1. Entrepreneur

15 Aplikasi Pembuat CV atau Curriculum Vitae untuk Android

Pernahkah Anda bertanya mengapa membuat CV menjadi salah satu hal yang penting ketika ingin melamar sebuah pekerjaan? Bahkan muncul berbagai aplikasi pembuat CV untuk ponsel. Selain skill, Curriculum Vitae alias CV memang menjadi salah satu faktor awal yang bisa menentukan diterima atau tidaknya Anda.

CV sendiri berisi informasi pribadi serta gambaran rinci lainnya yang perlu disampaikan seperti pengalaman kerja, info akademis, dan lain-lain.

Sebelum berkembangnya internet dan teknologi, membuat CV menjadi hal yang cukup rumit untuk dilakukan. Terlebih lagi kita akan bersaing dengan ratusan CV atau bahkan ribuan CV dari pesaing lain, sehingga secara tidak langsung kita harus memiliki nilai tambahan agar CV kita dapat dilirik, salah satunya adalah dengan membuat nya terlihat menarik. Saat ini, CV dapat dibuat secara online menggunakan perangkat komputer atau mobile.

Semakin menarik sebuah CV, maka akan semakin besar juga peluang CV kita akan dilirik oleh perusahaan tersebut. Berikut 15 rekomendasi aplikasi pembuat CV di Android yang tentunya dapat membuat CV Anda terlihat menarik :

  1. Canva

Aplikasi ini sudah menjadi salah satu aplikasi yang dapat mempermudah kita dalam melakukan segala kegiatan yang berhubungan dengan bidang editorial. Kemudahan dalam menggunakan nya menjadi salah satu nilai plus yang dimiliki oleh aplikasi ini. Selain tersedia di laptop, aplikasi ini juga bisa anda gunakan melalui smartphone.

Seperti yang kita tahu,  Canva telah menyediakan ratusan jenis template yang dapat kita gunakan sesuai dengan keperluan kita salah satunya adalah template untuk membuat CV. Canva menyediakan banyak desain template CV kreatif dengan beragam tema sehingga akan membuat CV Anda terlihat lebih menarik. Dari yang sederhana, berwarna, sampai CV untuk urusan bisnis yang harus terlihat profesional.

  1. Easy Resume Builder

https://youtu.be/ZR8qVSGtVeY

Rekomendasi aplikasi ke-2 yang dapat anda coba adalah Easy Resume Builder. Aplikasi ini  mempunyai user interface yang sederhana dan mudah digunakan. Selain itu, Anda  bisa membuat beberapa CV dalam waktu yang bersamaan.

Kemudiah, fitur lain yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah fitur cek dan validasi. Kedua fitur tersebut akan membantu Anda untuk memasukkan informasi yang diperlukan, sehingga Anda tidak salah keitka memasukan informasi.

  1. CV Maker Resume Builder PDF

https://youtu.be/Ss1qaZFT8Iw

CV Maker Resume Builder PDF merupakan aplikasi pembuat CV selanjutnya yang dapat Anda gunakan. CV Maker merupakan aplikasi pembuat CV dari Resume Builder CV Maker yang memungkinkan Anda untuk dapat membuat berbagai macam CV dan juga Resume sesuai dengan kebutuhan dan kriteria yang Anda inginkan. Sama hal nya seperti Canva, aplikasi ini juga mempunyai berbagai macam template yang bisa Anda coba.

  1. Resume Builder App Free CV maker CV templates 2021

Aplikasi selanjutnya yang dapat Anda coba adalah CV Maker Lamaran Kerja PDF yang dikembangkan oleh developer Intelligent CV. Aplikasi ini dapat membantu membuat CV Anda agar tampak terlihat seperti CV profesional hanya dalam waktu hitungan menit.

Lebih dari 50 template resume tersedia dan setiap template Resume & template CV tersedia dalam 15 warna pada aplikasi ini. Kemudian, aplikasi ini juga memiliki tips dari ahli resume mereka yang akan membantu Anda tentang bagaimana menulis resume terbaik untuk tren di tahun 2021 ini.

  1. CV maker app for Job - Profesional resume builder

CV maker app for Job akan memberi Anda kesempatan untuk dapat membuat CV dengan cara yang mudah dan praktis. Dilengkapi dengan berbagai format dan template resume yang gratis, Anda hanya perlu memasukan foto dan mengisi informasi tentang data diri secara lengkap.

Anda juga dapat memperbarui informasi Anda dari waktu ke waktu menggunakan aplikasi gratis pembuat CV PDF ini. Selain itu, Anda juga dapat membagikan CV yang telah Anda buat di media sosial untuk mempermudah Anda dalam mencari pekerjaan.

  1. CV Maker Resume Builder

Dengan lebih dari 50+ template resume berwarna-warni, Anda dapat membuat CV yang menarik dengan mode offline menggunakan aplikasi ini. Selain itu, anda tidak perlu menulis ulang seluruh CV Anda, jika ingin mengganti template di aplikasi ini.

Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk mahasiswa baru atau kandidat yang belum berpengalaman. Anda tidak perlu khawatir jika bingung saat menyimpan filenya, karena di aplikasi ini seluruh resume akan disimpan dalam format PDF. Aplikasi ini sangat mudah digunakan untuk mengedit, memodifikasi, dan membagikan CV dengan mudah.

  1. Professional Resume Builder - CV Resume Templates

Proffesional Resume Builder dapat membantu Anda untuk membuat CV dalam hitungan menit. Menyediakan berbagai macam template gratis yang dapat Anda gunakan, akan mempermudah Anda dalam  membuat CV yang menarik sehingga akan telihat seperti CV seorang profesional.

Anda juga dapat mengunduh atau mencetak CV yang telah Anda buat dengan mudah dan dapat langsung menguploadnya ke akun media sosial milik Anda.

  1. Resume

Bagi Anda yang tidak terlalu tertarik di dunia editing sehingga kurang memiliki skill dalam hal desain, maka aplikasi ini cocok untuk Anda gunakan karena memiliki interface yang mudah dipahami. Sehingga, orang tanpa keahlian desain pun bisa menggunakannya. Aplikasi Resume merupakan aplikasi pembuat CV buatan developer PathSource.

Resume menyediakan evaluasi CV dari profesional yang dapat membantu Anda untuk meminimalisir kesalahan ketik, inkonsistensi, dan masalah lain yang dapat membuat CV Anda jadi terlihat tidak menarik.

Selain itu, Resume juga menyediakan kiat dan panduan yang dapat membantu Anda untuk membuat CV Anda menjadi lebih menarik. Singkatnya, aplikasi ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang baru pertama kali ingin membuat CV.

  1. Resume Star

Rekomendasi aplikasi pembuat CV selanjutnya yang patut Anda coba juga adalah Resume Star. Aplikasi ini menyediakan beberapa contoh CV dari draft profesional yang bisa Anda jadikan sumber inspirasi dalam membuat CV.

Selain itu, Anda juga bisa mengekspor CV yang telah Anda buat ke layanan penyimpanan awan seperti Dropbox. Format file CV di Resume Star sendiri adalah PDF dan Anda pun bisa langsung membagikan CV Anda melalui email.

Menariknya lagi, aplikasi ini juga menyediakan fitur spell check untuk menghindari kesalahan mengetik di hasil CV yang telah Anda buat.

  1. CV & Resume Creator

CV & Resume Creator menyediakan lebih dari 100 template, fonts, dan icons yang bisa Anda gunakan secara gratis ketika sedang membuat CV. Untuk mengubah ukuran, mengubah font, mengubah warna, menyelaraskan, urutan layer dan hal lainnya yang berhubungan dengan proses pengeditan, dapat Anda gunakan dengan mudah melalui aplikasi satu ini.

Selain itu, apabila banyak aplikasi serupa yang membatasi jumlah penggunaan ikon ataupun fonts, pada aplikasi ini Anda dapat menggunakan ikon ataupun fonts yang sesuai dengan keinginan secara gratis tanpa perlu merasa khawatir dengan lisensi.

  1. Free Resume Maker

Sama halnya dengan aplikasi Resume, Free Resume juga memberikan panduan mengenai cara pembuatan CV, sehingga Anda tidak akan merasa bingung ketika menggunakannya. Menyediakan lebih dari 50 template resume gratis, aplikasi ini menyediakan format sederhana hingga format resume modern yang penuh gaya dan penuh warna.

  1. Resumaker

Berbeda dengan semua aplikasi pembuat CV lainnya, semua fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Resumaker seperti 75 pilihan template CV terbaik dapat Anda nikmati secara cuma-cuma alias gratis dan hanya membutuhkan koneksi internet saja.

Kemudian, semua template CV yang tersedia pada aplikasi ini juga ditulis oleh ahli resume konsultan rekrutmen profesional, sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir ataupun ragu untuk menggunakan aplikasi ini.

Resume Profesional sangat penting bagi setiap pencari kerja. Terdapat banyak aplikasi pembuat resume online tetapi mengenakan biaya lebih, namun aplikasi ini menyediakannya secara gratis sehingga cocok bagi Anda yang ingin membuat CV menarik tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

  1. Visual CV Resume Builder

Selain dapat digunakan untuk membuat CV, aplikasi ini juga dapat membantu Anda untuk membuat resume PDF, portofolio online, serta surat lamaran untuk lamaran kerja yang menarik. Beragam template portofolio maupun CV dapat Anda temukan pada aplikasi ini.

Selain itu, bagi Anda yang sudah memiliki akun LinkedIn, Anda juga bisa langsung import profil LinkedIn milik Anda ke aplikasi ini dan mengubahnya menjadi file CV dalam format PDF.

  1. CV Engineer: Free Resume Builder App, PDF CV Maker

Di urutan ke-14 aplikasi pembuat CV yang bisa Anda coba di smartphone adalah CV Engineer. Sama seperti beberapa aplikasi pembuat CV yang telah disebutkan sebelumnya, di CV Engineer Anda akan mendapat panduang tentang bagaimana atau bagian-bagian apa saja yang harus ada dalam sebuah CV, sehingga Anda tidak perlu merasa bingung tentang apa yang harus ada pada CV anda.

Kemudian, fitur lain yang ditawarkan oleh aplikasi ini yang cukup berbeda dengan aplikasi lain serupa adalahh CV Enginer menyediakan fitur pertanyaan wawancara serta contoh jawaban yang dapat menjadi bekal untuk anda ketika ingin melakukan wawancara.

15. Resume Builder App – Free CV Maker & PDF Templates

Aplikasi pembuat CV terakhir yang harus Anda coba melalui smartphone adalah Resume Buider App by algoX. Bukan suatu hal yang mengherankan jika ada iklan ketika sedang menggunakan sebuah aplikasi. Namun, di aplikasi satu ini, Anda tidak perlu merasa terganggu karena tidak ada iklan yang akan Anda lihat pada aplikasi ini.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan sinkronisasi semua data Anda ke cloud dengan masuk ke aplikasi dan tanpa perlu mengisi data baru lagi, cukup perbarui data kapan pun Anda berencana untuk mengubahnya dan menghasilkan CV yang baru lagi hanya dalam satu klik.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again