1. Startup

Kehadiran Penasihat Baru, Bagaimana Agate Melihat Potensi Industri Game Lokal Berikutnya

Masih meninjau proposal yang diterima untuk Skylab Fund; dan tengah mengeksplorasi konsep game 'play and earn'

Belum lama ini, startup pengembang game Agate menunjuk Raymond Chin sebagai strategic advisor. Raymond adalah Co-founder & CEO dari platform edukasi di bidang keuangan dan investasi Ternak Uang. Dengan penunjukan penasihat baru, Agate punya segudang ambisi yang ingin dicapai, melalui berbagai inisiasi yang sudah dilakukan dan akan segera diumumkan.

Melalui wawancara bersama DailySocial.id, perwakilan Agate menjelaskan ada dua alasan utama di balik keputusan mengapa menunjuk Raymond. Pertama, ia memiliki pengalaman yang kaya di dunia startup lokal, dari berbagai posisi, seperti founder, VP, investor, hingga edukator. Dengan demikian, ia bisa memberikan sudut pandang yang lebih menyeluruh mengenai pengembangan startup, mengingat ekosistem di industri ini terus bergejolak dan berubah setiap saat.

“Kedua, sebagai gamer, Raymond memiliki minat yang besar di dunia game, khususnya industri lokal. Kami dan Raymond punya visi yang sama, bukan sekadar untuk memajukan satu perusahaan saja, tetapi bersama-sama mendorong industri Indonesia,” kata perwakilan perusahaan.

Sebagai strategic advisor, nantinya Raymond akan berdiskusi intens dengan para pemimpin di Agate dan memberikan masukan mengenai pilihan-pilihan strategis yang tersedia bagi Agate demi mencapai visi bersama.

Secara terpisah dalam keterangan resmi, Co-founder dan CEO Agate Arief Widhiyasa menuturkan, “Sejak pandemi, industri game di seluruh dunia justru terus menunjukkan tren yang positif. Di Indonesia sendiri, nilai industri game pada tahun 2021 mencapai $1,9 miliar. Momentum ini perlu dimanfaatkan dengan baik dan Raymond adalah sosok yang tepat untuk melengkapi roda perusahaan demi menuju arah yang ingin kami capai bersama-sama.”

Menurut Arief, dengan potensi game yang besar Indonesia sebagai dengan pertumbuhan pasar tercepat di Asia Tenggara, sayangnya developer lokal hanya menguasai pangsa pasar 0,5%. Agate perlu mengisi gap kompetensi sumber daya dan dukungan developer lokal yang sedang merintis jalan. Selain itu, Raymond diharapkan dapat terlibat untuk pengembangan produk Agate yang saat ini terbagi ke dalam consumer games (B2C) dan solusi berbasis game (B2B).

“Raymond akan membawa perspektif talenta global dalam pelatihan dan peningkatan sumber daya developer lokal, hingga terlibat langsung dalam pendanaan awal produksi game dengan standar internasional.”

Sebagai gambaran, di Vietnam saja ada lebih dari 150 perusahaan game dengan jumlah pekerja yang mencapai 20 ribu orang. Sedangkan di Indonesia, tercatat hanya sekitar 25 perusahaan dengan total sekitar 2 ribu pekerja yang melayani total populasi 270 juta. Oleh karenanya, isu kekurangan talent berkualitas, serta adanya ekosistem game yang suportif dan terbuka bagi talenta baru merupakan kunci utama agar industri game lokal memiliki daya saing.

Inisiatif Agate

Berkaitan dengan dukungan Agate terhadap industri game lokal, sebelumnya pada September 2021, perusahaan sudah mengumumkan Agate Skylab Fund dengan tiket investasi mulai dari $100 ribu sampai $1 juta. Selain pendanaan, Agate juga menawarkan mentorship, networking, dan unity.

Untuk preferensinya, Agate mencari pengembang game multiplatform PVE (Player vs. Environment) dengan model bisnis free-to-play. Keputusan ini sudah diambil berdasarkan riset perusahaan yang panjang. Misalnya, membangun game multiplatform itu memang sulit, tapi semakin sulit ikhtiarnya, maka semakin sedikit saingannya. Artinya, kesempatan jauh lebih besar.

Terkait kabar terbarunya sejauh ini, pihak Agate mengaku masih meninjau beberapa proposal yang diterima demi memastikan bahwa proyek yang diajukan memang sesuai dengan standar perusahaan. “Saat ini kami masih belum bisa membagikan datanya.”

Menurut Arief, ada dua cara membangun industri game lokal. Pertama, tarik dari atas dengan mengucurkan dana. Kedua, dorong dari bawah melalui program akademi, mengajarkan kepada para pelajar yang mau buat game. Agate Skylab Fund adalah bentuk konkret dari cara pertama.

Perusahaan mematok tolak ukur kesuksesan dari game yang didukung Syklab nantinya berdasarkan revenue per tahun, setidaknya mencapai angka $1 miliar per tahun. Makanya, target konsumen tidak hanya dari Indonesia tapi juga pasar global.

Sebagai catatan, Agate mengelompokkan perusahaan game ke dalam enam level berdasarkan jumlah pemasukan yang diterima tiap tahun. Sebagian besar developer Indonesia ada di level 4 sampai 6 dengan penghasilan sekitar $10 ribu sampai $1 juta per tahun.

Sebagai perbandingan, Valve ada di level 3, dengan pemasukan lebih dari $10 juta, sementara Sega ada di level 2 dengan pemasukan lebih dari $100 juta. Sementara, Nintendo dan Sony ada di level paling tinggi dengan pemasukan lebih dari $1 miliar per tahun.

Berdasarkan riset yang dilakukan Asosiasi Game Indonesia, cara agar perusahaan lokal bisa naik level bila mengandalkan cara organik, statistiknya adalah 25% per tahun. Jika selama 10 tahun mendatang hanya mengandalkan cara ini saja, maka maksimal pemain lokal hanya bisa capai ke level 3 saja.

Tren game play-to-earn

Sebagai perusahaan, Agate punya dua model bisnis, B2C dan B2B. Meski tidak dirinci secara spesifik, masing-masing channel ini punya kontribusi masing-masing. Melalui B2C, perusahaan bisa mengenal langsung dan membangun komunitas gamer. Sekaligus mempelajari tren dan teknologi gaming terbaru yang populer saat ini.

“Sedangkan melalui B2B, kami terus tertantang untuk memahami berbagai tujuan bisnis dan proses bisnis dari berbagai bidang industri. Seiring meningkatnya kesadaran dari industri non-gaming terhadap potensi game-based solution dalam memenuhi kebutuhan bisnis mereka, maka porsi B2B menjadi signifikan bagi kami.”

Salah satu tren global yang kini tengah dicermati Agate adalah game berkonsep play to earn (P2E). Menurut mereka, model game seperti ini perlu disikapi dengan hati-hati karena dapat menjadi pedang bermata dua. Pasalnya, motivasi mendapatkan uang bisa jadi malah mengurangi makna atau keseruan dari sebuah game.

More Coverage:

Selain itu, tantangan di model P2E adalah selalu ketergantungan terhadap jumlah pemain baru, sebab selalu perlu ada pemain baru yang mencari dan membeli barang-barang dalam game. Makanya, skema seperti tidak sehat dan tidak sustainable. “Saat ini kami belum bisa membagikan detailnya, tapi tim Agate memang tengah mengeksplorasi bentuk model bisnis ini.”

Maka dari itu, perusahaan justru lebih nyaman menggunakan istilah play and earn, bukan play to earn. “Karena kami berharap orang bisa bermain sambil mendapatkan sesuatu yang konkret, selain tentunya mendapat rasa seru/hiburan, bukan main sekadar mencari sesuatu.”

Agate selalu memegang prinsip membangun creator’s economy (ekonomi kreator). Alasannya, industri creator’s economy berarti memungkinkan pengguna bisa membuat atau mencari aset/barang dalam game, yang kemudian bisa dijual dan diperdagangkan ke pengguna lainnya. Jadi yang bisa bertransaksi tidak hanya antara developer dengan pemain, tapi juga antar pemain.

“Jadi pemain yang fokus bermain demi kesenangan bisa membeli karya pengguna lainnya, demi pengalaman bermain yang lebih seru sehingga terbangun ekosistem yang sehat dan bisa mewadahi semua jenis pemain,” pungkas perwakilan Agate.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again