1. DScovery

8 Rekomendasi Aplikasi Mind Mapping Gratis

Kini, mind mapping tidak hanya bisa dilakukan secara manual, tetapi juga dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi

Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan mind mapping, bukan? Umumnya, mind map berbentuk seperti sebuah peta atau skema yang berisi gambar, kata kunci, dan garis yang saling berkaitan dengan ide utamanya.

Mind mapping sangat berguna dalam membantu seseorang untuk berpikir lebih kreatif dalam menyelesaikan masalah. Selain itu, mind mapping juga dapat mempermudah seseorang untuk mempelajari sesuatu dengan lebih cepat dan efisien.

Kini tidak hanya dapat dibuat secara manual, tetapi juga secara digital menggunakan aplikasi. Nah, berikut beberapa rekomendasi aplikasi mind mapping yang akan berguna untukmu.

Manfaat Mind Mapping

Sebelum mengetahui beberapa rekomendasi aplikasi mind mapping, ada baiknya jika kamu memahami manfaat mind mapping terlebih dahulu.

Meningkatkan Daya Ingat

Mind mapping berisi gambar, kata kunci, dan garis yang saling terhubun satu sama lain. Hal itulah yang akan membantu kamu untuk mengingat secara lebih detail lagi. Pasalnya, mind mapping akan membuatmu belajar menggunakan otak kanan yang melibatkan imajinasi, visualisasi, dan kreativitas.

Memudahkan dalam Mempelajari Suatu Hal

Jika kamu mengalami kesulitan ketika mempelajari suatu hal, maka sebaiknya kamu mencoba mempelajarinya menggunakan mind mapping. Karena, mind mapping akan membantumu memahami gambaran besar dari hal tersebut dan mengaitkannya dengan berbagai kata kunci yang mudah dipahami.

Belajar dengan Lebih Menyenangkan

Tentunya, belajar dengan menggunakan mind mapping akan membuat kegiatan belajarmu menjadi semakin menyenangkan. Pasalnya, mind mapping melibatkan kreativitas dalam pembuatannya, sehingga kamu tidak akan jadi cepat bosan saat mempelajarinya.

Rekomendasi Aplikasi dalam Pembuatan Mind Mapping

Dengan kemajuan teknologi saat ini, kamu tidak perlu bersusah payah untuk menyiapkan alat dan bahan untuk membuat mind mapping. Sebab, ada banyak aplikasi yang mendukung proses pembuatan mind map.

Nah, berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi pembuatan mind map yang telah DailySocial.id rangkumkan untukmu.

1. Draw.io

©draw.io

Draw.io merupakan aplikasi pembuatan mind map yang dapat diakse secara gratis. Dengan aplikasi ini, kamu dapat membuat mind map dengan memilih bentuk, link, teks, gambar, hingga garis dan warna yang beragam sesuai keinginanmu. Aplikasi ini dapat digunakan di windows maupun android.

2. Coggle

©coggle.it

Aplikasi yang kedua adalah Coggle, di mana kamu juga dapat membuat mind map secara gratis. Kelebihannya, aplikasi ini menyediakan fitur untuk menambahkan gambar atau tautan file ke mind map yang telah kamu buat. Selain itu, kamu juga bisa berbagi mind map melalui kotak percakapan.

3. MindMeister

©mindmeister.com

MindMeister bisa dianggap sebagai aplikasi pembuatan mind map yang memiliki fitur paling lengkap. MindMeister memiliki fitur untuk menambahkan anggota ke dalam mind mapping, di mana setiap anggota dapat memberikan ide maupun komentar juga.

4. MindMup

©mindmup.com

Jika kamu mencari aplikasi mind mapping yang minimalis dan sederhana, maka MindMap akan cocok untukmu. Sebab, aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana dan mudah dipelajari. Selain itu, aplikasi ini dapat diakses tanpa harus login terlebih dahulu.

5. SimpleMind

©simplemind.eu

Selain MindMup, SimpleMind juga merupakan aplikasi mind mapping yang cocok bagi pemula karena tampilannya yang simpel. SimpleMind juga menwarkan beberapa layout yang dapat kamu aplikasikan ke mind map-mu.

6. Mindly

©mindlyapp.com

Mindly merupakan aplikasi mind mapping yang perlu diunduh di PC. Meski begitu, Mindly menawarkan beragam fitur yang menarik, seperti dapat menambahkan ikon, tulisan dan warna sesuai keinginanmu. Selain itu, Mindly juga menyediakan fitur otomatis untuk memperbesar tampilan pengguna yang ingin menambahkan sub-sub ide.

7. Novamind

©novamind

Novamind merupakan aplikasi mind mapping yang memiliki fitur yang dapat digunakan dengan mudah, karena disertai dengan tutorial interaktif untuk mengetahui konsep dasar dalam pembuatan mind mapping.

8. Canva

©canva.com

Aplikasi terakhir adalah Canva. Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini, bukan? Selain digunakan sebagai pembuatan desain, Canva ternyata bisa digunakan untuk membuat mind map, karena ada beragam template menarik yang tersedia di dalamnya.

Nah, itulah beberapa aplikasi mind mapping yang dapat kamu gunakan. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again