1. DScovery

Biografi Singkat Bill Gates, Keberhasilan Pendiri Microsoft

Bill Gates yang sangat menyukai dunia komputer dan pantang menyerah untuk mencapai cita-citanya meski sempat ditentang orang tuanya

Hampir segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia teknologi tidak terlepas dari penggunaan komputer dan laptop. Salah satu software yang digunakan pada komputer dan laptop adalah Microsoft.

Beberapa komputer dan laptop menggunakan perangkat lunak Microsoft. Salah satu pembuat software Microsoft adalah Bill Gates. Ketika mendengar nama Bill Gates, kebanyakan orang sudah tahu bahwa ia sukses dengan software yang ia buat, yaitu Microsoft.

Penasaran dengan biografi Bill Gates dan kesuksesannya dalam membangun Microsoft, simak ulasan biografi Bill Gates di bawah ini.

Mengenal Sosok Bill Gates

Nama lengkap Bill Gates adalah William Henry Gates III dan lahir pada 28 Oktober 1955 di Seattle, Washington. Bill Gates dapat dikatakan berasal dari keluarga kaya karena ia memiliki orang tua, William Henry Gates dan Mari Maxwell.

Bill Gates, anak kedua dari tiga bersaudara, sangat cerdas sehingga dia kesulitan ketika di sekolah karena dia lebih bersemangat untuk belajar daripada teman-temannya. Jenius dalam pikiran Bill Gates membuatnya cerdas dan akademis.

Ketika orang tua Bill Gates mengetahui bahwa putra mereka memiliki otak yang luar biasa, mereka mengirim Bill Gates ke sekolah anak laki-laki bergengsi di Seattle. Sekolah itu bernama Lakeside School. Sekolah ini terletak di pantai barat Amerika.

Pada usia 11 tahun, Bill Gates, yang awalnya menyukai kelas komputer, mulai beralih ke mata pelajaran favoritnya, kelas komputer, ketika ia memasuki sekolah ini. Dia sangat menyukai dunia komputer sehingga orang tuanya khawatir Bill Gates tidak akan bisa berkonsentrasi saat belajar.

Setelah khawatir, orang tuanya menghentikan aktivitas komputer Bill Gates selama setahun. Hal ini agar Bill Gates dapat fokus pada kegiatan belajarnya.

Bill Gates jatuh cinta dengan dunia komputer saat bersekolah di Lakeside School. Pada saat itu, dunia komputer pilihan Bill Gates adalah teletypewriter yang terhubung melalui telepon ke komputer timeshare.

Bill Gates menyukai dunia komputer karena bagaimana komputer itu sendiri dapat membaca kode perangkat lunak dengan sempurna.

Ketika Bill Gates bersekolah di Lakeside School, dia merasa bahwa kecintaannya pada komputer telah berkembang dengan baik sehingga dia diperlengkapi dengan baik untuk menjawab segala keingintahuan tentang dunia komputer.

Tidak hanya itu, Bill Gates juga diberikan kebebasan untuk bermain dengan komputer di sekolah karena ia dapat menemukan bug dan kesalahan perangkat lunak yang muncul pada baris kode.

Bakat dan kecintaan Bill Gates terhadap komputer membuatnya mudah untuk belajar dan menciptakan bahasa pemrograman BASIC. Bill Gates dan kawan-kawan sering menghabiskan waktu berjam-jam di lab komputer hanya untuk belajar dan menulis bahasa pemrograman dan segala hal yang berhubungan dengan dunia komputer.

Kecintaan Bill Gates pada komputer membantunya mendapatkan uang saku saat di sekolah. Dia dan teman-temannya menghasilkan uang saku tambahan dengan menjadi peretas atau peretas muda di Lakeside.

Kesuksesan Membangun Microsoft

Awalnya, nama Microsoft adalah Microsoft, memisahkan kata-kata Micro dan Soft. Nama tersebut berasal dari kolaborasi Bill Gates dan Paul Allen dengan MITS. Pada tahun 1976, nama Microsoft diubah menjadi Microsoft, pada tahun yang sama nama dagang terdaftar di Departemen Luar Negeri New Mexico.

Kemitraan dengan MITS berakhir pada tahun 1976, dan perangkat lunak Microsoft terus dikembangkan. Perangkat lunak yang dikembangkan oleh Bill Gates dan Paul Allen tidak hanya untuk komputer, tetapi untuk berbagai macam sistem.

Setelah Bill Gates berpisah dari MITS, Bill Gates memindahkan kantor pusat Microsoft dari Albuquerque ke Bellevue, Washington. Ketika Bill Gates pertama kali mendirikan perusahaan, dia sangat memperhatikan pengawasan karyawannya, dan dia merasa bahwa mereka memiliki tanggung jawab yang besar untuk kemajuan bisnis perusahaan.

Meski sudah memiliki karyawan, Bill Gates masih mengkaji atau mengecek ulang setiap baris kode yang dikirimkan perusahaan. Tidak hanya itu, Bill Gates juga akan membalas jika ada yang tidak beres di suatu tempat dalam kode.

Bill Gates dan Microsoft menjadi semakin sukses ketika IBM merilis komputer yang menjalankan sistem operasi MS-DOS. Komputer yang menggunakan sistem operasi MS-DOS sangat diminati di pasar komputer pribadi. Hal ini memungkinkan IBM untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan komputer ini.

Semua komputer pribadi merek IBM harus menggunakan MS-DOS sebagai sistem operasinya. Meningkatnya penjualan komputer pribadi IBM di pasar komputer pribadi membuat nama Microsoft semakin dikenal. Hal ini karena IBM menggunakan sistem operasi Microsoft, MS-DOS.

Berkat keberhasilan penjualan komputer ini, nama Microsoft secara bertahap dikenal di seluruh dunia. Dengan kata lain, nama besar IBM dalam perlombaan PC merupakan faktor kunci dalam meluncurkan ketenaran sistem operasi PC Microsoft.

MS-DOS yang dimiliki oleh Microsoft, semakin mendapat pengakuan di mata dunia, khususnya di ranah sistem operasi komputer. Nama MS-DOS menjadi lebih populer, meski sayangnya IBM tidak mendapatkan banyak manfaat darinya.

Keberhasilan penjualan komputer pribadi IBM dengan MS-DOS berdampak positif pada perusahaan perangkat lunak Microsoft.

Para pembuat PC berlomba-lomba untuk mendapatkan MS-DOS dari Microsoft. Hal ini semakin memperjelas bahwa Bill Gates dan Paul Allen berhasil membangun Microsoft.

Bill Gates yang sangat menyukai dunia komputer dan pantang menyerah untuk mencapai cita-citanya, orang tuanya melarangnya untuk belajar ilmu komputer, khususnya sistem operasi komputer, sejak kecil ia menemukan kesuksesan di perusahaan Microsoft miliknya.

Bill Gates adalah orang bisnis dan teknologi yang sukses. Sistem operasi komputer khususnya dapat dijadikan inspirasi bagi banyak orang, terutama para pemula yang ingin membangun bisnis yang sukses. Ada banyak yang bisa dipelajari dari kehidupan Bill Gates. Tetapi hal terpenting untuk dipelajari dari pengalaman Bill Gates adalah selalu percaya pada kemampuan kamu sendiri.

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again