Categories

Interview

Bukan ke Indonesia, BlackBerry Messenger Pindah Infrastruktur Server ke Layanan Cloud

Juga berencana mengembangkan chatbot di layanannya tahun depan

Prayogo Ryza - 21 December 2016

Beberapa waktu lalu BlackBerry Messenger (BBM) dikabarkan akan memindahkan server-nya ke Indonesia. Setelah dikonfirmasi ke pihak KMK Online sebagai mitra lokalnya, ternyata pemindahan tersebut bukan memindahkan infrastruktur server BBM ke Indonesia melainkan memindahkan server BBM ke layanan cloud. Hal ini dikonfirmasi oleh VP of Product Development KMK Online Hadikusuma Wahab (Dhiku).

“Kita memang ada rencana untuk pindah dari server Blackberry ke cloud. Tujuannya supaya kita lebih independen dan bisa growth lebih cepat dgn banyaknya pengembangan produk ke depan. Saya bisa forward ke CTO KMK untuk bahas lebih jauh soal rencana migrasi infrastruktur ini. Sejauh ini kita sudah lakukan POC dengan beberapa cloud provider dan tahun depan kita akan mulai prosesnya,” terang Dhiku kepada Dailysocial.

Dhiku juga menjelaskan bahwa saat ini merek masih mencari cloud provider yang terpercaya di industri untuk menampung transaksi BBM.  Selain itu kemitraan KMK Online dengan BBM yang berlangsung jangka panjang nantinya akan mentransformasi BBM ke arah e-commerce dan social (media sosial) seiring dengan masuknya BBM Discovery yang berisi berita, game, travel, dan juga shopping.

“Kerja sama jangka panjang adalah bagaimana Emtek bisa membantu BBM untuk bisa go beyondchat ke arah commerce dan social. Sekarang kita ada BBM Discover utk beberapa layanan seperti  news, video, games, travel, voucher, shop. Dan pengembangan discover ini bukan hanya terjadi di Indonesia saja tapi juga di region lainnya,” terang Dhiku.

Setelah kerja sama dengan Bukalapak dengan BBM Shopping dan BBM Travel dengan Reservasi.com, BBM berencana untuk melakukan improvement untuk memberikan pengalaman yang lebih baik ke pengguna mereka, termasuk juga chatbot.

“Untuk rencana ke depan kita akan terus melakukan improvement untuk membuat chat experience lebih baik baik UI/UX dan fitur-fitur yang sudah ada seperti privacy control, user timeline (feeds), dan voice/video call. Lalu kita juga akan bekerja sama dengan lebih banyak partner lokal dan global untuk menambah layanan-layanan baru di BBM Discover dan juga menyediakan Chat API untuk memberikan user interaction yang lebih interaktif misalnya dengan chatbot atau chat langsung layanan yang ada di BBM,” tuntasnya.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter