1. DScovery

Apa itu Saham Blue Chip, Keuntungan dan Kekurangannya

Saham blue chip merupakan saham yang stabil, dan umumnya berasa dari perusahaan besar dan mapan

Saham blue chip adalah saham dari perusahaan, yang memiliki reputasi cemerlang. Saat ini, banyak orang mulai memahami pentingnya investasi, dan berbondong-bondong menabung saham. Namun, tidak semua saham dapat memberikan keuntungan.

Saham blue chip sendiri, umumnya merupakan saham perusahaan yang sudah besar, stabil secara finansial, dan pemasukan yang cukup. Karena berbagi kelebihan ini, saham blue chip menjadi saham yang populer untuk berinvestasi. 

Beberapa saham blue chip adalah IBM, Coca-Cola, BCA, Boeing, dan lain-lain. Lalu, apa yang membuat saham perusahaan disebut blue chip? Simak ulasan berikut ini ya!

Kriteria Perusahaan Dengan Saham Blue Chip

Perusahaan blue chip telah membuktikan bahwa performa saham mereka, relatif stabil baik saat sulit maupun tidak. Saham blue chip umumnya memiliki beberapa kriteria umum, seperti:

  • Kapitalisasi pasar yang besar. Kapitalisasi pasar adalah nilai dari perusahaan. Saham blue-chip sering kali merupakan saham berkapitalisasi besar, yang biasanya berarti mereka memiliki valuasi pasar sebesar $10 miliar, atau lebih.
  • Perkembangan yang solid dari waktu ke waktu, tidak seperti saham teknologi yang cenderung berkembang terlampau cepat.
  • Saham-saham blue-chip termasuk dalam indeks pasar utama seperti S & P 500, S & P 100, atau Nasdaq 100.
  • Adanya dividen. Perusahaan yang membayar dividen biasanya sudah mapan, yang berarti mereka tidak perlu lagi menginvestasikan banyak pendapatan untuk pertumbuhan mereka.

Kelebihan Saham Blue Chip

Ada beberapa keuntungan jika kamu memilih saham blue chip sebagai tujuan investasi. Keuntungan-keuntungan itu adalah:

  • Stabilitas. Karena perusahaan blue chip sudah beroperasi sangat lama. Perusahaan yang lebih kecil, atau lebih baru, cenderung belum kuat dalam menghadapi resesi maupun perubahan pasar.
  • Dividen. Seperti yang tertulis sebelumnya, banyak saham blue chip yang memberikan dividen, karenanya kamu bisa memiliki pendapatan yang tetap.
  • Minim usaha. Karena saham blue chip tidak mudah berubah seperti sekuritas lain, saham ini tidak memerlukan banyak pengawasan.

Kekurangan Saham Blue Chip

More Coverage:

Walaupun banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari saham ini, ada juga kekurangan yang perlu kamu perhatikan.

  • Perusahaan blue chip adalah perusahaan yang mapan, sehingga harga saham mereka cenderung tinggi. Namun, kamu bisa membeli sebagian kecil saja dari saham lewat pialang.
  • Kamu mungkin tidak dapat berekspektasi keuntungan yang besar, dalam jangka yang pendek. Kamu akan mendapatkan pertumbuhan perusahaan yang stabil, namun untung yang sedikit dan memerlukan waktu panjang.

Setiap saham memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Apabila kamu hendak berinvestasi ke saham, perlu memperhatikan keuntungan, kelebihan, dan kesesuaiannya dengan rencanamu, ya!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again