1. Entrepreneur

7 Aplikasi Laporan Keuangan Laba Rugi untuk Analisis Kesehatan Bisnis

Ingin menganalisis kesehatan bisnis Anda? Ini dia rekomendasi aplikasi laporan keuangan untuk menghitung laba rugi bisnis Anda

Pembukuan akuntansi dalam bisnis sangat penting untuk membantu dalam proses pencatatan transaksi jual beli, saldo, membaca data, dan segala transaksi bisnis lainnya, sehingga dapat dilihat kinerja bisnis yang nantinya dapat dilakukan evaluasi secara mendalam.

Salah satu hal penting yang perlu dianalisis dalam pembukuan, yaitu adanya laporan keuangan laba rugi. Hal ini untuk melihat kesehatan bisnis yang Anda jalani. Penting untuk mencatat detail pendapatan dan pengeluaran, sehingga terlihatan data keuangan bisnis Anda.

Tidak sedikit pemilik bisnis khususnya UMKM yang masih menggunakan sistem pencatatan secara manual dengan menggunakan kertas atau buku. Pencatatan secara manual ini rentan terhadap kesalahan dan kecurangan yang dapat mengakibatkan pengelolaan keuangan tidak maksimal.

Saat ini, dengan adanya perkembangan teknologi, Anda tidak perlu lagi khawatir. Anda dapat memaksimalkan kecanggihan teknologi ini dan menggunakannya untuk dapat membuat laporan keuangan secara praktis, cukup melalui situs web ataupun smartphone. Menariknya lagi, setiap aplikasi menawarkan fitur dan keunggulannya masing-masing, namun untuk dapat menikmati fitur lengkapnya Anda perlu mengeluarkan biaya berlangganan.

Terdapat berbagai macam fitur dari aplikasi akuntansi, di mana fitur utamanya adalah pembukuan, pencatatan penjualan dan pembelian, manajemen inventory, manajemen faktur, dan laporan keuangan bisnis.

Berikut rekomendasi aplikasi yang dapat menghitung laporan keuangan bisnis Anda, khususnya laporan laba rugi yang bisa Anda akses melalui situs web dan smartphone.

Aplikasi Laporan Keuangan

Paper.id

Aplikasi pertama yang akan kita bahas, yaitu Paper.id menyediakan fitur laporan akuntansi, pada laporan akunting terdapat 4 jenis laporan, yaitu neraca keuangan, neraca saldo, laporan laba rugi dan laporan buku besar. 

Laporan Laba Rugi dapat diakses oleh semua tipe user, baik itu paket Free maupun Paper+ (berlangganan), dari versi website ataupun aplikasi android Paper.id. Laporan laba rugi akan menyajikan informasi kepada pengguna perihal keuangan perusahaan mengenai keuntungan atau kerugian yang dihasilkan saat beroperasi dalam periode waktu tertentu (sesuai dengan pelaporan), selain itu laporan laba rugi dapat menjadi alat bantu untuk evaluasi kinerja perusahaan.

Mekari

Aplikasi laporan keuangan Mekari Jurnal menyediakan layanan dalam hal mencatat transaksi, mengelola anggaran, melacak stok barang, dan menganalisis performa keuangan dengan lebih baik. Mekari jurnal menyediakan laporan laba rugi, neraca, arus kas, dan lainnya dalam bentuk grafik dan angka yang jelas. 

Selain menyediakan laporan laba rugi, Mekari juga menyediakan fitur lain, yaitu pembuatan faktur, manajemen anggaran, manajemen stok barang, laporan keuangan, cash link, dan masih banyak lagi. Mekari Jurnal terdapat di Google Play Store, App Store, dan alat komputer apapun selama ada browser dan koneksi internet. Anda dapat trial selama 7 hari, lalu jika ingin menikmati fitur lengkapnya Anda harus berlangganan terlebih dahulu. 

Clodeo

Bagi Anda pemilik bisnis online, aplikasi ini mungkin cocok untuk Anda. Clodeo adalah aplikasi toko online yang diperuntukan untuk mengelola berbagai aktivitas bisnis yang dikhususkan bagi para penjual online. Clodeo dapat mengatur pesanan mulai dari barang dipesan oleh pelanggan sampai diterima, mencatat pembelian barang, mengelola produk, mencetak shipping label, cek biaya pengiriman dan nomor resi, hingga melihat laporan laba rugi online shop.

Clodeo dapat membuat laporan laba rugi secara otomatis, pencatatan sesuai dengan transaksi yang telah Anda lakukan pada aplikasi untuk membantu membuat laporan keuangan untuk bisnis online Anda.

Kledo

Kledo adalah software akuntansi online  dengan fitur yang cocok untuk semua jenis dan skala bisnis yang dapat digunakan oleh pelaku usaha dalam melakukan pencatatan keuangan secara praktis. Pada dasarnya, software akuntansi Kledo menawarkan banyak fitur yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas pencatatan keuangan, seperti budgeting, unlimited user, perhitungan PPn otomatis, laporan laba rugi, dan masih banyak lagi.

Seperti laporan arus kas, laporan laba rugi memberi Anda informasi terperinci mengenai pendapatan dan pengeluaran untuk bisnis Anda. Anda dapat mencoba menggunakan software akuntansi Kledo secara gratis selama 14 hari, setelahnya Anda harus berlangganan untuk dapat menikmati fitur-fiturnya. Kledo menyediakan template gratis laporan laba rugi yang dapat Anda unduh di sini.

Book Keeper Accounting

Aplikasi laporan keuangan laba rugi yang bisa Anda coba adalah Book Keeper dari Just App Pvt, Ltd. Aplikasi ini diperuntukan bagi pemilik bisnis kecil hingga menengah untuk memudahkan pengelolaan dan pembuatan laporan keuangan yang akurat dengan lebih mudah. Book Keeper mendukung perpajakan seperti GST, PPN, dan lain-lain. Anda juga dapat mengirim faktur, melacak pengeluaran dan tanda terima, mengelola inventaris, membuat berbagai laporan keuangan, dan masih banyak lagi. 

Terdapat fitur lainnya yang cukup lengkap, dimana Anda dapat melakukan analisis keuangan yang mendalam tentang bisnis Anda dengan laporan yang komprehensif. Fitur ini dapat melihat laporan laba rugi, neraca, arus kas, dan lainnya dengan mudah. Hal ini membantu Anda dalam menganalisis kinerja keuangan bisnis Anda secara mendalam. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis, namun untuk menikmati fitur lengkapnya Anda harus berlangganan terlebih dahulu.

QuickBooks

Aplikasi laporan keuangan laba rugi selanjutnya, yaitu QuickBooks dari Intuit Inc. QuickBooks menyediakan berbagai laporan keuangan yang dapat membantu Anda dalam memantau kesehatan keuangan bisnis. Anda dapat melihat laporan laba rugi, neraca, dan arus kas dengan mudah, serta menyesuaikan laporan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. 

Quickbooks ini merupakan software akuntansi online atau disebut 'perangkat lunak berbasis cloud'. Hal ini memungkinkan pengguna untuk membuat, menyimpan, dan mengirim faktur dari perangkat apapun. Cukup masuk di situs web dan langsung masuk ke akun online QuickBooks Anda. Quickbooks juga dapat diakses melalui Google Play Store, App Store, dan alat komputer apapun selama ada browser dan koneksi internet. Anda dapat trial gratis selama 30 hari, lalu melakukan berlangganan jika dirasa cocok.

FreshBooks

FreshBooks menyediakan beragam laporan keuangan yang membantu Anda dalam menganalisis kinerja bisnis Anda. Anda dapat melihat laporan laba rugi, neraca, laporan pajak, dan lainnya untuk mengambil keputusan yang lebih baik.

Software akuntansi FreshBooks memberi Anda akses instan untuk mengelola keuangan bisnis Anda. Cara kerjanya, Anda dapat melakukan pendaftaran akun FreshBooks, serta menambahkan detail bisnis Anda. Dari dashboard FreshBooks, Anda dapat menjelajahi fitur tagihan, menambahkan klien yang dapat ditagih, menjalankan laporan akuntansi, menemukan alat manajemen proyek, dan lainnya.

Jika Anda lebih suka mengelola bisnis dan menangani akuntansi Anda dari mana saja, Anda dapat mengunduh aplikasi seluler FreshBooks melalui Google Play Store, App Store, dan alat komputer apapun selama ada browser dan koneksi internet. Anda perlu berlangganan untuk dapat menikmati fitur lengkapnya.

Itulah beberapa aplikasi yang dapat Anda pilih untuk perhitungan laporan laba rugi bisnis. Adanya aplikasi maupun software akuntansi, laporan keuangan bisnis mampu diolah datanya dalam waktu singkat dan otomatis, sehingga perusahaan dapat menghemat waktu dan melakukan efisiensi biaya yang mendukung pengembangan bisnis.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again