1. Entrepreneur

Cara Dapat Uang Secara Online, Bisa Jadi Freelance di Fiverr!

Kiat-kiat mendapatkan uang secara online sebagai freelancer di platform Fiverr.

Di era serba digital saat ini, bukan tidak mungkin seseorang bisa mendapatkan uang secara online. Bekerja lepas atau freelance memungkinkan orang untuk dapat bekerja secara online, di mana saja dan kapan saja, tanpa terikat dengan jam kerja.

Salah satu platform yang mewadahi para pekerja lepas atau freelancer untuk mendapatkan pundi-pundi uang secara online adalah Fiverr. Berikut ulasan lebih lanjut tentang kiat-kiat mendapatkan uang secara online melalui Fiverr.

Mengenal Fiverr, Wadah Freelancer Jual Jasa Digital

Fiverr merupakan aplikasi marketplace untuk layanan freelance yang telah berdiri sejak 2010. Platform ini bermisi untuk mempermudah proses bertemunya para pekerja lepas dengan pencari jasa di seluruh dunia secara online.

Jasa yang ditawarkan di Fiverr beragam, di antaranya yakni desain grafis, digital marketing, menulis dan terjemahan, video dan animasi, musik dan audio, pemrograman dan teknologi, data, bisnis hingga gaya hidup.

Bagi Anda seorang desainer grafis, penulis, penerjemah, progammer, editor, pengisi suara dan pekerja digital lainnya, Fiverr menjadi platform yang menjanjikan untuk Anda mencoba peruntungan sebagai freelancer.

Para freelancer dapat menampilkan portofolio hasil kerjanya untuk dapat berlomba menarik minat calon klien. Sementara, para pencari jasa dapat memilih sendiri pekerja lepas yang sesuai dengan kriteria yang diinginkannya.

Kiat-kiat Mendapatkan Uang Secara Online dari Platform Fiverr

Ada beberapa tips yang perlu dilakukan oleh para freelancer yang ingin menawarkan dan menjual produknya di seluruh dunia secara online melalui aplikasi Fiverr. Di antaranya sebagai berikut:

1. Bangun Profil yang Menarik

Sebelum menawarkan jasa dan layanan Anda di aplikasi Fiverr, pastikan Anda telah membuat akun Fiverr versi penjual. Setelah memiliki akun, bangun profil Anda sebaik mungkin untuk menarik minat calon klien.

Atur tampilan profil mulai dari gambar profil, deskripsi profil hingga informasi bermanfaat lainnya seperti keterampilan, pendidikan, sertifikat, bahasa yang digunakan, tes yang diselesaikan, hingga media sosial.

Semakin banyak detail informasi yang dicantumkan, maka profil Anda sebagai freelancer akan terlihat semakin serius dan profesional. Nantinya, hal tersebut dapat memperluas peluang freelancer mendapatkan klien dan menghasilkan pesanan.

2. Tampilkan Gig Terbaik

Melansir dari laman resmi Fiverr, jasa atau layanan yang ditawarkan oleh para freelancer di Fiverr disebut sebagai ‘Gig’. Saat menampilkan ‘Gig’ Anda, penting untuk memperhatikan faktor kualitas tertentu, seperti judul, deskripsi, dan foto.

Freelancer dapat menampilkan judul yang ringkas, disertai slogan, dan informasi terkait jasa yang ditawarkan; foto ‘Gig’ dengan format yang sesuai; serta deskripsi yang mencakup informasi detail terkait jasa atau layanan yang ditawarkan.

3. Buat Video Perkenalan

Salah satu cara terbaik untuk menarik pembeli adalah dengan menambahkan video yang memperkenalkan layanan Anda. Tambahkan sentuhan pribadi pada layanan yang Anda tawarkan melalui video.

4. Dapatkan Pesanan Pertama

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mulai mendapatkan pesanan pertama di Fiverr:

  • Pastikan Anda telah mengaktifkan akun penjual Anda menggunakan desktop.
  • Buka aplikasi di perangkat seluler.
  • Klik ikon akun yang ada di kanan bawah layar.
  • Anda dapat switch mode pembeli dan penjual menggunakan sakelar di bagian atas halaman untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mode penjual.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, ada beberapa tips bagi freelancer untuk mendapatkan pesanan pertama di Fiverr, di antaranya yakni:

  • Tonjolkan value jasa atau layanan yang Anda miliki.
  • Berikan promo dan tawaran menarik.
  • Beri harga di bawah harga pasar dengan kualitas yang tidak jauh berbeda.
  • Jika Anda memiliki klien langganan di luar platform Fiverr, sarankan klien tersebut untuk mengorder pesanan melalui Fiverr agar dapat memberi rating ke profil Anda.

5. Tawarkan Paket Layanan

Freelancer sebagai penyedia jasa tak hanya dapat menentukan tarif ‘Gig’-nya sendiri. Freelancer di Fiverr juga bisa menawarkan paket ‘Gig’ dengan harga khusus kepada kliennya. Paket tersebut dapat berisi rentang harga yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan pencari jasa.

Demikian penjelasan tentang kiat-kiat mendapatkan uang secara online sebagai freelancer di platform Fiverr.

Free eBook

Menguasai TikTok Shop dalam 60 Menit

Download panduan lengkap menggunakan Tiktok Shop mulai tahap mendaftar akun, menambahkan produk hingga beriklan di Tiktok Ads. Gratis!!

Masukkan email Anda


Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again