1. Entrepreneur

Cara Berbagi Lokasi dari Aplikasi Google Maps

Lokasi bisa dibagikan ke platform yang lebih luas tanpa harus menunggu fitur dukungan platform

Fitur berbagi lokasi banyak ditemukan di sejumlah aplikasi pesan instan, misalnya di WhatsApp, Facebook Messenger dan Line. Tapi, karena cara pakainya yang cukup rumit, tak sedikit pula penggunanya yang masih bingung cara pakainya.

Pilihan lainnya, Anda tidak harus menggunakan platform pesan instan untuk berbagi lokasi dengan lebih akurat dan mudah. Anda bisa langsung membagikan lokasi menggunakan aplikasi Google Maps lalu meneruskannya ke banyak sekali platform bahkan pesan singkat sekalipun.

  • Buka aplikasi Google Maps kemudian posisikan lokasi Anda secara akurat.
  • Lalu buka menu utama lalu klik menu Location sharing.

  • Sebelum dibagikan Anda akan melihat notifkasi seperti ini terlebih dahulu, lanjutkan dengan men-tap tombol Get Started.

  • Sekarang di tampilan ini, pilih berapa lama lokasi Anda akan dibagikan, bisa pakai jam atau opsi kedua sampai Anda matikan secara manual. Lalu di bagian bawah akan muncul beberapa kontak yang pernah Anda hubungi, dan di bagian terbawah ada pilihan aplikasi untuk membagikan lokasi Anda.

  • Saya mencoba membagikan lokasi ke WhatsApp, maka kemudian pilih nama penerima pesan.

  • Ketikkan beberapa kalimat jika diperlukan lalu kirim.

  • Selain ke WhatsApp atau aplikasi pesan instan lainnya, Anda juga bisa membagikan lokasi ke media sosial, contohnya Facebook. Maka tinggal pilih ikon Facebook di langkah awal tadi, kemudian ketikkan kalimat tambahan jika diperlukan, dan bagikan seperti biasa.

  • Selesai, lokasi Anda sudah dibagikan ke Facebook sehingga semua orang yang berteman dengan Anda bisa mengetahui keberadaan Anda secara real-time.

Silahkan dicoba, semoga tutorial ini bermanfaat.

Gambar header Wired.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again