1. DScovery

Angel Investor: Pengertian, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan, Serta Cara Mendapatkannya

Angel investor adalah sekelompok pengusaha sukses yang menginvestasikan dana mereka sendiri ke perusahaan yang berpotensi menguntungkan. 

Istilah angel investor sering terdengar di kalangan pendukung startup. Angel investor adalah individu bernilai tinggi yang menyediakan keuangan untuk usaha kecil seperti startup.

Ketika kamu mendengar kata pendanaan, kamu mungkin berpikir tentang investasi venture capital. Namun, ada perbedaan yang cukup besar antara angel investor dan venture capital.

Keberadaan mereka juga sangat bermanfaat bagi perkembangan startup agar nantinya bisa mengembangkan produk atau jasanya. Jadi apa maksud investor ini? Jangan khawatir, disini kami akan menjelaskannya untuk kamu.

Apa Itu Angel Investor?

Angel investor adalah individu kaya yang memberikan dukungan finansial untuk usaha kecil seperti startup. Dia biasanya membutuhkan kompensasi untuk mendapatkan investasi di startup.

Angel investor seringkali adalah orang-orang terdekat, seperti anggota keluarga atau bahkan pengusaha. Angel investor juga sering disebut sebagai malaikat bisnis, angel investor atau bahkan investor mulia.

Tidak seperti venture capital, investor ini hanya memberikan dana investasi satu kali kepada para pemula untuk membantu mereka melewati masa-masa sulit. Secara umum, angel investor lebih fokus membantu startup berkembang daripada memprioritaskan potensi keuntungan. Meski risikonya terdengar sangat tinggi, namun keuntungan yang mereka terima tentu sangat menggiurkan.

Jenis Angel Investor

Ada beberapa jenis angel investor yang sering mendanai bisnis baru, antara lain:

Keluarga dan Teman

Kerabat dan teman dekat bisa menjadi investor yang mendukung perusahaan kamu secara finansial. Tentu saja, ukuran bisnis yang kamu jalankan tidak harus besar contohnya toko roti.

Orang Kaya

Orang kaya adalah orang yang memiliki banyak harta dan sukses sebagai pengusaha. Misalnya, seorang dokter mendanai perusahaan alat kesehatan.

Sebuah Kelompok atau Organisasi

Jenis angel investor selanjutnya adalah kelompok atau organisasi yang berpotensi memberikan pendanaan. Misalnya, kelompok sukarelawan kesejahteraan hewan yang menyumbangkan dana untuk membangun kebun binatang.

Crowdfunding

Crowdfunding adalah bentuk pembiayaan populer yang sering digunakan perusahaan untuk bisnis mereka. Contoh crowdfunding adalah siapa pun dapat berinvestasi terlepas dari jumlah yang diberikan.

Kelebihan dan Kekurangan Angel Investor

Ada kelebihan dan Kekurangan jika kamu memutuskan untuk membiarkan investor ini masuk ke bisnis kamu. Dilansir dari The Balance SMB bahwa angel investor memiliki keunggulan karena uang kamu akan kembali jika terjadi kerugian.

Jika kamu meminjam uang dari bank untuk mendanai startup kamu, pada akhirnya kamu harus membayarnya kembali, meskipun usaha rintisan tersebut gagal.

Ini berbeda dengan angel investor. Kamu telah melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam meneliti dan menganalisis perusahaan dengan potensi jangka panjang yang besar. Oleh karena itu keputusan mereka untuk menjadi pemberi pinjaman sehingga mereka harus menanggung resiko jika hal itu terwujud. Dalam hal terjadi kerugian, modal yang diinvestasikan tidak perlu dikembalikan.

Namun kerugian yang akan kamu alami adalah investor pasti akan mengambil alih sebagian bisnis kamu. Membagi menjadi dua seusai dengan kesepian termasuk masalah keuntungan yang diterima.

Cara Mendapatkan Angel Investor

Berdasarkan penjelasan di atas, angel investor adalah perusahaan yang membantu startup dan perusahaan berkembang lainnya untuk mendapatkan pendanaan. Keberadaan angel investor tentunya sangat membantu perusahaan yang sedang berjuang dan menghadapi kesulitan, terutama dalam hal pembiayaan. Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mendapatkan Angel Investors?

Persiapkan rencana bisnis terlebih dahulu

Pertama, pastikan rencana bisnis kamu sudah siap. Rencana bisnis akan membantu kamu mendapatkan perkiraan berapa dana yang dibutuhkan, strategi dan prioritas apa yang perlu diterapkan, serta menjadi alat komunikasi bagi investor mengenai kesulitan yang kamu hadapi.

Buat rencana bisnis dalam format presentasi

Untuk pemahaman yang lebih baik, masuk akal untuk meringkas rencana bisnis, yang awalnya terdiri dari lembaran dokumen, dalam bentuk presentasi. Kamu dapat membuat visualisasi seperti:

Tabel, gambar, dan lainnya. Metode ini membuat presentasi kepada investor menjadi lebih mudah.

Temukan calon angel investor

More Coverage:

Cari calon angel investor yang tertarik untuk mendanai perusahaan tertentu, terutama di industri tempat kamu berada saat ini. Misalnya, beberapa angel investor fokus pada industri tertentu, pasar lokal, atau perusahaan afiliasi seperti alumni universitas.

Lakukanlah riset terhadap angel investor

Hal terpenting adalah jangan memberi pesan kepada angel investor yang tidak kamu kenal. Solusi yang dapat dilakukan adalah melakukan riset terhadap mereka, seperti:

Pertemuan seperti apa yang sering kamu lakukan? Bertemu langsung, melalui telepon atau email. Cara ini bisa membantu kamu menentukan langkah awal untuk mendekati angel investor.

Pastikan kamu memiliki relasi dengan pengacara

Dalam hal ini, seorang pengacara akan membantu kamu menyusun kerja sama dengan investor, termasuk persyaratan tertulis dan dokumentasi penting. Ini terjadi karena menyetujui investasi adalah masalah serius.

Nah demikianlah informasi mengenai angel Investor dari pengertian, jenis, dan cara mendapatkan angel investor. Semoga sekarang kamu semakin paham tentang apa itu angel investor.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again