1. DScovery

Business Model Canvas: Pengertian, Elemen, Cara Membuat, dan Contohnya

Business Model Canvas adalah teknik perencanaan bisnis yang harus diterapkan dalam hal pengembangkan bisnis kaena dapat membatu memetakan bisnis secara terstruktur.

Menjalankan bisnis membutuhkan perencanaan sebaik mungkin. Salah satu cara untuk mempersiapkannya adalah dengan menggunakan Business Model Canvas. Pernahkah kamu mendengar mockup desain bisnis yang satu ini? Banyak perusahaan yang menggunakan konsep Business Model Canvas, terutama bagi mereka yang baru memulai bisnis. Pengusaha umumnya menggunakan model bisnis ini dengan mengembangkan bisnis mereka dengan cara yang lebih efisien untuk mencapai target pasar.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai model bisnis ini, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Pengertian Business Model Canvas

Business model canvas, juga dikenal sebagai kanvas model bisnis, adalah strategi manajemen internal perusahaan yang dengan mudah memetakan sasaran konsumen, keuangan, dan infrastruktur dalam satu halaman. Ini adalah kekhasan dibandingkan dengan format rencana bisnis biasa, yang biasanya ditulis di atas lembaran kertas.

Oleh karena itu, tidak heran jika Business Model Canvas menjadi model perencanaan bisnis dari banyak startup. Meski lebih kompak, setiap panel harus berisi beberapa anggota pendukung. Dengan demikian, representasi mengalir dari satu komponen ke komponen lainnya hingga akhir. 

Elemen Penting Business Model Kanvas

  1. Customer Segments

Customer segment berarti kamu perlu menentukan segmen pengguna mana yang ditargetkan perusahaan kamu. Target konsumen dapat dibagi menjadi segmen yang berbeda sesuai dengan kebutuhan, seperti usia, jenis kelamin, hobi atau tingkat konsumsi.

  1. Value Proposition

Sederhananya, value proposition adalah nilai jual produk/layanan yang membuat pengguna memutuskan untuk membeli/menyewanya dari perusahaan kamu. Contohnya adalah apa yang dibutuhkan pengguna. Jika kamu memberi mereka apa yang mereka butuhkan, mereka akan membeli produk yang dijual bisnis kamu.

Dalam model bisnis Canvas, value proposition uga bisa menjadi solusi untuk masalah pengguna. Entah solusi yang belum pernah ada sebelumnya, atau solusi dengan pendekatan baru yang lebih efisien. Jadi cobalah untuk membuat proposisi penjualan yang unik untuk toko kamu.

  1. Channel

Saluran Business Model Canvas adalah sarana interaksi antara pengguna dan bisnis kamu, baik untuk mempromosikan penjualan, membeli produk dan layanan yang ditawarkan, atau bahkan menanggapi keluhan.

Contoh paling umum dari model bisnis kanvas yang menggunakan elemen ini adalah media sosial, di mana perusahaan dapat berinteraksi langsung dengan penggunanya untuk berbagi informasi penting atau menanggapi keluhan.

  1. Customer Relationship

Customer relationship membantu kamu memilih strategi terbaik untuk berinteraksi dengan pelanggan. Tidak hanya tentang kapan produk dipasarkan atau saat promosi, tetapi juga bagaimana menanggapi keluhan dan bagaimana membuat konsumen enggan membeli produk tersebut. 

  1. Revenue Streams

Revenue streams adalah sumber pendapatan bagi perusahaan. Dalam elemen ini, kamu perlu mengetahui di mana dan bagaimana perusahaan menghasilkan pendapatannya.

  1. Key Activities

Key activities adalah semua fungsi yang terkait dengan produktivitas bisnis yang terkait dengan produk, dengan tugas utama menciptakan proposisi nilai untuk produk. 

  1. Key Resource

Key partnership adalah elemen BMC yang berisi daftar sumber daya yang harus dirancang dan diimplementasikan perusahaan untuk mencapai proposisi nilainya. Ini mengimplementasikan fungsi yang paling penting.

  1. Key Partnership

Key partnership adalah daftar sumber daya eksternal yang kamu perlukan agar model bisnis Anda saat ini berfungsi. 

  1. Cost Structure

Cost structure adalah sistem keuangan yang membiayai operasi perusahaan. Berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk mengelola operasi bisnis per hari? Berapa biaya sumber daya yang dikonsumsi? Berapa harga pasaran produk tersebut? 

Cara Membuat Business Model Canvas

Meski terlihat sederhana, ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk melakukannya. Cara membuat business model canvas adalah sebagai berikut.

  1. Lakukan Analisis Kompetitor

Langkah pertama dalam membuat model bisnis adalah menganalisis kekuatan dan kelemahan perusahaan dalam industri yang sama. Dengan begitu kamu bisa melihat keberhasilan dan kegagalan mereka, dan mengidentifikasi kekurangan apa yang bisa diatasi.

Selain itu, informasi ini memungkinkan kamu mengambil langkah-langkah inovatif untuk menjangkau pasar dan target lebih baik dari pesaing kamu. 

  1. Urutkan Elemen Secara Sistematis

Langkah selanjutnya dalam membuat template model bisnis adalah menyusun sembilan elemen di atas secara sistematis. Misalnya, mari kita mulai dengan segmentasi pelanggan, diikuti dengan saluran, menentukan jangka waktu, dll.

  1. Pastikan Semua Elemen Saling Mendukung

Hal yang sama pentingnya saat membuat template model bisnis adalah memastikan sembilan elemen saling mendukung, sehingga menghasilkan rangkaian proses. Hal ini membuat proses implementasi menjadi lebih mudah.

  1. Lakukan Review

Langkah selanjutnya setelah menyelesaikan template model bisnis adalah meninjau dan mengevaluasi kembali kemungkinan implementasi di masa mendatang. Jika perlu, kamu dapat meminta penilaian dari mentor atau pihak ketiga yang terpercaya. 

Contoh Cara Menggunakan Business Model Canvas

Untuk lebih memahami lagi, kali ini kami menawarkan beberapa contoh materi model bisnis dari berbagai industri sebagai contoh ilustrasi:

  1. Contoh model bisnis Gojek Canvas

Di bawah ini adalah contoh model bisnis jasa pengiriman online:

Satu hal yang membedakan Gojek dengan penyedia jasa transportasi pada umumnya adalah sumber daya yang signifikan. Jika pada umumnya penyedia jasa transportasi perlu memiliki aset berupa kendaraan dan juga tempat parkir yang luas, perusahaan Gojek tidak membutuhkannya. Karena model bisnis Gojek menawarkan nilai baru ketika layanannya mengandalkan driver mitra dengan kendaraannya sendiri. Inilah salah satu alasan mengapa model bisnis Gojek terkesan lebih efisien dan bisa menawarkan harga yang lebih murah. 

  1. Contoh business model canvas untuk perusahaan makanan

Di bawah ini adalah contoh kanvas model bisnis untuk perusahaan makanan. Jika bisnismu bergerak di bidang kuliner, contoh di bawah ini adalah contoh sederhana yang bisa kamu terapkan. Kamu tinggal menyesuaikan segmentasi dengan target pelanggan bisnis kamu. Kemudian gabungkan dengan elemen lain. 

Nah demikianlah rangkuman tentang Business Model Canvas dari pengertian hingga contohnya. Semoga bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again