Categories

Gadget

Bose Luncurkan Sleepbuds II, Mirip TWS tapi Khusus untuk Menjadi Teman Tidur

Hadirkan sederet pembaruan dibanding versi pertamanya yang dirilis tiga tahun silam

Glenn Kaonang - 24 September 2020

Sekitar tiga tahun lalu, Bose memperkenalkan sebuah perangkat unik bernama Sleepbuds. Wujudnya sangat mirip seperti TWS, akan tetapi Sleepbuds tidak bisa memutar musik sama sekali. Fungsinya cuma sebatas memutar suara-suara yang menenangkan supaya penggunanya bisa tidur lebih nyenyak.

Sayangnya pada bulan Oktober 2019, Bose memutuskan untuk menyetop produksi dan penjualan Sleepbuds dikarenakan kendala teknis pada baterainya. Banyak konsumen mengeluhkan daya tahan baterai yang tidak konsisten atau perangkat yang bisa tiba-tiba mati sendiri. Beberapa bahkan melaporkan perangkatnya tidak bisa di-charge hingga penuh.

Namun Bose rupanya belum mau menyerah dengan kategori produk ini. Belum lama ini, mereka memperkenalkan Sleepbuds II yang membawa sejumlah pembaruan, terutama di sektor baterai. Modul yang digunakan kini merupakan baterai jenis NiMH, yang diperkirakan bisa bertahan sampai 10 jam pemakaian. Charging case-nya sendiri mengemas daya yang cukup untuk mengisi ulang Sleepbuds II sampai tiga kali (30 jam).

Selain memperbaiki baterainya, Bose juga sudah merevisi desainnya. Dengan bobot cuma 2,3 gram, Sleepbuds II bahkan lebih enteng lagi dari pendahulunya. Bose tidak lupa menyematkan eartip berdesain baru, dan tebal masing-masing unit tercatat cuma 12,7 mm; kombinasi ini membuatnya sangat nyaman dipakai dalam jangka waktu yang lama, serta tidak akan terasa sakit jika dipakai selagi tidur miring.

Detail-detail kecil seperti lapisan “anti-friction” juga menjadi fitur unggulan Sleepbuds II supaya perangkat tidak menimbulkan suara saat tergesek-gesek sarung bantal. Secara keseluruhan, perangkat tahan air dengan sertifikasi IPX4. Antena yang tertanam juga sudah diperbarui agar koneksinya ke smartphone bisa lebih stabil.

Seperti sebelumnya, Sleepbuds II bekerja dengan mengganti suara di sekitar yang mengganggu dengan suara yang menenangkan pada frekuensi yang sama – noise masking, bukan noise cancelling. Total ada 35 track yang bisa diputar, dari yang tergolong white noise generik, sampai musik instrumental yang menenteramkan hati.

Semua track ini tersimpan di dalam Sleepbuds II itu sendiri, dan pengguna dapat memilihnya secara manual melalui aplikasi pendampingnya di smartphone. Satu hal yang perlu dicatat, meski Sleepbuds II mengemas konektivitas Bluetooth 5.0, ia tetap tidak bisa dipakai untuk memutar musik dari Spotify dan lainnya.

Itulah mengapa banderol $250 yang dipatok bakal terkesan terlalu mahal untuk sebagian besar konsumen. Namun buat mereka yang memang sering sulit tidur, mungkin perangkat yang sudah teruji secara klinis seperti Bose Sleepbuds II ini bisa membantu.

Sumber: Gizmodo dan The Verge.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter