1. Entrepreneur

Kesulitan Mengatur Catatan Utang Piutang? Rekomendasi Aplikasi Pencatat Piutang ini Bisa Jadi Solusi

Aplikasi Pencatat Piutang, Solusi Praktis Bagi Anda Mencatat Piutang!

Utang piutang merupakan kegiatan yang banyak dilakukan baik untuk urusan pribadi maupun bisnis. Namun, masih banyak orang yang mengandalkan pencatatan manual atau bahkan lebih memilih untuk tidak mencatat utang dan hanya mengandalkan ingatan kepala saja.

Padahal, dengan banyaknya aktivitas sebagai manusia, bisa saja kita lupa akan hal itu. Bahkan pencatatan secara manual pun memiliki kelemahan berupa adanya potensi catatan hilang atau rusak.

Ditengah pesatnya era digitalisasi, kini banyak hadir berbagai aplikasi digital yang berfokus untuk membantu Anda mengelola pencatatan piutang. Anda dapat beralih dari pencatatan piutang manual ke digital melalui aplikasi yang akan membuat pekerjaan Anda lebih efisien. Simak rekomendasi 5 aplikasi pencatat piutang dibawah ini.

5 Rekomendasi Aplikasi Pencatat Piutang yang bisa Anda Gunakan!

BukuWarung

BukuWarung merupakan aplikasi yang dirancang khusus dengan tujuan untuk membantu UMKM dalam melakukan pembukuan atau pengelolaan finansial bisnisnya secara digital. Ada banyak fitur yang bisa dimanfaatkan, diantaranya fitur pencatatan utang dan piutang, pencatatan pemasukan dan pengeluaran, dan sajian laporan keuangan baik harian, mingguan, maupun bulanan.

Dengan fitur pencatatan utang dan piutang, Anda bisa mencatat segala jenis utang, baik catatan pelanggan yang membeli kepada Anda dengan cara utang maupun catatan utang usaha Anda terhadap pihak lain terkait dengan bisnis. Anda bisa mengatur BukuWarung untuk mengirimkan notifikasi tagihan otomatis kepada pelanggan yang namanya Anda tambahkan dalam catatan utang. Notifikasi secara otomatis akan dikirim kepada pelanggan melalui SMS atau WhatsApp sesuai dengan jadwal yang Anda tetapkan.

LunasBos

LunasBos merupakan salah satu pilihan aplikasi untuk mengatur permasalahan utang piutang. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan Anda dalam melakukan pencatatan utang dan melakukan penagihan secara otomatis sesuai penjadwalan kepada peminjam.

Jika Anda adalah tipe orang yang pelupa atau tidak enak hati untuk menagih utang, maka LunasBos menjadi pilihan yang tepat karena aplikasi ini memiliki fitur pencatatan utang dua arah dan akan mengirimkan notifikasi jatuh tempo. Melalui LunasBos, utang akan secara otomatis tercatat di kedua belah pihak sebagai bentuk transparansi sehingga tidak perlu khawatir adanya perselisihan akibat ketidakjelasan nominal utang. Dengan begitu, pengelolaan sisa nominal utang piutang menjadi lebih mudah.

Akun.biz Online Cash Book

Akun.biz merupakan aplikasi untuk mengelola buku kas kecil atau keuangan secara online yang dapat digunakan secara pribadi, organisasi, maupun bisnis. Aplikasi ini dapat diakses dengan mudah melalui browser atau aplikasi.

Sistem berbasis cloud yang dimiliki Akun.biz akan memudahkan owner dan pegawainya untuk berbagi data secara online dan real time dimanapun dan kapanpun. Aplikasi ini dilengkapi berbagai fitur pengelolaan keuangan seperti pencatatan pengeluaran, pemasukan, utang piutang, invoice, riwayat saldo, dan laporan (harian/bulanan/tahunan).

Dengan fitur buku utang piutang dalam Akun.biz, Anda dapat mencatat seluruh jumlah utang piutang sehingga Anda dapat melacak penambahan atau pengurangan utang piutang tersebut beserta dengan bunga.

BukuKas

BukuKas merupakan aplikasi pembukuan gratis yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengelolaan pembukuan bisnis Anda. Fitur multibooknya memungkinkan Anda untuk mencatat pembukuan lebih dari satu toko hanya dengan satu akun saja.

Salah satu fitur lain yang dihadirkan adalah fitur pencatatan utang piutang dan jatuh tempo. Fitur tersebut bisa Anda gunakan untuk mengatur pesan otomatis sebagai pengingat piutang apabila sudah memasuki tanggal jatuh tempo. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan nomor yang akan membantu Anda untuk mengirim pengingat tagihan secara otomatis kepada debitur melalui WhatsApp atau media sosial lainnya.

Kasvlo

Salah satu aplikasi yang diluncurkan oleh Unzyp software ini memiliki fitur pencatatan utang piutang untuk bisnis Anda. Tidak hanya itu, Kasvlo juga memiliki fitur lain berupa penagihan otomatis via WhatsApp sesuai tanggal jatuh tempo yang ditetapkan. Anda dapat mengakses Kasvlo melalui browser maupun aplikasi. Bagi Anda pengguna baru, Anda dapat memanfaatkan fitur trial gratis untuk 30 hari pertama.

Aplikasi pencatat piutang online biasanya menyajikan berbagai fitur, tidak hanya pencatatan utang piutang, tetapi juga fitur pembukuan, laporan pemasukan dan pengeluaran, penagihan otomatis ketika jatuh tempo, serta laporan yang bisa digunakan untuk data. Dengan begitu, segala aktivitas terkait pembukuan finansial akan menjadi lebih mudah dan tertata.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again