1. DScovery

Cara Membersihkan Cache di Android Tanpa Aplikasi, Mudah dan Cepat

Apakah smartphone yang kamu gunakan sering lemot? Cobalah menghapus cache yang ada di smartphone androidmu untuk mengatasinya.

Tahukah kamu, selain beberapa sampah yang terlihat, smartphone biasanya juga menumpuk file-file yang tidak penting (cache) yang jarang terlihat oleh penggunanya. Jika cache terus menumpuk seiring berjalannya waktu, tentunya akan memenuhi kapasitas ruan menyimpananmu.

Selain itu, jika cache tersebut terus dibiarkan, maka pastinya akan turut mempengaruhi kinerja smartphone-mu bahkan hingga membuatnya sering lemot. Maka dari itu, cache juga perlu dibersihkan secara berkala.

Lalu, bagaimana cara membersihkan cache di smartphone android tanpa aplikasi? Tenang, DailySocial.id sudah merangkumkan langkah-langkahnya untukmu.

Apa itu Cache?

Sebelum mempelajari cara menghapus cache, alangkah baiknya jika kamu memahami istilah cache terlebih dahulu. Menurut Tech Terms, cache merupakan penyimpanan informasi yang baru saja digunakan sehingga dapat diakses dengan cepat di lain waktu. Sederhananya, cache adalah data yang tersimpan dalam memori perangkat kita setiap kita membuka aplikasi atau browser.

Terdapat 4 jenis cache yang berbeda, yakni cache browser,cache disk, cache memori, dan cache prosesor. Umumnya, perangkat akan menggabungkan keempat jenis cache tersebut agar dapat berjalan lebih efisien.

Namun, sisi buruknya adalah cache akan menumpuk semakin besar apabila tidak dibersihkan secara berkala. Cache yang menumpuk ini akan mempengaruhi kinerja HP, di mana perangkat akan terasa lebih lemot dari sebelumnya. Oleh karena itu, cache perlu dibersihkan selama seminggu sekali atau sebulan sekali untuk menjaga performa HP agar tetap prima.

Cara Membersihkan Cache di HP Android Tanpa Aplikasi

Untuk membersihkan cache di HP android, kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  • Pertama, buka Settings atau Pengaturan pada HP android.
  • Cari Storage, lalu pilih Internal Storage.
  • Setelah itu, pilih Cache Data.
  • Klik OK untuk menghapus cache data.

Cara Membersihkan Cache Browser di HP Android

Selain pada internal storage, cache biasanya juga terdapat pada browser. Untuk membersihkan cache browser Google Chrome, kamu bisa melakukan cara berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Google Chrome.
  • Pilih simbol titik tiga yang terletak pada sudut kanan atas layarmu, lalu pilih History.
  • Klik Clear Browsing Data, lalu centang opsi Cached Images and Files.
  • Selanjutnya, klik Clear Data, maka cache akan langsung terhapus.

Nah, kamu bisa melakukan langkah-langkah tersebut untuk menghapus cache di android tanpa menggunakan aplikasi. Namun, perlu dipahami bahwa setiap smartphone memiliki pengaturan bawaan yang berbeda tergantung merknya, sehingga kamu mungkin akan menemukan opsi menghapus cache pada bagian lain.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again