Categories

Gadget

Air Purifier Pintar Natede Gunakan Tanaman Untuk Bersihkan Udara

Bagian filter Natede tidak perlu diganti.

Yoga Wisesa - 23 April 2018

Kualitas udara dipengaruhi oleh tempat kita tinggal dan berdampak langsung pada kesehatan tubuh. Jika tiap hari menghirup udara bersih, kita bisa beraktivitas lebih produktif. Pada prakteknya, manusia modern menghabiskan 90 persen waktu mereka di dalam ruang, padahal kondisi indoor berpeluang menyimpan polutan lima kali lebih banyak dari ruang terbuka.

Sebagai jalan keluarnya, para produsen menawarkan produk pemurni udara, namun belum ada yang melakukannya seperti tim Clairy. Di tahun 2016, mereka meluncurkan air purifier berwujud pot pintar. Dan kali ini, tim developer asal Itali itu memperkenalkan penerusnya yang lebih canggih, lebih tahan lama, serta lebih efektif menyaring udara. Mereka menamainya Natede.

Seperti produk perdana Clairy, Natede merupakan perpaduan antara teknologi modern serta metode penyaring udara alami berupa tumbuhan hidup. Natede didesain sebagai alternatif air purifier yang di pasarkan saat ini. Umumnya, mereka bukanlah perangkat berpenampilan elok. Lalu pengguna biasanya juga harus mengganti filter secara berkala.

Natede 1

Clairy menjelaskan bahwa beberapa tanaman punya kemampuan menyaring racun di udara berbekal akar serta microorganisme yang hidup di sana. Teknik ini dinamai phytoremediation, telah dipelajari oleh NASA di tahun 80-an. Via Natede, sang produsen mendongkrak kapabilitas tersebut berkali-kali lipat melalui kombinasi sejumlah teknologi serta filter jenis baru.

Natede 2

Cara kerja Natede cukup sederhana: udara kotor akan disedot masuk dari celah di bagian atas, dialirkan ke akar, kemudian dikeluarkan dari area bawah. Dalam mengubah polutan jadi zat yang tak berbahaya, akar dan microorganisme dibantu oleh filter photocatalysis. Tugasnya adalah untuk menangkap virus dan bakteri (99 persen), zat kimia organik (VOC, asap masakan atau perapian), residu rokok, hingga mengurangi bau yang disebabkan hewan peliharaan.

Bagian terbaik dari filter photocatalysis ialah, Anda tidak perlu menggantinya, cukup dibersihkan dengan air.

Natede 3

Layaknya perabotan rumah pintar, Natede turut dibekali sensor buat melacak temperatur udara dan kelembapan ruang, serta sanggup mendeteksi intensitas polutan dan partikel-partikel halus yang ada di sana. Khusus versi Premium, Natede sanggup mengetahui kadar CO2 di udara. Menariknya lagi, ada banyak jenis tumbuhan yang dapat digunakan, dari mulai lidah buaya (Aloe vera), lidah mertua (Sansevieria) sampai Anthurium. Semua info tersebut bisa diketahui via aplikasi mobile.

Natede sudah bisa Anda pesan sekarang di Kickstarter. Versi very early bird-nya dibanderol seharga mulai dari € 140 (kisaran US$ 170).

Sejak putra saya lahir, kebersihan udara di kamar menjadi prioritas utama. Saya berupaya untuk tidak memasukkan pakaian kotor atau lembab ke sana, dan membersihkan perabotan serta penyejuk udara secara teratur. Namun buat saya, air purifier merupakan pelengkap penting karena ada banyak polutan yang tidak bisa disingkirkan lewat cara tradisional.

Gambar: TheGadgetFlow.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter