1. Entrepreneur

Cara Menjadi Agen Pembayaran PDAM, Listrik, dan Tagihan dengan Mitra Shopee

Mulai dapatkan penghasilan tambahan dengan cara jadi agen pembayaran PDAM, listrik, dan tagihan dari aplikasi Mitra Shopee.

Selain berjualan pulsa dan paket data, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan memanfaatkan produk PPOB dari Mitra Shopee lainnya. Salah satunya dengan cara jadi agen pembayaran PDAM, listrik, dan berbagai tagihan seperti tagihan kredit atau tagihan internet pascabayar.

Mitra Shopee adalah aplikasi dari Shopee yang menyediakan produk PPOB seperti pulsa, paket data, dan pembayaran tagihan untuk mitranya. Selain bisa dimanfaatkan untuk memudahkan kebutuhan pribadi, Anda sebagai mitra juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan membuka usaha agen pembayaran tagihan PDAM dan listrik.

Bagaimana caranya? Jangan khawatir. Artikel ini akan menunjukkan cara memulainya untuk Anda.

Cara Jadi Agen Pembayaran PDAM, Listrik dan Tagihan

Untuk memulai usaha agen pembayaran tagihan dengan bantuan aplikasi Mitra Shopee, terdapat beberapa langkah yang harus Anda tempuh, antara lain:

Daftar dan Verifikasi

Langkah pertama dan paling utama sebelum menjadi agen pembayaran tagihan dengan adalah melakukan pendaftaran akun dan verifikasi ID di aplikasi Mitra Shopee. Tanpa mendaftar, Anda tidak dapat mengakses halaman beranda aplikasi Mitra Shopee.

Kemudian, apabila Anda tidak melakukan verifikasi, Anda tidak akan bisa melakukan transaksi apapun di aplikasi Mitra Shopee. Jadi, pastikan untuk tidak melewatkan tahap ini.

Atur Biaya Admin Tambahan

Biaya admin ini adalah sumber penghasilan tambahan Anda. Setiap pelanggan melakukan pembayaran tagihan, Anda akan memperoleh keuntungan sejumlah nominal biaya admin yang Anda tentukan di awal.

Untuk mengaturnya, Anda dapat masuk ke menu Saya > Atur Harga Jual. Kemudian, pilih produk-produk pembayaran tagihan, seperti tagihan listrik, PDAM, pascabayar, TV kabel, angsuran kredit, dan lainnya. Kemudian, masukkan nominal biaya admin tambahan. Nantinya biaya akan otomatis muncul pada tagihan yang harus dibayarkan pelanggan.

Top Up Saldo ShopeePay

ShopeePay menjadi metode pembayaran utama dalam bertransaksi di aplikasi Mitra Shopee, termasuk untuk melakukan pembayaran tagihan pelanggan sebelum nantinya pelanggan akan melakukan pembayaran dengan metode yang Anda sediakan.

Jadi, saldo ShopeePay harus selalu tersedia dan mencukupi untuk mendukung aktivitas Anda sebagai agen pembayaran.

Hubungkan Aplikasi ke Printer

Ketika pelanggan melakukan pembayaran tagihan melalui agen, pelanggan umumnya akan meminta bukti pembayaran yang dicetak. Untuk itu, pastikan Anda telah menyiapkan perangkat printer dan jangan lupa untuk menghubungkan aplikasi Mitra Shopee Anda ke printer untuk memudahkan proses pencetakan bukti pembayaran.

Pasang Spanduk dan Promosi

Setelah melewati empat tahap di atas, tahap terakhir adalah melakukan promosi usaha kepada calon pelanggan Anda. Anda bisa melakukan promosi awal kepada orang-orang di sekitar lingkungan Anda dengan memasang spanduk agen pembayaran.

Dengan begitu, kerabat di sekitar Anda akan mengetahui bahwa mereka dapat melakukan pembayaran tagihan di toko Anda.

Nah, demikian cara jadi agen pembayaran PDAM, listrik dan tagihan dengan aplikasi Mitra Shopee. Cara ini sangat cocok dilakukan untuk Anda yang ingin memulai usaha di rumah dengan mudah. Tertarik mencobanya?

Free eBook

Panduan Facebook Marketplace untuk Pemula

Facebook Marketplace menawarkan peluang dan juga alat bagi UMKM untuk menjangkau 129,8 juta pengguna Facebook di Indonesia. Pelajari bagaimana cara memanfaatkan Facebook Marketplace untuk mendongkrak penjualan online Anda. Download panduannya sekarang, GRATIS!

Masukkan email Anda


Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again