1. Startup

Axiata Group dan Atilze Digital Bermitra untuk Dapatkan Peluang IoT Asia Tenggara

Salah satu negara yang dianggap berpotensi adalah Indonesia

Axiata Group dan Yen Global (dalam hal ini anak perusahaannya Atilze Digital) telah menjalin kesepakatan kemitraan dalam mencari peluang Internet of Things (IoT) di Asia Tenggara, dengan negara awal yang bakal mengadopsi adalah Indonesia, Thailand, dan Malaysia. Kerja sama ini rencananya akan fokus pada solusi connected car dan komersialisasi penyebaran jaringan LoRa. Kesepakatan yang ditandatangani Jumat minggu lalu ini berdurasi 12 bulan.

Untuk informasi LoRa atau Long Range adalah sebuah teknologi Low-Power Wide Area Network (LPWAN) yang memberikan solusi konektivitas dengan biaya rendah namun memiliki cakupan yang luas dan konsumsi energi yang rendah. Teknologi ini juga dikabarkan telah didukung beberapa perusahaan teknologi global.

CEO Atilze Gerard Lim mengungkapkan bahwa ada peluang yang cukup besar untuk segmen aplikasi dan layanan IoT di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Itulah mengapa pada akhirnya Atilze memutuskan untuk bekerja sama dengan Axiata.

“Kami sudah mulai memperkenalkan solusi IoT ke pasar melalui Axiata dan operasi perusahaan seperti afiliasi dan hasil awal sudah sangat menggembirakan,” ujar Gerard.

Sementara itu, pihak Axiata melalui Chief Strategy Officer Axiata Dominic Arena mengungkapkan bahwa sebagai bentuk transformasi Axiata menuju era perusahaan digital, Axiata berusaha menjadi pimpinan revolusi digital dengan merangkul pejuang pertumbuhan baru pada ekonomi digital.

“IoT adalah satu pilar utama dari strategi kami ‘Axiata 3.0’ dan dengan sektor layanan digital yang muncul diperkirakan mencapai $30 miliar di tahun 2020 [...]. Kami melihat sektor IoT tumbuh per selama dua sampai lima tahun ke depan dengan potensi ekonomi terbesar berada di segmen B2B dan B2B2C, melalui pemberdayaan perusahaan dan pemerintah untuk digitalisasi operasi mereka sendiri dan juga menyediakan inovasi, integrasi konektivitas, dan solusi berbasis analisis untuk pelanggan dan masyarakat,” ungkap Dominic.

Di Indonesia sendiri IoT masih menjadi topik yang dibahas banyak pihak. Beberapa daerah, seperti Bandung dan Jakarta, bahkan sudah mulai menjajaki teknologi IoT untuk keperluan Smart City.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again