Categories

Mobile

Blume Wajibkan Penggunanya Selfie Dulu Sebelum Ngobrol

Aplikasi kencan Blume memprioritaskan keamanan pengguna dengan cara mewajibkan mereka berpose selfie sebelum menerima ajakan kencan

Bambang Winarso - 25 November 2015

Sekarang ini ada banyak ragam aplikasi kencan yang dijajakan baik oleh App Store maupun Play Store. Masing-masing dari mereka mempunyai interface, fitur dan cara interaksi yang berbeda tapi secara umum memberikan kebebasan pada pengguna untuk menerima atau menolak ajakan kencan dari seseorang yang disarankan.

Saran kecocokan yang diberikan biasanya didasarkan pada minat, lokasi, dan data-data pribadi lainnya. Namun sebagian besar dari aplikasi kencan yang ada memperbolehkan pengguna memasang foto profil yang mungkin saja palsu. Hal inilah yang dikhawatirkan dapat dimanfaatkan oleh seseorang untuk melakukan aksi kejahatan.

Jika Anda tak ingin tertipu oleh foto profil palsu semacam itu, kini ada opsi aplikasi baru bernama Blume yang diklaim dapat menghindarkan penggunanya dari “jebakan” akun-akun palsu. Sistem seleksi Blume bekerja hampir sama dengan aplikasi kencan pada umumnya, ada fitur rekomendasi kecocokan di mana Anda dapat memilih sesuai selera. Tapi ketika pengguna merasa menemukan teman kencan yang tepat, masing-masing pengguna harus mengambil foto selfie langsung saat itu juga untuk memverifikasi keaslian akun. Pengguna tidak diperbolehkan mengunggah foto dari album galeri.

Untuk mencairkan suasana, pengguna bisa memanfaatkan fitur-fitur tambahan yang disediakan misalnya dengan menambahkan teks lucu. Foto selfie dari masing-masing pengguna akan ditampilkan selama tujuh detik, dan selama itu keduanya bisa membuat memutuskan menerima ajakan mengobrol atau melewatkannya. Apabila ada kecocokan, kedua belah pihak akan dibawa ke ruang percakapan di mana mereka dapat saling menyapa dan mengenal lebih jauh satu sama lain.

Dikutip dari Adweek, aplikasi kencan ini juga melindungi pengguna dari akun palsu dengan cara meminta setiap pengguna untuk menghubungkan akun dengan profil Facebook mereka. Setelah akun terhubung mereka kemudian dapat meng-edit informasi diri yang akan tampil di profil.

Selain itu, Blume juga melarang pengguna mengambil screenshot dalam jumlah tertentu yang apabila dilanggar, maka pengguna akan di-banned selama dua jam. Apabila tindakan serupa kembali dilakukan pengguna akan di-banned selama tujuh hari, kemudian 30 hari dan terakhir di-banned selamanya alias permanen.

Aplikasi kencan Blume sekarang baru tersedia bagi pengguna iOS, unduh di sini atau akses dari perangkat anda masing-masing.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter