1. DScovery

Cara Kerja di Luar Negeri, Ini yang Harus Kamu Lakukan

Bekerja di luar negeri dapat memberi kamu banyak keuntungan yang tidak kamu dapatkan dari bekerja di negara sendiri

Biasanya untuk perjalanan, dikenal bekerja di luar negeri. Apalagi sekarang dengan adanya internet, dimana kamu bisa melihat lowongan kerja di luar negeri dan juga melakukan wawancara kerja secara online.

Bekerja di luar negeri dapat memberi kamu banyak keuntungan yang tidak kamu dapatkan dari bekerja di negara sendiri. Misalnya, mereka memahami perbedaan budaya kerja di luar negeri dan di Indonesia.

Selain itu, kamu akan mendapatkan lebih banyak informasi tentang ilmu yang digeluti kamu dari perspektif yang berbeda, karena setiap negara mungkin memiliki pandangan yang berbeda tentang subjek tersebut.

Semua pengalaman kerja kamu di luar negeri bisa menjadi aset bagi CV kamu. Jika kamu juga berbicara bahasa lokal di sana, itu akan meningkatkan kemampuan bahasa asing kamu.

Karena banyak perusahaan asing, itu menunjukkan bahwa kamu memiliki banyak peluang, terutama di negara maju. Selain itu, mungkin ada kekurangan tenaga kerja di negara lain di industri tertentu, yang dapat meningkatkan peluang kamu untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri.

Berikut beberapa cara kerja di luar negeri yang bisa kamu coba:

Melalui Perusahaan Agensi atau Penyedia Program

Jika kamu tertarik untuk bekerja di luar negeri, kamu dapat melamar melalui kantor atau penyedia program. Perusahaan seperti itu tidak sulit ditemukan, apalagi sekarang semakin banyak agen tenaga kerja asing.

Umumnya, jika kamu mendaftar melalui penyedia program, mereka akan membantu kamu dalam segala hal mulai dari visa, dokumen resmi hingga tempat tinggal. Jadi kamu tidak perlu khawatir tentang hal itu. Perusahaan seperti itu sangat berguna, terutama bagi kamu yang tidak memiliki pengalaman di luar negeri.

Melalui Job Portal maupun Website Perusahaan yang Dituju

Kamu mungkin sudah tahu LinkedIn. Kamu dapat menggunakan LinkedIn untuk menemukan pekerjaan yang kamu inginkan di negara mana pun. Selain itu, LinkedIn adalah situs web yang sangat mengglobal yang digunakan oleh banyak orang dari negara lain, terutama negara Barat.

Lalu ada situs web JobStreet, di mana kamu dapat menemukan lowongan kerja internasional. JobStreet memungkinkan kamu untuk mencari pekerjaan di negara selain Indonesia seperti Singapura, Malaysia, Filipina, dan Vietnam.

Selain itu, jika kamu memiliki perusahaan tertentu, kamu juga dapat mengunjungi bagian karier di situs ini secara teratur. Siapa yang tahu ketika kamu membukanya mereka memiliki pekerjaan untuk dilamar?

Bekerja Sebagai Guru

Menjadi guru adalah salah satu cara untuk bekerja di luar negeri. Kamu dapat mengajar bahasa Indonesia, bahasa Inggris atau mata pelajaran lain tergantung pada apa yang kamu kuasai dan posisi apa yang tersedia.

Akan lebih baik jika kamu memiliki sertifikat khusus yang menunjukkan bahwa kamu memenuhi syarat dalam bidang ini.

Seperti pada tahun 2021, pemerintah sendiri akan membuka kompetisi guru yang bisa mengajar di luar negeri. Oleh karena itu, kamu dapat memperhatikan informasi terbaru bagi yang akan melamar.

Namun kemungkinan tidak sebatas itu, kamu juga bisa melihat kemungkinan lain, misalnya program kerjasama antara Indonesia dengan negara lain dalam pengiriman trainer.

Ada pilihan lain yang terkenal yaitu guru ESL (English as a Second Language) / EFL (English as a Foreign Language) atau kadang disebut guru TEFL (Teaching English as a Foreign Language) untuk anak-anak dan untuk orang dewasa yang membutuhkannya. Kamu dapat meninjau lowongan atau program secara online.

Mengajukan Working Holiday Visa (Visa Bekerja dan Berlibur)

Visa liburan kerja adalah visa yang memungkinkan kamu untuk bekerja dan berlibur di negara tertentu selama maksimal satu atau dua tahun. Enak bukan?

Metode ini sangat cocok bagi kamu yang berencana untuk bekerja di luar negeri dalam jangka pendek dan bahkan untuk lulusan S1 baru, karena biasanya tidak diperlukan pengetahuan khusus sebelumnya.

Namun, mengajukan visa semacam itu biasanya tunduk pada ketentuan. Di Indonesia sendiri, untuk mengajukan visa ini kamu memerlukan surat rekomendasi (SRPI) dari pemerintah Indonesia, dan salah satu syarat utama untuk mendapatkannya adalah berusia antara 18 hingga 30 tahun.

Bekerja Sebagai Freelancer

Cara lain untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri adalah dengan menjadi pekerja lepas. Berbeda dengan karyawan tetap, seorang freelancer bisa bekerja kapan saja, di mana saja selama tujuannya tercapai. Pilihan ini sangat cocok bagi kamu yang tidak ingin diburu waktu.

Untuk menjadi seorang freelancer, kamu hanya perlu memiliki satu atau lebih keahlian yang bisa kamu tawarkan. Keuntungan menjadi freelancer adalah kamu bisa menghasilkan uang di sepanjang waktu.

More Coverage:

Selain itu, kamu juga dapat mencari koneksi baik dari tempat kerja maupun klien kamu. Kamu dapat melihat pekerjaan lepas terbuka di berbagai situs web yang didedikasikan untuk pekerjaan lepas.

Mengikuti Kegiatan sebagai Volunteer atau Relawan

Kesukarelawanan adalah pekerjaan mulia karena tidak dibayar. Namun, sebagai aturan, kamu akan ditawari akomodasi dan layanan lainnya. Ini dapat bervariasi tergantung pada penyelenggara acara.

Namun, kamu akan mendapatkan pengalaman berharga melalui kegiatan tersebut, misalnya kamu bisa mengenal kehidupan dan budaya setempat.

Selain itu, kegiatan ini juga baik bagi mereka yang belum menemukan passion-nya, siapa tahu setelah mengikuti volunteering, kamu akan menemukan apa yang kamu sukai.

Mencari pekerjaan di luar negeri rasanya tidak semudah mencari pekerjaan di dalam negeri. Akan tetapi, hal itu bukan berarti kamu harus menguburkan mimpimu untuk bekerja di luar negeri, hanya saja upaya yang perlu dikeluarkan menjadi lebih ekstra.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again