1. Entrepreneur

Cara Jual Produk Jasa Freelancer secara Online di Aplikasi Fiverr

Tutorial menawarkan produk atau jasa freelance secara online di aplikasi Fiverr.

Fiverr adalah aplikasi marketplace yang mewadahi freelancer untuk menawarkan produk atau jasanya kepada klien pencari jasa freelance di seluruh dunia secara online. Platform yang berdiri sejak 2010 ini memiliki gagasan untuk mempermudah proses perekrutan pekerja lepas.

Aplikasi ini menjadi jembatan yang menghubungkan langsung pekerja lepas dengan kliennya tanpa melalui perantara. Bagi Anda seorang desainer grafis, penulis, penerjemah, progammer, editor, pengisi suara dan pekerja digital lainnya, Fiverr menjadi platform yang menjanjikan.

Para freelancer dapat menampilkan portofolio hasil kerjanya untuk dapat berlomba menarik minat calon klien. Sementara, para pencari jasa dapat memilih sendiri pekerja lepas yang sesuai dengan kriteria yang diinginkannya.

Lantas, bagaimana cara freelancer dapat menawarkan produk atau jasanya secara online di aplikasi Fiverr? Berikut ulasannya.

Langkah Menjual Produk Jasa di Aplikasi Fiverr

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan oleh para freelancer yang ingin menawarkan dan menjual produknya di seluruh dunia secara online melalui aplikasi Fiverr. Langkah-langkahnya antara lain sebagai berikut:

1. Membuat Profil Penjual

Sebelum menawarkan jasa dan layanan Anda di aplikasi Fiverr, pastikan Anda telah membuat akun Fiverr versi penjual. Fiverr memungkinkan Anda memiliki akun pembeli dan akun penjual sekaligus. Namun, Anda hanya boleh memiliki satu akun penjual di Fiverr. Begini cara daftarnya:

  • Masuk ke situs web atau aplikasi Fiverr.

  • Klik profil akun Fiverr yang telah Anda miliki.
  • Masuk ke drop-down menu, lalu pilih ‘Become a Seller’.

  • Selanjutnya, Fiverr akan mengarahkan Anda untuk menonton video panduan menjadi penjual di Fiverr. Setelah selesai menonton, klik ‘Lanjutkan’.
  • Lengkapi bidang wajib dari jasa atau layanan yang Anda tawarkan.
  • Lalu, lengkapi informasi terkait pelatihan, pengalaman kerja dan keterampilan Anda.
  • Fiverr akan memberi opsi bagi Anda untuk menautkan akun ke platform media sosial lainnya.
  • Lalu, silakan verifikasi akun Anda melalui telepon.
  • Setelahnya, akun Fiverr versi penjual milik Anda telah berhasil dibuat. Silakan mulai tawarkan jasa dan layanan Anda dengan ‘Create Your First Gig’.

2. Unggah Produk atau Jasa

Melansir dari laman resmi Fiverr, jasa atau layanan yang ditawarkan oleh para freelancer di Fiverr disebut sebagai ‘Gig’. Sebagai catatan, Gig hanya dapat dibuat melalui desktop Anda. Saat membuat ‘Gig’, freelancer selaku penyedia jasa memiliki kesempatan untuk memamerkan bakatnya.

Penyedia jasa dapat menentukan tarif ‘Gig’-nya sendiri. Selain itu, penyedia jasa juga bisa menawarkan paket ‘Gig’ dengan harga khusus kepada kliennya. Paket tersebut dapat berisi rentang harga yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan pencari jasa.

3. Lakukan Jual Beli

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mulai menjual:

  • Pastikan Anda telah mengaktifkan akun penjual Anda menggunakan desktop.
  • Buka aplikasi di perangkat seluler.
  • Klik ikon akun yang ada di kanan bawah layar.
  • Anda dapat switch mode pembeli dan penjual menggunakan sakelar di bagian atas halaman untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mode penjual.

Pesanan jasa dapat diselesaikan oleh freelancer dalam rentang waktu satu hingga dua hari atau bisa lebih, tergantung pada waktu pengiriman dan antrian pesanannya. Pesanan tersebut akan dibayar di muka oleh pembeli jasa.

Lalu, ketika pesanan telah selesai, freelancer selaku penyedia jasa akan menerima 80% dari total nilai pesanan. Misalnya, jika tarif pesanan dipatok sebesar sepuluh dolar, maka freelancer akan mendapatkan delapan dolar.

Demikian tutorial menawarkan produk atau jasa freelance secara online di aplikasi Fiverr.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again