1. DScovery

Alasan Pentingnya Follow Up dalam Dunia Bisnis dan Partnership!

Follow up adalah istilah yang sering digunakan untuk merujuk pada hal yang perlu ditindaklanjuti. Berikut ini alasan pentingnya aktivitas follow up dalam dunia bisnis dan partnership.

Follow up adalah sebuah istilah yang biasa digunakan untuk menindaklanjuti sesuatu atau untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan terbaru. Follow up biasanya digunakan dalam sebuah kegiatan yang berkaitan dengan dua orang atau lebih, dimana salah satunya membutuhkan informasi terbaru dari orang lain. 

Follow up berarti segala sesuatu yang berkaitan dengan masalah atau kejadian dan membutuhkan sebuah tanggapan. Untuk mengetahui pengertian dan pentingnya follow up, simak penjelasannya berikut ini!

Pengertian Follow Up

Follow up diartikan dalam banyak wujud tindakan yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti mengirim email, mendapatkan informasi terbaru, meminta laporan terbaru dan lain sebagainya. Pada intinya follow up berarti segala sesuatu yang membutuhkan tindak lanjut dalam upaya memberikan feedback atau mendapatkan feedback. 

Istilah follow up sering digunakan dalam bisnis maupun kegiatan partnership, yaitu kegiatan kerja sama yang berhubungan dengan orang lain. Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai pentingnya follow up dalam bisnis dan partnership.

Alasan Pentingnya Follow Up dalam Bisnis

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya bahwa follow up berarti segala sesuatu yang membutuhkan tindak lanjut. Dalam dunia bisnis, follow up digunakan sebagai istilah kata untuk mengetahui progress atau perkembangan dalam sebuah bisnis. Follow up dalam bisnis juga diartikan sebagai segala hal yang berkaitan dengan masalah konsumen atau pelanggan, sehingga suatu bisnis yang berjalan dapat mencari cara untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Melalui follow up maka sebuah bisnis dapat berjalan dengan lebih cepat dengan manajemen yang terstruktur. Berikut ini beberapa alasan akan pentingnya follow up dalam bisnis:

  • Membentuk manajemen yang terstruktur

Follow up dalam bisnis penting dilakukan karena dapat membentuk manajemen perusahaan yang lebih terstruktur. Follow up dalam bisnis biasa digunakan untuk mengetahui perkembangan yang secara signifikan di dalam bisnis, hal ini juga berfungsi untuk memonitor bagaimana situasi dan kondisi bisnis berlangsung. Dengan follow up sebuah bisnis dapat menciptakan manajemen yang lebih terstruktur, hal ini karena setiap target dan permasalahan yang terjadi berusaha untuk segera diselesaikan.

  • Meningkatkan penjualan

Follow up dalam bisnis juga dapat membantu meningkatkan penjualan, hal ini berkaitan dengan intensitas kecepatan atau tanggapan yang dapat diberikan perusahaan terhadap suatu permasalahan. Suatu bisnis akan dianggap sigap oleh para pelanggan jika memanfaatkan follow up dalam bisnis dengan baik.

  • Peluang mendapatkan pelanggan tinggi

Follow up juga penting dalam bisnis karena meningkatkan peluang mendapatkan pelanggan lebih tinggi. Hal ini berkaitan dengan respons atau tanggapan yang diberikan suatu bisnis atau perusahaan jika terjadi suatu masalah. Salah satu contoh pada bisnis makanan terdapat seorang pelanggan yang memberikan keluhan mengenai produk yang sampai di rumahnya telah basi, melalui penggunaan follow up maka pebisnis diharuskan segera mencari solusi atas permasalahan tersebut. 

Salah satu solusi yang bisa muncul dari aktivitas follow up ini, maka pertama pebisnis dapat memberikan tanggapan mengenai keluhan tersebut dan berjanji untuk meningkatkan kualitas layanan, selanjutnya pebisnis juga bisa memberikan kompensasi berupa pengiriman produk baru atau pengembalian dana.

  • Meningkatkan kualitas pelayanan

Melalui follow up sebuah bisnis akan lebih memiliki lebih banyak peluang untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan. Istilah follow up digunakan untuk melakukan tindak lanjut terhadap suatu hal, sehingga masalah atau informasi yang dibutuhkan akan segera didapatkan dan terselesaikan. 

Alasan Pentingnya Follow Up dalam Partnership

Follow up tidak hanya digunakan dalam lingkup bisnis, tetapi juga bisa digunakan dalam bidang partnership. Hal ini karena di dalam partnership terdapat dua pihak atau lebih yang saling bekerja sama mencapai kesepakatan tertentu, untuk mencapai kesepakatan tersebut maka diperlukan koordinasi yang baik dari kedua pihak.

Koordinasi ini bisa dilakukan dengan melakukan follow up sebagai contoh, saat dua pihak yang terlibat dalam partnership ingin mencapai kesepakatan dan tujuan yang ingin diraih maka mereka harus memberikan informasi dan konfirmasi sejelas mungkin. Hal ini bertujuan agar setiap pihak tidak merasa adanya informasi yang rancu atau informasi yang keliru, melalui follow up maka setiap pihak berhak untuk menanyakan update atau progress dari masing-masing pihak dalam rangka mencapai tujuan bersama. Berikut ini alasan pentingnya follow up dalam partnership.

  • Menjaga hubungan komunikasi

Follow up penting dilakukan dalam partnership karena sebagai salah satu sarana untuk menjaga hubungan komunikasi kedua pihak. Jalinan komunikasi dalam partnership perlu dilakukan dalam rangka menghindari terjadinya miscommunication, maupun kesalahan penyampaian informasi antara dua pihak. Hal ini juga untuk mengurangi terjadinya kesalahan dalam perencanaan yang telah disusun.

  • Mendapatkan informasi terbaru

Dalam partnership melakukan follow up adalah hal yang wajib dan harus dilakukan, hal ini untuk mengetahui informasi terbaru dari pihak partner. Terjalinnya partnership pasti karena adanya kerja sama dalam mencapai suatu hal, untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan proses dan koordinasi yang baik kedua pihak untuk saling menjalankan tugas dan kewajibannya. Follow up dalam hal ini juga berfungsi untuk bisa memantau kinerja dari partner tersebut.

  • Terdapat progress untuk mencapai tujuan

Follow up juga penting dalam partnership karena dapat meningkatkan progress sehingga kerjasama yang dilakukan mampu untuk mencapai tujuan yang telah disepakati. Setiap masalah atau kendala yang terjadi perlu diketahui oleh masing-masing pihak, follow up digunakan sebagai sarana update dan pengingat atas tugas dan tanggung jawab masing-masing pihak.

Nah, itu dia penjelasan seputar pentingnya follow up dalam bisnis dan partnership. Istilah follow up digunakan dengan tujuan menindaklanjuti terhadap suatu kejadian atau masalah dengan cepat. Semoga informasi artikel ini dapat bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again