1. DScovery

7 Aplikasi Pembuat Mind Mapping Untuk Membantuk Belajar, Gratis!

Mind map diyakini meningkatkan kualitas belajar dan menumbuhkan kreatifitas

Mind mapping atau pemetaan pikiran adalah suatu metode brainstorming dan penjabaran ide-ide kreatif tentang sesuatu. Konsep ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1974 oleh seorang ahli bernama Tony Buzzer.

Selain fakta bahwa mind map yang disajikan secara grafis memudahkan untuk memahami informasi, dapat meningkatkan kreativitas dan mendukung proses berpikir otak secara optimal.

Awalnya, mind map dibuat oleh masyarakat menggunakan kertas dan kombinasi krayon, pensil warna, atau spidol. Namun, dengan kemajuan teknologi, kini kamu dapat membuat peta konsep yang menarik dengan satu aplikasi.

Nah berikut adalah 7 rekomendasi aplikasi mind mapping gratis yang bagus untuk tugas sekolah!

Canva

Aplikasi yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu yang berkecimpung di dunia desain. Namun, Canva tidak hanya berguna untuk membuat poster dan presentasi, lho!

Dengan aplikasi ini kamu dapat membuat peta pikiran atau peta konsep yang menarik menggunakan berbagai template yang tersedia. Sangat mudah digunakan, cukup masukkan istilah pencarian "Mind Map" dan tunggu sebentar. Setelah itu, Canva akan menyajikan sekumpulan template relevan yang dapat di-refactoring sesuka hati.

SimpleMind

Rekomendasi selanjutnya untuk para pembuat peta pikiran adalah aplikasi SimpleMind. Platform ini memungkinkan kamu membuat peta konsep secara gratis hanya dengan menggunakan ponsel cerdasmu.

Selain mudah digunakan, SimpleMind tidak menampilkan iklan dalam versi gratis, sehingga kamu bisa leluasa mengekspresikan ide kreatif dengan peta pikiran. Untuk menggunakan aplikasi SimpleMind, kamu harus mengunduhnya dari Play Store atau mengunjungi SimpleMind.eu (hanya layanan berbayar).

Coggle

Pembuat mind map berikutnya yaitu Coggle. Program ini sangat direkomendasikan terutama untuk pemula dan yang menyukai desain minimalis. Dengan platform ini, kamu dapat membuat mind map dengan konsep flowchart atau bagan alir.

Kamu dapat mengunduh aplikasi Coggle dari Play Store atau menggunakannya secara online di situs web Coggle.it. Kemudian, daftarkan dengan alamat email pribadi dan nikmati layanan yang beragam.

Meskipun gratis untuk digunakan, kamu tetap dapat menikmati banyak fitur menarik seperti  membuat tema mind map tanpa batas, menambahkan tautan, menambahkan gambar, dan mengunggah dokumen yang kamu buat dalam format TXT, PDF, dan JPEG.

MindMup

MindMup adalah aplikasi yang dapat kamu percayai saat kamu diberikan tugas mind map digital. Selain mudah digunakan, kamu tidak perlu menjadi member untuk menggunakan MindMup.

Tidak hanya itu, sementara program lain memberlakukan batasan pada versi gratisnya, MindMup memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk membuat sejumlah peta konsep. Namun, dokumen tersebut memiliki tanggal kedaluwarsa dan akan hilang setelah 6 bulan.

Untuk menggunakannya, kamu harus mengunjungi MindMup.com lalu pilih menu “Make a free map”. Kemudian, kamu dapat mulai membuat menggunakan template yang tersedia.

Ayoa

Ayoa adalah mesin mind map gaya modern yang dilengkapi dengan berbagai pola dan elemen yang menarik. Program ini memiliki beberapa menu yang bisa dipilih yaitu Mind Map, Radial View, Whiteboard, Organic Maps dan masih banyak lagi.

Sebelum menggunakan Ayoa, kamu harus mendaftar dengan alamat email pribadi. Setelah itu, konfirmasi dan login melalui Ayoa.com. Program ini tersedia dalam dua versi yaitu gratis dan berbayar.

Dalam versi gratisnya Ayoa dapat membuat 5 template papan dengan maksimal 500 item di setiap papan. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan fitur kolaborasi dan papan tulis secara real-time. Untuk penggunaan tak terbatas, kamu dapat mendaftar $10 per bulan.

MindMeister

Aplikasi mind map yang direkomendasikan berikutnya adalah MindMeister. Secara grafis, program ini dikenal cukup mengesankan dan memiliki banyak template untuk berbagai keperluan.

Selain itu, kamu dapat berbagi ide dengan menambahkan anggota ke mind map yang kamu buat. Kamu kemudian dapat memberikan komentar, kritik dan saran tentang pekerjaanmu.

Kemudahan penggunaan dan fitur-fitur hebat MindMeister pasti akan membuat siapa pun tertarik untuk menggunakannya. Tidak mengherankan jika sejauh ini lebih dari 13 juta pengguna telah menggunakan MindMeister untuk pendidikan, kantor, brainstorming, dan kreasi kreatif lainnya.

Kamu dapat mengunduh aplikasi MindMeister dari Playstore atau MindMister.com.

Mindomo

Rekomendasi terakhir untuk para pembuat mind map adalah Mindomo. Aplikasi ini menawarkan berbagai template yang dapat kamu gunakan secara gratis. Secara keseluruhan, Mindomo dikenal ramah, terutama untuk pengguna ponsel Android.

Untuk menggunakan layanan Mindomo, kamu dapat mengunduhnya langsung dari Playstore atau menggunakannya secara online melalui Mindomo.com.

itulah beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan. ada yang pernah kamu pakai atau tertarik untuk kamu coba ?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again