1. Entrepreneur

Cara Daftar Mitra Koperasi Warko bagi UMKM

Tutorial pendaftaran member platform koperasi Warko dan keuntungannya bagi UMKM.

Di era serba digital saat ini, warung tradisional milik masyarakat kian hari kian tergerus oleh ritel online. Maka dari itu, pelaku usaha tradisional perlu beradaptasi dengan kehadiran bisnis online, sehingga dapat bertahan di tengah persaingan pasar.

Meski begitu, pelaku usaha tradisional tidak perlu khawatir. Pasalnya, kini banyak platform digital yang mendukung dan menyediakan solusi bagi UMKM agar dapat memperluas jangkauan pasarnya ke ranah digital.

Salah satunya adalah platform koperasi UMKM bernama Warko. Warko adalah perusahaan rintisan (startup) berbasis koperasi multi-pihak yang fokus membantu digitalisasi warung, kios, toko dan ojek online.

Lantas, bagaimana cara bagi UMKM dapat bergabung dengan platform koperasi Warko? Berikut langkah-langkah dan penjelasannya.

Langkah Daftar sebagai Mitra Warko

Warko menawarkan layanan dimana pelaku UMKM dapat membuat toko sendiri di platformnya. Pelaku UMKM dapat menyediakan dan menjual produk kebutuhan sehari-hari rumah tangga secara mudah tanpa harus bertemu langsung dengan pembeli.

Cara kerjanya yakni dengan pelaku usaha kecil seperti warung, kios, toko dan pengemudi ojek dapat bergabung bersama Warko bukan hanya sebagai mitra, namun lebih jauh sebagai anggota koperasi.

Berikut cara pendaftarannya:

  • Pertama, masuk ke laman resmi Warko atau unduh aplikasinya di Google Playstore.

  • Pilih menu ‘Pendaftaran’ di halaman utama. Lalu, klik ‘Daftar Sekarang’.

  • Lengkapi form pendaftaran.

  • Isi detail informasi usaha, mulai dari nama pemilik, nama usaha, jenis usaha/produk usaha, nomor handphone/WhatsApp dan alamat usaha.
  • Beri tahu asal asosiasi atau komunitas Anda bergabung, jika ada.

  • Lalu, kirim formulir.
  • Pendaftaran selesai dilakukan.

  • Untuk menikmati layanan dan fitur Warko, silakan kembali ke halaman utama, lalu klik ‘Login Member’.

Fasilitas UMKM Member Warko

Layanan utama yang ditawarkan Warko kepada pelaku UMKM adalah menyediakan website gratis sebagai penghubung UMKM dengan berbagai platform digital dan e-commerce lokal, nasional, dan internasional.

Beberapa fitur yang disediakan pada layanan digitalisasi UMKM tersebut antara lain sistem jual beli, pengiriman barang dan koperasi. Selain itu, Warko juga menyediakan layanan dan fitur pendukung berupa kursus dan pelatihan digital, dampingan mahasiswa terlatih hingga jaringan komunitas yang luas bagi UMKM.

Ada pun produk Warko secara keseluruhan antara lain, sebagai berikut:

  • Branding dan manajemen warung.
  • Mobile App untuk warung, pengemudi ojek dan pembeli.
  • Warehousing untuk kebutuhan persediaan warung.
  • Dashboard untuk memantau kinerja penjualan.

Keuntungan Platform Warko bagi UMKM

Platform koperasi Warko memposisikan penggunanya lebih dari sekadar mitra, tetapi sebagai anggota koperasi, yang secara demokratis menjadi salah satu bagian dari kepemilikan bisnis besar Warko.

Pengguna Warko yang dimaksud terdiri atas tiga jenis user dari berbagai kalangan. Di antaranya yakni user dari kalangan pelaku UMKM, driver atau pengemudi ojek dan pembeli atau masyarakat.

Ada pun keuntungan bagi masing-masing pengguna tersebut, antara lain sebagai berikut:

  • Bagi pelaku UMKM yang mencakup warung, kios atau toko, mereka bisa mendapatkan supplu kebutuhan usahanya secara online melalui platform Warko. Selain itu, pelaku UMKM juga dapat menjual atau menawarkan produknya secara online kepada konsumen, tanpa harus bertemu langsung.
  • Bagi pengemudi ojek, mereka bisa mendapatkan orderan melalui aplikasi Warko. Posisi pengemudi ojek pengguna Warko tak hanya berlaku sebagai mitra, tetapi juga sebagai bagian dari kepemilikan perusahaan koperasi Warko.
  • Bagi pembeli atau masyarakat, mereka dapat memenuhi kebutuhan sehari-harinya dengan melalukan transaksi belanja online di platform Warko selayaknya belanja di minimarket. Selain itu, Warko juga menawarkan promo menarik seperti cashback di setiap transaksi pembelian.

Demikian tutorial pendaftaran member platform koperasi Warko dan keuntungannya bagi UMKM.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again