1. DScovery

Cara Jualan Foto di Internet Lengkap dengan Syaratnya

Penjualan foto di internet adalah suatu cara untuk menjual foto di berbagai platform atau situs web online.

Fotografer harus memahami cara jual foto mereka di internet karena saat ini mereka dapat mendapatkan uang tidak hanya dari jasa memotret, tetapi juga dari penjualan foto mereka di internet. Dan shutterstock adalah salah satu situs yang paling terkenal di antara banyak situs yang memungkinkan kamu menjual foto Anda dengan harga yang menguntungkan.

Syarat Menjual Foto di Internet

Namun, untuk dapat menjual foto secara online, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan dasar, yaitu: 

  1. Kepemilikan hak cipta

Jika kamu ingin menjual foto, kamu harus memiliki hak cipta atasnya. Kamu tidak boleh menjual foto yang bukan milik kamu atau yang melanggar hak cipta orang lain. 

  1. Kualitas gambar

Foto yang dijual harus berkualitas tinggi, tajam, dan tidak buram. Mereka juga harus memenuhi standar kualitas platform atau situs yang digunakan untuk menjualnya. 

  1. Kesesuaian konten

Foto harus sesuai dengan kategori atau tema yang ditawarkan oleh platform atau situs yang digunakan. Misalnya, foto yang dijual di situs stok foto harus sesuai dengan kategori seperti teknologi, bisnis, atau kesehatan. 

  1. Persetujuan pemilik atau model

Jika foto yang dijual mengandung orang atau properti, kamu harus mendapatkan persetujuan dari pemilik atau model sebelum menjualnya. 

  1. Pengisian metadata

Untuk membuat foto kamu lebih mudah ditemukan pembeli, kamu harus memasukkan metadata yang lengkap, termasuk judul, deskripsi, dan kata kunci. 

  1. Aktifkan paypal

Ada beberapa situs web dan pelanggan di luar negeri yang membutuhkan fitur pembayaran Paypal. 

  1. Mendaftar sebagai penjual

Kamu harus mengikuti proses verifikasi akun yang diperlukan di platform atau situs yang kamu pilih. 

Jika kamu ingin memulai penjualan foto melalui situs web resmi, kamu harus memperhatikan beberapa syarat tersebut.  Fotografer yang ingin menjual foto mereka di internet harus memahami peraturan dan persyaratan situs web atau toko online yang mereka gunakan.  Selain itu, kamu harus memastikan bahwa foto-foto mereka memenuhi persyaratan pasar yang dituju dan memiliki kualitas yang baik.

Cara Jual Foto di Internet

Ada beberapa cara untuk menjual foto di internet, diantaranya: 

  1. Menjual foto melalui situs stok foto 

Kamu dapat bergabung dengan situs stok foto seperti Adobe Stock, iStock, dan Shutterstock untuk menjual foto kamu. Kamu akan menerima bayaran dari pelanggan untuk setiap foto yang diunduh. 

  1. Jual foto melalui toko online 

Untuk menjual produk dengan foto langsung kepada pelanggan, kamu dapat membuat toko online di situs seperti Etsy atau Shopify. Selain itu, kamu dapat mendorong lebih banyak pelanggan dengan mempromosikan toko kamu di media sosial. 

  1. Menjual foto melalui portofolio online 

Kamu dapat membuat situs web portofolio yang menampilkan foto kamu dan menawarkan layanan fotografi kepada klien potensial. Kamu dapat menawarkan foto untuk keperluan editorial, periklanan, atau kebutuhan bisnis lainnya. 

  1. Menjual foto secara langsung kepada pelanggan 

Selain itu, kamu dapat menjual layanan fotografi kamu kepada klien langsung, seperti perusahaan atau individu. Kamu dapat menawarkan layanan fotografi untuk acara, barang, atau portofolio.

Itulah beberapa cara sederhana menjual foto di internet. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again