1. DScovery

Business Development: Pengertian, Peran, Unsur-unsur, dan Tugasnya

Kita mungkin sering menjumpai banyaknya lowongan Business Development. Tapi apakah kamu sudah tahu posisi ini? Jika belum, yuk simak penjelasannya!

Apakah kamu memiliki skill berkomunikasi yang baik? Apakah kamu tertarik dengan dunia bisnis? Apakah kamu juga senang bertemu orang baru? Mungkin Business Development (BD) adalah pekerjaan yang tepat untuk mu. Apa sebenarnya business development itu? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini. 

Pengertian Business Development

Business development adalah proses menciptakan nilai bisnis jangka panjang yang menghubungkan pelanggan, pasar, dan relasi. BD memainkan perannya sendiri dalam menciptakan peluang bagi perusahaan untuk terus tumbuh dengan mengoptimalkan tiga faktor:

Pelanggan, Pasar dan Relasi.

Nilai yang diciptakan dapat berupa revenue, citra perusahaan, brand awareness, atau tujuan bisnis apa pun. Tantangannya, BD harus mampu mengidentifikasi peluang dan melakukan terobosan yang menguntungkan perusahaan dalam jangka panjang. 

Peran Business Development di Perusahaan

Posisi business development sangat penting bagi kelangsungan usaha perusahaan dalam jangka panjang. Perusahaan harus mampu menyesuaikan diri dengan tuntutan pasar melalui pengembangan usaha lebih lanjut.

Business development mencakup riset pasar, meningkatkan dan membina hubungan dengan calon pelanggan baru, serta mengidentifikasi dan menciptakan peluang bisnis potensial. Oleh karena itu, BD harus mampu dalam menyusun strategi bisnis. 

Unsur-unsur Penting dalam Business Development

  1. Pelanggan

Perusahaan tidak dapat berkembang tanpa pelanggan. Namun, produk atau layanan tersebut mungkin tidak cocok untuk semua kalangan. Bagaimana caranya kamu membuat produk atau layanan dapat diakses oleh sebanyak mungkin lapisan masyarakat? Nah, strategi ini harus diselesaikan dalam business development. 

  1. Pasar

Saat membangun bisnis, target pasar harus diperhatikan sejak awal. Ini berguna bagi bisnis untuk mengetahui produk atau layanan apa yang akan dijual. Namun, target pasar ini bisa terus berkembang dan tidak berhenti di satu titik. BD biasanya memikirkan dan menyesuaikan produknya untuk menarik pasar baru. 

  1. Relasi Bisnis

Perusahaan pasti akan mengembangkan hubungan dengan pelanggan, sponsor atau klein. Tanpa hubungan yang baik, perusahaan tidak akan bertahan lama.  Jadi apa tugas BD? BD bekerja sama dengan timnya untuk membangun hubungan yang baik berdasarkan kepercayaan, rasa hormat dan saling menghargai. Tujuannya agar hubungan bisa bertahan lama. 

Tugas yang Dilakukan Seorang Business Development

Bagaimana? Apakah kamu sudah semakin paham tentang business development? Sekarang saatnya membahas peran BD di perusahaan.

  1. Memonitor Perkembangan Pasar

BD bertanggung jawab untuk memantau perkembangan dan persaingan pasar yang ada. Sehingga dia mengenali peluang untuk strategi pengembangan produk, pelanggan baru dan kemitraan.

  1. Riset untuk Menentukan Target Pasar

BD juga bertanggung jawab untuk mendefinisikan target pasar baru dengan jelas sebelum menyesuaikannya dengan produk yang akan dikembangkan. Tujuannya agar produk yang dihasilkan terbukti benar dan menjadi solusi bagi permasalahan pelanggan.

  1. Memahami Produk Perusahaan

BD juga harus memahami semua informasi produk/produk perusahaan, manfaat, fitur dan bahan baku dalam proses yang dilakukan.

  1. Berkoordinasi dengan Departemen Lain untuk Mengembangkan Produk

Tentunya BD juga membutuhkan divisi lain untuk mendukung kinerjanya. Mulai dari sales, marketing hingga customer manager.

  1. Menyusun dan Mempresentasikan Strategi Pengembangan Bisnis

BD juga bertanggung jawab untuk merencanakan berbagai strategi terkait pengembangan usaha. Misalnya strategi meningkatkan retensi pelanggan, akuisisi pelanggan baru, strategi kemitraan, sales to track performance indicator. Oleh karena itu, BD harus mampu membuat kontrak terkait dengan presentasi, penjualan dan strategi yang diterapkan.

Jika kamu tertarik dengan BD, kamu juga memerlukan kemampuan untuk berpikir kreatif, memecahkan masalah, dan terbuka terhadap ide-ide baru serta kritik yang membangun. Kamu akan belajar banyak dan membuat kontak untuk lebih mengembangkan karir kamu.  Semoga rangkuman diatas bermanfaat untuk kamu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again