1. DScovery

Apa itu Value Diri: Pengertian, Jenis, dan Cara Meningkatkannya

Sebab setiap orang memiliki nilai-nilai yang mengakar dan hidup. Value itulah yang kemudian menentukan karakter dan kepribadian seseorang

Apa tujuan kamu dalam karir dan kehidupan? Apakah kamu menjalani hidup  sesuai yang kamu inginkan? Menjawab dua pertanyaan ini adalah cara untuk menemukan value apa yang kamu miliki dalam dirimu.

Sebab setiap orang memiliki nilai-nilai yang mengakar dan hidup. Value itulah yang kemudian menentukan karakter dan kepribadian seseorang. Lebih jelasnya DailySocial.id akan paparkan di bawah ini!

Definisi Value Diri

Halaman Ethics Sage menyatakan bahwa value diri adalah nilai atau keyakinan yang dianut dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai ini memandu kamu dalam berperilaku. Di luar kehidupan sehari-hari, nilai-nilai ini juga menentukan cara kamu menjalani kehidupan kerja.

Nilai ini nantinya akan tampak dalam perilaku dan hubungan kamu dengan orang lain. Ketika tindakan dan hasil kamu selaras dengan nilai-nilai yang kamu yakini, umumnya kamu menjadi lebih puas dan merasa lebih bahagia.

Namun terkadang perbedaan keyakinan dan nilai menjadi masalah. Misalnya, kamu dapat memprioritaskan ketekunan di tempat kerja. Namun, rekan satu tim ingin bersantai. Nah, itu bisa jadi penyebab stres.

Karena menyadari nilai-nilai yang kamu yakini dapat membantu memandu rencana dan tujuan hidup, termasuk menentukan karier.

Jenis-Jenis Value Diri

Social Value

Social value atau nilai sosial adalah nilai yang ditetapkan oleh suatu komunitas atau masyarakat. Nilai semacam ini penting bagi setiap individu karena kita hidup secara sosial. Secara umum, nilai-nilai sosial disebut juga dengan etos.

Contoh nilai sosial adalah adanya solidaritas dalam masyarakat. Solidaritas menunjukkan komitmen untuk membantu sesama dan menghubungkan antar komunitas. Contoh lain adalah identitas budaya. Ketika datang ke dalam lingkungan, orang lain harus dapat menghormati budaya mereka.

Personal Value

Personal value mengacu pada nilai yang hanya diterapkan oleh orang-orang tertentu. Contoh dari nilai-nilai tersebut adalah disiplin diri, empati, konsistensi dan kemampuan untuk memahami dan menghormati orang lain.

Sikap yang baik, disiplin dan empati adalah contoh nilai-nilai personal yang harus dimiliki. personal value ini lebih kepada pengalaman pribadi, jadi benar atau salah, baik atau buruk memiliki parameter dan rentang yang berbeda.

Constitutional Values

Constitutional values atau nilai-nilai konstitusional adalah nilai-nilai yang ditentukan oleh pemerintah atau konstitusi negara. kamu harus berpegang teguh pada nilai-nilai tersebut, karena nilai konstitusi mencerminkan nilai dan cita-cita negara dan masyarakat.

Di Indonesia misalnya, nilai-nilai yang harus dijunjung tinggi adalah pancasila, seperti ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. Hal ini karena Pancasila merupakan dasar dan pandangan hidup, sehingga nilai-nilainya harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Spiritual Values

Menurut Life Persona, spiritual values atau nilai-nilai religius adalah nilai yang dianut individu berdasarkan keyakinannya. Nilai ini tidak sama dengan sisi material yang terlihat, nilai ini sifatnya tidak berwujud tetapi bisa sangat dalam dan berhubungan dengan kehidupan.

Nilai spiritual juga dirasakan dan diterapkan berdasarkan pengalaman pribadi. Contoh nilai spiritual adalah keimanan (faith) dan ketakwaan (holiness).

Moral Values

Nilai-nilai moral mencakup nilai-nilai yang kita ikuti dan yakini untuk mencari kebahagiaan dan realisasi diri melalui kualitas-kualitas yang baik.

Individu tidak harus mengikuti nilai-nilai itu sendiri, tetapi alangkah baiknya jika diikuti, nilai-nilai moral juga merupakan nilai-nilai yang diterima oleh masyarakat.

Kejujuran, kebaikan dan etika adalah contoh nilai moral yang harus diterapkan. Nilai-nilai moral mengarah pada menemukan kebahagiaan dalam diri sendiri dengan menerapkan nilai-nilai tersebut.

Meningkat Value Diri

Berikut beberapa tips untuk meningkatkan nilai dirimu:

Tidak apa-apa jika melakukan kesalahan

Terkadang kesalahan membuat seseorang mempertanyakan harga diri dan nilai dirinya. Padahal, itu di luar kendali dan keinginan untuk melakukan kesalahan. Belajar itu terus menerus dan membuat kesalahan adalah bagian dari proses belajar.

Mengakui kesalahan dan mempelajari cara memperbaikinya akan meningkatkan self-value milikmu.

Lepaskan hal-hal yang tidak bisa kamu kontrol

Kamu pasti pernah merasakan bahwa ada hari-hari ketika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik. Kamu harus belajar untuk mengingat bahwa tidak semuanya berada di bawah kekuatan atau keinginan kamu.

Fokus pada hal-hal baik dan energi positif dan lepaskan hal-hal yang berada di luar kendali kamu dan tidak dapat kamu atasi.

Jangan membandingkan diri dengan orang lain

Kamu harus mengingat bahwa setiap orang berbeda-beda. Dalam pengembangan diri dan proses mencapai tujuan, setiap orang punya tahapan dan timeline masing-masing.

Membandingkan diri dengan orang lain hanya akan membuat kamu merasa tidak bisa memenuhi ekspektasi diri. Saat kamu tidak membandingkan diri dengan orang lain maka kamu akan bisa fokus kepada value dan pencapaianmu sendiri.

Pahami inner critic dalam diri kamu

Harga diri paling terpengaruh oleh kritik yang datang dari dalam. Terkadang kritik ini sangat keras dan melelahkan jika terus berlanjut. Mengutip  Harappa Education lebih lanjut, mengelola kritik batin adalah cara yang efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Jika kamu merasa perlu, kamu bisa mencoba menuliskan perasaanmu,  hal-hal yang kurang dan memulai refleksi diri. Ini akan membantu kamu menemukan cara yang efektif untuk merawat value diri.

Ambil jeda istirahat

Saat mengetahui value diri dengan baik, terkadang kamu akan mengambil banyak tanggung jawab dan berusaha menyelesaikannya secara bersamaan.

Contohnya dalam bekerja, kamu akan bertanggung jawab secara penuh hingga lupa istirahat. Nah, hal seperti itu harus dihindari. Salah satu cara kamu merawat value diri juga dengan memberikan istirahat dan jeda.

Itulah beberapa hal yang harus kamu kamu ketahui mengenai value diri. Mengetahui ini akan semakin membuatmu mengoptimalkan segala potensi dan tidak perlu membandingkan pencapaian dengan orang lain.

Referensi :

https://www.lifepersona.com/the-12-types-of-major-values-and-their-meaning

https://www.ethicssage.com/2018/08/what-are-values.html

https://harappa.education/harappa-diaries/how-to-build-self-worth/

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again