1. DScovery

Akselerator: Pengertian, Fungsi, dan Startup Akselerator yang Ada di Indonesia

Akselerator adalah salah satu bentuk dukungan terbaik dalam hal pendanaan, pendampingan dan percepatan pengembangan bisnis.

Sebagian besar perusahaan startup memilih akselerator tahap awal untuk memiliki fondasi yang kuat dan bergerak maju. Jenis program ini sangat kompetitif dan dapat berpartisipasi pada startup dari semua industri mana saja.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan pentingnya dan manfaat akselerator bagi startup. Yuk simak selengkapnya untuk melihat penjelasannya!

Apa Itu Akselerator?

Dalam dunia bisnis saat ini, sudah dikenalnya istilah akselerator, akselerator adalah kegiatan yang dirancang untuk mencegah kematian startup sebelum waktunya. Dengan bantuan akselerator, kematian dini startup harus diminimalkan.

Memulai bisnis adalah langkah yang sulit, bukan hanya ide bagus dan segenggam impian yang diperlukan untuk memulai bisnis. Namun, itu juga membutuhkan modal, sumber daya struktural dan pendampingan.

Banyak bisnis baru gagal berkembang dan mati dalam waktu 3 tahun karena tidak mendapat dukungan modal, sumber daya struktural dan pendampingan. Itu sebabnya sembilan dari sepuluh startup mati selama ini.

Kematian perusahaan-perusahaan muda ini tentu tidak baik untuk pasar. Untuk mencegahnya diperlukan bantuan yang baik yaitu dengan bantuan akselerator bisnis.

Fungsi Akselerator Bagi Perusahaan Startup

1. Pemberi Dana pada Usaha Muda

Pada umumnya perusahaan muda membutuhkan modal yang cukup besar agar perusahaan tetap stabil pada awal perkembangannya. Perusahaan tidak dapat sepenuhnya menyediakan modal ini, sehingga dibutuhkan investor.

Perusahaan akselerator adalah investor yang memberikan pembiayaan agar perusahaan muda dapat mengembangkan usahanya sedemikian rupa sehingga tidak mati dalam waktu singkat. Besarnya investasi akan disesuaikan dengan program yang telah disepakati bersama.

2. Mensponsori Program Usaha Muda

Pada dasarnya, akselerator adalah rencana dukungan yang bagus untuk bisnis baru yang menawarkan pertumbuhan dalam waktu singkat. Itu sebabnya akselerator menjadi sponsor program yang dijalankan oleh perusahaan muda.

Startup bisa menggunakan nama akselerator saat mengimplementasikan program pengembangan dan pendanaan. Meminjam nama besar ini memungkinkan bisnis baru untuk meningkatkan penjualan.

3. Menghasilkan Persaingan Ramah dalam Pasar

Akselerator Bisnis adalah cara bagi pedagang untuk memastikan kesuksesan bisnis dengan meminjam nama perusahaan Akselerator. Ini memudahkan pengusaha baru untuk memasuki pasar.

Lebih mudah bagi pelaku bisnis untuk memadukan dan menarik mitra bisnis untuk menciptakan persaingan yang bersahabat, namun tetap bermanfaat untuk meningkatkan kualitas bisnis. Dapat dikatakan bahwa kerjasama yang tercipta menciptakan lingkungan persaingan yang sehat.

4. Mempersingkat Waktu Pertumbuhan Bisnis

Tugas akselerator lainnya adalah mempersingkat waktu pertumbuhan proyek baru. Biasanya dibutuhkan waktu minimal 2 tahun untuk membuka usaha dan memasuki pasar.

Namun, program ini hanya berlangsung selama beberapa bulan, sehingga startup dapat menghemat banyak waktu dan berkembang lebih cepat. Bahkan program inkubator membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk membantu bisnis baru berkembang.

Startup Akselerator yang Ada Di Indonesia

Berikut adalah daftar akselerator startup di Indonesia dan nama startup yang telah mereka bantu dalam programnya.

Google Launchpad Accelerator

Google, salah satu perusahaan teknologi terbesar, juga meluncurkan akselerator untuk startup, yaitu Google Launchpad Accelerator.

More Coverage:

Mereka memulai program tersebut pada awal 2016. Beberapa startup yang berpartisipasi dalam program Google adalah Jojonomic, Seekmi, Sirclo, Kurio, Kakatu dan masih banyak lagi.

Plug and Play (PNP)

Plug and Play (PNP) yang berbasis di AS meluncurkan program akselerasi pada tahun 2017. Beberapa startup yang sukses mengikuti program PNP Accelerator adalah Sayurbox, Wonderlabs, Otospector dan masih banyak lagi.

Grab Ventures Velocity (GVV)

Siapa yang tidak mengenal Grab, layanan transportasi online? Ternyata mereka juga punya akselerator bernama Grab Ventures Velocity (GVV). Program ini khusus ditujukan untuk startup yang sudah memasuki fase post seed dan ingin melakukan ekspansi.

Nah, itulah penjelasan mengenai akselerator yang dapat kami bagikan untuk menambah referensi kamu. Semoga bermanfaat, ya!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again