1. DScovery

Apa itu Hardware: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh

Kamu sudah tahu hardware? Kalau belum, simak artikel berikut ini, ya!

Hidup di zaman yang penuh kemudahan teknologi, menuntut manusia harus berdampingan dan mampu beradaptasi menggunakan perangkat komputer. Kehadiran komputer mampu membuat hidup manusia menjadi lebih praktis, terutama dalam mengerjakan pekerjaan. Perangkat komputer terdiri dari beberapa jenis, salah satunya adalah hardware.

Berbeda dengan software, hardware bisa dibilang sebagai perangkat komputer yang bisa disentuh karena wujud fisiknya yang terlihat. Jadi, apapun perangkat komputer yang bisa dilihat dan memiliki fisik yang berwujud disebut hardware. Berikut artikel mengenai hardware.

Pengertian Hardware

Hardware adalah salah satu jenis perangkat komputer yang memiliki bentuk fisik yang bisa dilihat dan dirasakan. Singkatnya, hardware bisa dikatakan sebagai perangkat komputer yang berfungsi melakukan beberapa proses, seperti input, output, dan proses.

Ciri-ciri Hardware

Nah, hardware memiliki ciri-cirinya tersendiri. Berikut ciri-ciri hardware.

1. Memiliki Fisik

Berbeda dengan software, hardware memiliki wujud fisik yang bisa disentuh, dan dirasakan oleh pengguna komputer.

2. Komponen Utama Komputer

Hardware bisa dibilang sebagai komponen utama komputer, apabila tidak ada hardware maka perangkat komputer tidak bisa menampilkan layar dan suara.

3. Penghubung User dan Software

Hardware berguna sebagai media penghubung antara pengguna dengan software. Jadi, hardware akan membantu proses input dan outputmu dengan komputer.

Jenis dan Contoh Hardware

Hardware terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan fungsinya sebagai perangkat komputer. Berikut jenis hardware dan contohnya.

1. Hardware Output

Hardware output merupakan perangkat komputer yang berguna sebagai luaran, seperti suara dan layar. Misalnya, speaker, monitor, dan printer.

2. Hardware Input

Hardware input merupakan perangkat masukan yang berfungsi untuk melakukan input data dalam berbagai jenis, seperti teks, foto, video, dan audio ke komputer. Misalnya, keyboard, mouse, dan scanner.

3. Hardware Process

Hardware proses merupakan salah satu jenis perangkat komputer yang berfungsi untuk pengolahan data komputer. Hardware proses juga seringkali disebut sebagai otak komputer. Misalnya, CPU dan VGA.

4. Perangkat Penyimpanan

Perangkat penyimpanan juga bagian dari hardware. Dengan perangkat penyimpanan, kamu bisa menyimpan berbagai data dalam komputer. Misalnya, hard disk dan flash disk.

Berikut merupakan artikel mengenai hardware. Jadi, hardware merupakan komponen penting dalam komputer. Nah, kamu perlu melakukan perawatan hardware agar tidak rusak. Misalnya dengan membersihkan hardware dari debu selama sebulan sekali. Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again