1. DScovery

Apa Itu Deposito? Jenis, Keuntungannya dan Resikonya

Deposito merupakan investas berbentuk simpanan yan bank tawarkan

Deposito adalah salah satu investasi yang bank tawarkan, dan berbentuk simpanan. Deposito juga merupakan uang yang disimpan di rekening bank atau di lembaga keuangan lain, yang memerlukan transfer dari satu pihak ke pihak lain. 

Deposit dapat berupa sejumlah uang yang digunakan sebagai jaminan atau agunan untuk pengiriman barang atau jasa. 

Apakah kamu tertarik untuk berinvestasi dengan deposit? Ada tipe-tipe deposit yang berbeda, dan hal-hal lain yang perlu kamu perhatikan, sebelum kamu melakukan investasi. Oleh karenanya, simak artikel ini hingga akhir, ya!

Definisi Deposito

Dalam bidang keuangan, deposito adalah tindakan menempatkan uang atau aset berharga lainnya ke dalam rekening di bank, lembaga keuangan, atau organisasi serupa lainnya.

Setoran dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, seperti uang tunai, cek, atau transfer elektronik, dan biasanya dilakukan oleh perorangan atau bisnis.

Kamu dapat mengambil uang yang kamu setorkan ke bank kapanpun, kepada siapapun, atau kamu dapat menggunakannya untuk membeli sesuatu. Namun demikian, ada ketentuan bernama “minimum deposit” ketika kamu hendak membuka akun baru.

Uang yang kamu setor ke rekening giro masuk ke transaksi deposit. Maksudnya, uang tersebut dapat kamu pakai sewaktu-waktu, dan cair. Kamu tidak perlu menunggu pencairan dalam waktu lama.

Definisi lain dari deposit adalahm ketika sebagaian dana berguna sebagai jaminan, atau agunan dalam pengiriman suatu barang.

Singkatnya, sebagai itikad baik, beberapa kontrak memerlukan adanya persentase yang kamu bayarkan sebelum adanya penyerahan.

Sebagai contoh, perusahaan pialang mengharuskan adanya deposit untuk margin awal ketika hendak memasuki kontrak berjangka yang baru.

Jenis Deposito

Umumnya, deposit terbagi menjadi 2 bagian, yaitu hiro dan deposito berjangka. Selain itu, baik giro dan deposito berjangka memiliki variasinya masing-masing. Berikut adalah penjelasan jenis-jenis giro dan apa itu deposito berjangka.

Giro

Giro adalah jenis deposit yang dapat segera cair atau kamu ambil. Meski demikian, giro mempunya bunga yang sangat kecil. Giro sendiri terbagi atas 3, yaitu rekening giro, rekening tabungan, dan rekening pasar uang.

Rekening Giro

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan rekening giro. Dengan rekening giro, kamudapat menarik uang kapan pun.

Oleh karenanya, kamu dapat mengakses dana dengan mudah, dan juga kamu dapat bertransaksi secara online, maupun lewat ponsel dan ATM.

Rekening Tabungan

Rekening tabungan memungkinkan kamumenyimpan uang dengan aman, sehingga kamu dapat menyimpan uang yang cukup untuk kebutuhan masa depan. Tidak seperti rekening giro, rekening tabungan tidak memberikan banyak kebebasan, dan kemungkinan ada batasan penarikan dan biaya tambahan.

Rekening Pasar Uang

Rekening pasar uang sering kali memiliki banyak manfaat yang sama dengan rekening tabungan, tetapi kamu juga memiliki akses melalui cek dan kartu debit seperti halnya rekening giro.

Kekurangan dari rekening pasar uang adalah, beberapa bank masih dapat memilih untuk membatasi transaksi dan memberlakukan penalti. Selain itu, setoran minimum untuk rekening pasar uang umumnya lebih tinggi daripada rekening tabungan biasa.

Deposito Berjangka

Jenis lainnya adalah deposito berjangka. Apabila deposito bank memiliki suku bunga denganjangka waktu tetap, itu dianggap sebagai deposito berjangka. Oleh karenanya, dengan deposito berjangka, kamu tidak diizinkan untuk menarik uang untuk rentang waktu tertentu. Deposito berjangka juga terdiri atas beberapa jenis.

Baik giro dan deposito berjangka memiliki variasinya masing-masing. Berikut adalah penjelasan jenis-jenis giro dan deposito.

Keuntungan Deposit

Deposit menawarkan keuntungan yang cukup menarik tergantung dari jenis yang kamu pilih. Ini adalah rangkuman keuntungan yang bisa kamu miliki jika kamu memilih deposit untuk investasi.

Suku Bunga Kompetitif

More Coverage:

Orang lebih memilih deposito daripada tabungan biasa karena suku bunganya jauh lebih tinggi, bahkan hingga tiga kali lipat. Imbal hasil deposito yang diperoleh lebih tinggi setelah menyimpan uang dalam jangka waktu tertentu. 

Tidak ada biaya administrasi dalam deposito, sehingga dana yang kamu investasikan tidak berkurang.

Sarana Investasi yang Menguntungkan

Saat ini, banyak sekali instrumen investasi yang mengiming-imingi keuntungan, namun tidak terjamin keamanannya. Deposito merupakan salah satu investasi yang paling aman karena dijamin oleh LPS. Harga dari deposito cenderung stabil,dan terjaga.

Risiko Investasi Lebih Kecil

Jika kamuingin berinvestasi, namun khawatir dengan risiko yang ada, pilihlah deposito berjangka. Deposito tidak mengenal fluktuasi pasar dan perubahan harga, sehingga lebih kecil risikonya dibandingkan saham atau instrumen investasi lainnya.

Nah, itu adalah informasi mengenai deposito yang perlu kamu ketahui. Pastikan apapun investasi yang akan kamu lakukan, kamu telah mempertimbangkan dengan baik ya!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again