1. Entrepreneur

Apa itu Trakteer.id dan Bagaimana Cara Mulai Menghasilkan Cuan dari Konten?

Trakteer.id! Membangun Jaringan Penggemar dan Mendapatkan Penghasilan dari Karya Anda

Karya merupakan hasil dari ekspresi kreatif seseorang yang merupakan bentuk manifestasi dari imajinasi, ide, sekaligus keterampilan seseorang dalam mengkreasikannya. Karya bisa menjadi sumber pendapatan bagi kreator. Namun, tidak semua kreator berhasil memonetisasi karya mereka dengan sukses.

Adanya perkembangan teknologi dan internet, semakin membuka peluang bagi kreator untuk memonetisasi karya mereka. Meskipun kehadirannya tidak bisa menjamin para kreator untuk memonetisasi karya mereka, namun kehadirannya telah berhasil menambah jumlah kreator yang berhasil memonetisasi karya mereka dan menciptakan pendapatan yang signifikan.

Salah satu platform monetisasi karya yang bisa digunakan oleh kreator adalah Trakteer.id. Mungkin beberapa dari Anda masih cukup asing ketika mendengar nama platform ini. Karenanya, kenali Trakteer.id lebih lanjut melalui artikel ini, ya!

Apa itu Trakteer?

Trakteer.id adalah salah satu platform digital yang membantu para kreator untuk memonetisasi karya mereka dan menerima apresiasi dalam bentuk finansial dari para penggema. Jadi, kreator tidak hanya berkesempatan untuk memamerkan hasil karya mereka saja, melainkan juga akan mendapatkan dukungan finansial dari karya yang mereka unggah.

Berbagai kreator bisa bergabung dengan Trakteer.id, seperti penulis, seniman, vlogger, podcaster, dan berbagai kreator di bidang lainnya. Untuk mulai membagikan karya dan mendapat dukungan finansial, kreator harus membuat akun Trakteer.id terlebih dahulu.

Cara Bergabung menjadi Kreator di Trakteer

  • Untuk membuat akun Trakteer, klik Daftar

  • Anda memiliki pilihan untuk melakukan pendaftaran dengan akun Facebook, Google, atau langsung mengisi formulir yang tersedia. Lengkapi formulir pendaftaran seperti memasukkan nama, username, email aktif, dan password dari akun Trakteer Anda.
  • Kemudian klik Daftar. Jika Anda ingin mengaktifkan halaman kreator dan mulai menerima traktiran, pastikan Anda memberikan centang pada kolom Aktifkan Halaman Kreator

  • Lakukan verifikasi email dengan cara buka email yang Anda dapatkan dari Trakteer, lalu klik Verify Email

  • Anda akan mendapat notifikasi verifikasi sukses. Silakan login dengan email dan password yang sebelumnya didaftarkan untuk lanjut menggunakan Trakteer.id.

  • Jangan lupa untuk melengkapi akun kreatormu agar bisa mendapat dukungan secara maksimal. Beberapa yang perlu dilengkapi seperti foto/avatar sebagai identitas akun, kategori akun, link media sosial, dan reward pertama untuk para pendukung.

Fitur dan Layanan Trakteer

Unit Trakteer

Melalui unit Trakteer, kreator bisa mengatur sendiri nilai dari setiap karya yang diunggah. Setiap nilai diinisialkan dengan nama makanan/jajanan atau barang tertentu yang menggambarkan profil kreator untuk kemudian diberi label harga. Unit traktiran itulah yang nantinya digunakan sebagai syarat penggemar yang ingin mengakses karya dari kreator.

Misalnya, kreator membuat unit traktiran dengan nama “Burger” dengan harga Rp. 20.000. Jika kreator memberi label 2 burger pada setiap karya yang diunggah, artinya setiap karya bernilai Rp. 40.000 dan penggemar harus membayar dengan nominal itu untuk bisa mengakses konten tersebut.

Creator Page

Creator page adalah halaman web utama yang akan digunakan oleh para penggemar untuk menemukan berbagai informasi tentang kreator, seperti membaca profil kreator, aktivitas kreator, rewards, berita terbaru, hingga metode pembayaran. Trakteer menyediakan dua tipe creator page, yaitu full page dan simple page. Untuk mengatur halaman ini, kreator bisa menemukannya di menu Edit Page. Sebagai kreator, pastikan Anda membuat profil seunik mungkin untuk menarik penggemar.

Rewards

Rewards adalah hadiah dalam bentuk konten yang secara khusus dibuat oleh kreator sebagai bentuk terima kasih untuk para penggemar yang sudah men-trakteer kreator. Bentuk dari rewards yang dibuat tidak memiliki ketentuan khusus, kreator bisa membuatnya dalam bentuk apapun seperti puisi, artikel, novel, foto, video, atau dalam bentuk lainnya. Rewards ini bersifat monthly exclusive yang hanya bisa diakses oleh penggemar aktif selama 30 hari dan dikelompokkan berdasarkan harga yang telah diklasifikasikaan oleh kreator. Selain itu, kreator juga bisa membuat free rewards atau hadiah yang bisa diklaim siapapun tanpa syarat.

Community Post

Community post adalah fitur dimana kreator bisa berinteraksi dan berdiskusi dengan para penggemar. Kreator bisa membuat percakapan atau pembahasan tertentu terkait karya dengan para penggemarnya, dengan begitu penggemar akan merasa dekat dan memiliki kesempatan untuk bertanya kepada kreator. Selain itu, kreator dapat mengatur percakapan atau diskusi tersebut bersifat publik atau eksklusif hanya untuk penggemar yang telah memberikan dukungan saja.

Pin Post

Pin Post merupakan fitur yang memungkinkan kreator untuk meng-highlight karya tertentu agar posisi dari karya tersebut selalu berada di halaman paling atas.

Stream Overlay

Fitur ini digunakan bagi kreator yang ingin menampilkan informasi tambahan yang berada di layar streaming kreator. Biasanya setiap informasi hanya diwakili oleh satu widget. Namun, beberapa widget bersifat interaktif dan bisa dikendalikan oleh penggemar melalui aturan tertentu.

Itulah pengenalan terkait aplikasi Trakteer.id. Kehadiran platform digital tidak menjamin setiap kreator bisa memonetisasi karya mereka. Perlu diingat bahwa monetisasi karya juga membutuhkan waktu untuk membentuk basis penggemar, membutuhkan kesabaran dan juga dedikasi. Namun, diharapkan para kreator tetap belajar, berkembang, dan beradaptasi dengan perubahan pasar untuk meningkatkan peluang keberhasilannya dalam monetisasi karya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again