1. DScovery

Apa Itu Management Trainee? Tujuan, Jenis Program dan Benefitnya bagi Fresh Graduate

Saat ini banyak para fresh graduate yang berlomba untuk menentukan career path dalam dunia profesional. Bahkan tidak jarang sejumlah karyawan melakukan switch career untuk menemukan karir terbaiknya. Berikut ini penjelasan seputar management trainee yang cocok untuk career path bagi fresh graduate, simak penjelasannya!

Management trainee mungkin bukan lagi istilah yang asing bagi para fresh graduate maupun pelamar kerja. Management trainee (MT) adalah suatu program yang membantu para jobseeker untuk menambah pengalaman dan kesempatan mendapatkan pekerjaan tetap di perusahaan impiannya.

Management trainee biasanya terjalin dengan kontrak sekitar 2 tahun atau sesuai kebijakan dari perusahaan yang mengadakannya. Proses yang dilakukan untuk menjadi MT perusahaan juga cukup ketat, karena banyaknya pelamar yang juga ingin mendapatkan peluang yang lebih besar untuk direkrut oleh perusahaan. Lalu apa sih sebenarnya management trainee itu? Berikut ini penjelasannya!

Apa itu Management Trainee?

Management trainee adalah sebuah kegiatan pelatihan yang ditujukan  untuk meningkatkan kompetensi fresh graduate atau karyawan baru. Management trainee adalah bagian dari level manajemen dalam perusahaan untuk mencari sumber daya manusia yang sesuai dengan ketentuan bidang suatu perusahaan.

Management trainee adalah program yang diprakarsai oleh perusahaan sebagai wadah untuk pengembangan karakter dan karir fresh graduate dan jobseeker. Pelatihan yang ada pada program management trainee biasanya berfokus pada aspek psikologis dan keterampilan yang dimiliki setiap trainee di bidangnya masing-masing.

Management trainee adalah salah satu program yang dapat dijadikan fresh graduate atau jobseeker sebagai proses adaptasi dengan dunia kerja dan peningkatan keterampilan dalam bidang tertentu untuk meningkatkan potensi recruiter di masa mendatang. Mengikuti program management trainee juga tidak menutupi kemungkinan seorang trainee mendapatkan kesempatan untuk menjadi karyawan tetap di perusahaan yang melangsungkan program tersebut.

Tujuan Management Trainee

Persaingan kerja yang semakin ketat saat ini tidak hanya dirasakan oleh para jobseeker atau fresh graduate, tetapi juga orang-orang yang memang sudah memiliki pengalaman dibidangnya dan ingin mendapatkan kesempatan yang lebih baik di perusahaan lain. Kondisi ini juga yang menyebabkan management trainee dapat menjadi solusi terutama bagi para fresh graduate untuk mencari kerja. 

Lalu sebenarnya apa sih tujuan management trainee itu? Berikut ini tujuan management  trainee yang perlu fresh graduate pahami!

  • Memastikan komitmen seorang karyawan dalam bekerja

Salah satu tujuan diselenggarakannya management trainee adalah sebagai upaya perusahaan untuk menilai dan memutuskan komitmen yang dimiliki oleh seorang karyawan dalam bekerja di perusahaan yang dilamarnya. Management trainee menerapkan sistem kontrak yang biasanya ditentukan oleh perusahaan berapa lama seseorang akan menjalankan program ini, lama pelaksanaan program pun bervariasi bisa dalam hitungan bulan atau tahun tergantung kebijakan perusahaan.

  • Meningkatkan keterampilan para trainee

Tujuan management trainee berikutnya adalah meningkatkan keterampilan para trainee atau peserta yang terlibat dalam program pelatihan tersebut. Management trainee seperti namanya adalah sebuah manajemen yang diadakan oleh perusahaan guna meningkatkan keterampilan para trainee. 

Program management trainee dikhususkan sebagai wadah dan kesempatan yang diberikan perusahaan kepada para fresh graduate maupun jobseeker untuk meningkatkan kompetensi di bidang tertentu bersama para manajer dan executive langsung di perusahaan. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan nilai jual dan kemampuan para trainee setelah program telah selesai dilaksanakan.

  • Mempersiapkan manajerial handal di perusahaan

Tujuan management trainee untuk mempersiapkan manajerial yang handal di perusahaan. Manajerial merupakan bagian dari unit perusahaan yang bertugas untuk menentukan strategi perencanaan, prosedur dan bahkan kebijakan yang ada dalam perusahaan baik itu jangka pendek atau panjang. Management trainee juga bertujuan melatih para trainee agar dapat menjadi bagian dari manajerial perusahaan yang dapat diandalkan.

Jenis Program Management Trainee

Management trainee dapat dibedakan menjadi beberapa program tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan, tetapi biasanya setiap perusahaan memiliki dua jenis management trainee. Berikut ini penjelasan jenis program management trainee:

  • Management Trainee Program (MTP)

Jenis program management trainee ini biasanya diadakan untuk memberikan fokus bagi para jobseeker atau lulusan baru dari perguruan tinggi guna mempersiapkan dirinya menjadi bagian dari posisi manajerial perusahaan. Management trainee ini lebih akrab diketahui oleh para jobseeker dan biasanya perusahaan menetapkan kualifikasi seperti batasan tahun kelulusan calon pelamar.

  • Graduate Trainee Program (GTP)

Jenis program graduate trainee ini lebih berfokus pada para karyawan sebagai upaya mengembangkan kompetensi kerja mereka di suatu perusahaan. Biasanya graduate trainee ini diadakan sebagai upaya perusahaan dalam mengembangkan sumber daya manusia yang lebih berkualitas bagi perusahaan, tidak menutup kemungkinan juga bahwa program ini menjadi tempat bagi perusahaan untuk mengetahui sejauh mana kompetensi para karyawannya.

Benefit Management Trainee bagi Fresh Graduate

Lalu sebenarnya apa yang menjadi keuntungan atau benefit dari program management trainee ini bagi para fresh graduate? Berikut ini benefit management trainee bagi fresh graduate:

  • Mendapatkan pengalaman di bidang profesional

Melalui program management trainee (MT) seorang fresh graduate memiliki kesempatan untuk mendapatkan pengalaman di bidang profesional. Karena program MT ini tidak hanya sekedar memberikan pelatihan dan pembekalan kepada peserta, tetapi juga ikut bekerja langsung di lapangan di bidang yang telah dipilih. 

  • Sebagai jalur pengembangan karir

Management trainee juga memberikan benefit kepada fresh graduate sebagai jalur pengembangan karir. Karena program MT ini tidak hanya membuka kesempatan bagi para peserta untuk menjadi karyawan tetap, tetapi juga belajar dan mengadopsi budaya dan sistem kerja yang ada di perusahaan tersebut. Management trainee ini bisa juga memiliki tanggung jawab yang hampir setara dengan karyawan tetap, setiap peserta akan dilatih dan dibimbing untuk dinyatakan kompeten dalam bidangnya.

  • Menambah relasi atau networking di bidang terkait

Management trainee juga dapat memberikan benefit berupa relasi atau networking bagi para fresh graduate. Sebagaimana dijelaskan di awal bahwa MT ini akan dibawahi langsung oleh para manajer maupun executive perusahaan. Disini para peserta akan dibimbing dan mendapatkan pengajaran langsung oleh orang-orang yang ahli di bidang tersebut.

  • Mendapatkan kesempatan pelatihan dan digaji

Management trainee juga memberikan benefit berupa kesempatan pelatihan dan pendapatan atau gaji bagi para fresh graduate. Biasanya pemberian gaji ini tidak akan terlalu jauh dengan milik karyawan tetap atau setidaknya mencapai UMR lokasi perusahaan program MT tersebut. Tetapi, hal ini juga menjadi kebijakan masing-masing perusahaan serta bidang posisi yang dilamar.

Nah, itu dia penjelasan seputar program management trainee (MT) yang dapat dimanfaatkan oleh para fresh graduate maupun jobseeker. Persaingan yang ketat membuat para calon karyawan perlu meningkatkan kompetensi dan mengumpulkan pengalaman sebanyak mungkin. Semoga informasi tersebut dapat membantumu memahami pengertian management trainee serta memikirkan kembali jalur karir seperti apa yang kalian inginkan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again