1. Entrepreneur

Mengenal Fiverr, Aplikasi Jual dan Cari Jasa Freelance secara Online

Pengertian, jenis-jenis jasa, cara kerja hingga manfaat Fiverr sebagai platform pasar online untuk layanan freelance.

Bekerja lepas atau freelance menjadi tren karir di era kemajuan teknologi saat ini. Pekerja lepas atau freelancer memungkinkan orang untuk dapat bekerja di mana saja dan kapan saja, tanpa terikat dengan jam kerja.

Para freelancer saat ini dapat mencari dan menyelesaikan pekerjaannya secara online. Begitu pula dengan perusahaan sebagai klien yang ingin mencari dan menggunakan jasa freelancer. Salah satu platform yang mewadahi pertemuan antara freelancer dan klien pencari jasa adalah Fiverr.

Berikut penjelasan lebih lanjut terkait aplikasi Fiverr sebagai platform pasar online untuk layanan freelance. Simak selengkapnya.

Apa Itu Fiverr?

Fiverr merupakan marketplace untuk layanan freelance yang mewadahi freelancer untuk menawarkan jasa dan layanannya kepada klien pencari jasa di seluruh dunia secara online. Platform pasar jasa yang berdiri sejak 2010 ini memiliki gagasan untuk mempermudah proses perekrutan pekerja lepas.

Dalam proses perekrutan dan kontrak kerjanya sendiri, Fiverr tidak menggunakan perantara. Aplikasi ini menjadi jembatan yang menghubungkan langsung pekerja lepas dengan kliennya.

Para pencari jasa dapat memilih sendiri pekerja lepas yang sesuai dengan kriteria yang diinginkannya. Sedangkan, freelancer dapat menampilkan portofolio hasil kerjanya untuk dapat berlomba menarik minat calon klien.

Jasa Apa Saja yang Tersedia di Fiverr?

Sebagai platform jasa, Fiverr menjembatani para freelancer dan pencari kebutuhan jasa yang berkaitan dengan beberapa bidang berikut ini:

  • Desain Grafis

  • Digital Marketing

  • Menulis dan Terjemahan

  • Video dan Animasi

  • Musik dan Audio

  • Pemrograman dan Teknologi

  • Data

  • Bisnis

  • Gaya Hidup

Cara Kerja Platform Fiverr

Melansir dari laman resmi Fiverr, jasa atau layanan yang ditawarkan oleh para freelancer di Fiverr disebut sebagai ‘Gigs’. Saat membuat ‘Gigs’, penyedia jasa dapat menentukan tarif awalnya sendiri.

Selain itu, penyedia jasa juga bisa menawarkan paket ‘Gigs’ untuk jasa atau layanan tertentu dengan harga khusus kepada kliennya. Paket tersebut dapat berisi rentang harga yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan pencari jasa.

Biasanya, pesanan jasa akan diselesaikan dalam rentang waktu satu hingga dua hari atau bisa lebih, tergantung pada waktu pengiriman dan antrian pesanan dari penyedia jasa. Sebagai klien, para pencari jasa diminta untuk membayar di muka.

Lalu, ketika pesanan telah selesai, freelancer selaku penyedia jasa akan menerima 80% dari total nilai pesanan. Misalnya, jika tarif pesanan dipatok sebesar sepuluh dolar, maka freelancer akan mendapatkan delapan dolar.

Manfaat Aplikasi Fiverr bagi Penyedia dan Pengguna Jasa

Ada pun beberapa manfaat penggunaan aplikasi Fiverr bagi penyedia maupun pengguna jasa, di antaranya sebagai berikut:

  • Pekerja lepas atau freelancer mudah mendapatkan klien.
  • Klien sebagai pencari jasa lebih mudah menemukan dan merekrut freelancer untuk project yang mereka ingin jalankan.
  • Klien sebagai pengguna jasa dapat menghemat anggaran karena dapat mencari dan memilih tarif freelancer sesuai dengan budget yang dimiliki.
  • Pembayaran terjamin karena melibatkan pihak Fiverr. Honor pekerjaan akan diterima freelancer setelah klien menyetujui pekerjaan yang selesai.
  • Pihak Fiverr menerima pertanyaan kapan saja untuk membantu kedua belah pihak, baik penyedia maupun pengguna jasa terkait dengan layanannya.

Demikian penjelasan terkait pengertian, jenis-jenis jasa, cara kerja hingga manfaat Fiverr sebagai platform pasar online untuk layanan freelance.

Free eBook

Panduan Facebook Marketplace untuk Pemula

Facebook Marketplace menawarkan peluang dan juga alat bagi UMKM untuk menjangkau 129,8 juta pengguna Facebook di Indonesia. Pelajari bagaimana cara memanfaatkan Facebook Marketplace untuk mendongkrak penjualan online Anda. Download panduannya sekarang, GRATIS!

Masukkan email Anda


Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again