untuk iklan Facebook Anda beresonansi. Anda bisa scroll postingan Facebook Anda sendiri dan melihat iklannya. Mana yang membuat Anda ingin mengklik? Yang mana yang Anda lewatkan dengan mudah?

Ide bagus untuk mendapatkan beberapa perspektif dari seseorang selain diri Anda sendiri. Anda bisa berdiskusi dengan rekan kerja, terutama yang berada di luar departemen pemasaran untuk melihat apakah menurut mereka itu efektif. Teman dan keluarga dapat membantu juga.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again