1. DScovery

8 Cara Membuat Blog untuk Pemula sampai Dapat Cuan

Apakah kamu tertarik untuk membuat blog? Berikut ini adalah penjelasan mengenai blog dan cara-cara untuk membuat blog.

Bagi teman-teman yang memiliki hobi atau kegemaran dalam menulis pasti sudah sangat tidak asing dengan blog atau blogging. Dengan menggunakan blog, kamu dapat menyalurkan bakat dan kegemaran menulis dengan membagikan cerita, artikel, dan berbagai media pada suatu link digital.

Dewasa ini, blog pun seringkali digunakan sebagai platform untuk menyimpan portofolio. Platform untuk blogging pun ada berbagai macam, kamu dapat menggunakan Blogspot, WordPress, Wix, Medium, dan banyak lagi.

Banyak lho orang-orang dengan nama besar yang mengawali karirnya dengan menulis blog. Mari ambil contoh Raditya Dika yang sekarang telah mempublikasikan banyak buku, bahkan pernah menjadi pemimpin redaksi penerbit Bukune. 

Apakah kamu tertarik untuk membuat blog? Berikut ini adalah penjelasan mengenai blog dan cara-cara untuk membuat blog.

Apa itu Blog?

8 Cara Membuat Blog untuk Pemula sampai Dapat Cuan | Fikret Tozak Unsplash

Blog adalah suatu situs website yang berisikan tulisan maupun berbagai media dengan berbagai macam bahasan topik. Bentuk dan isi blog dapat berisi seputar cerita pribadi, portofolio desain, pameran digital, situs website untuk belajar hal tertentu, dan banyak lagi isi website yang dapat seseorang buat.

Blog biasanya akan menampilkan postingan yang baru terlebih dahulu baru nanti ke bawah postingan akan semakin tua umurnya. Dengan blog, pembaca dimungkinkan dapat memberikan komentar feedback kepada penulis pada kolom khusus yang tersedia.

Fungsi Blog

8 Cara Membuat Blog untuk Pemula sampai Dapat Cuan | Campaign Creators Unsplash

Blog memiliki berbagai fungsi, tergantung pada pemilik blognya. Berikut di antaranya fungsi-fungsi dari blog.

  • Sebagai tempat untuk berbagi cerita seputar pengalaman, tips, review produk, bahkan cerita fiksi. Walaupun begitu, jika kamu berniat untuk memasukkan cerita fiksi pada blog kamu, akan lebih baik jika kamu menuliskan disclaimer akan keaslian karya tulismu. 
  • Dapat menjadi sarana untuk menyimpan portofolio. Melalui blog, kamu dapat membuat portofolio baik itu berupa artikel tulisan serta kumpulan media seperti foto untuk portofolio fotografi dan desain untuk portofolio graphic designer.
  • Menjadi salah satu media pameran digital. Selain dapat menjadi sarana portofolio, blog dapat juga digunakan sebagai media pameran digital. Hal ini didukung oleh kustomisasi laman blog yang semakin hari semakin mudah dan bebas.
  • Untuk menyalurkan hobi. Blog menjadi media penyalur hobi mungkin merupakan salah satu alasan pembuatan blog yang paling populer. Banyak dari blogger yang memiliki hobi menulis dan membuat konten dan akhirnya memutuskan untuk menjadi blogger profesional.
  • Menjadi salah satu sumber cuan. Blog apabila dikelola dengan baik bahkan secara profesional dapat juga menjadi sumber penghasilan. Kamu dapat memperoleh cuan dari laman blog melalui dua jalur yakni melalui pemasangan iklan serta kerja sama dengan perusahaan atau usaha untuk melakukan promosi produk.

Cara Membuat Blog untuk Pemula sampai Dapat Cuan

8 Cara Membuat Blog untuk Pemula sampai Dapat Cuan | Anete Lusina Unsplash

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi dari blog, kamu mungkin akan semakin tergiur untuk membuat blog. Berikut adalah cara untuk membuat blog terlebih jika kamu ingin menggeluti dunia blogging profesional.

Menentukan Niche Blog

Langkah pertama dalam membuat blog tentunya adalah menentukan tujuan dan fungsi utama dari blog. Jika kamu ingin memulai karir sebagai blogger profesional, hal yang tak kalah penting adalah untuk menentukan niche –spesifikasi– halaman blog. Pada misalnya, kamu memutuskan untuk membuat blog khusus review produk kosmetik atau mungkin blog khusus tempat wisata.

Niche akan membuat kamu lebih mudah mengorganisasikan postingan pada blog kamu. Setiap blog nantinya akan muncul pada mesin pencarian (seperti Google, Bing, Yahoo, dan banyak lagi). Optimalisasi laman website agar muncul di halaman pertama mesin pencarian atau SEO banyak dilakukan untuk menambah traffic dari suatu blog.

Traffic merupakan suatu hal yang penting bagi blogger profesional. Dengan memutuskan niche, mesin pencarian –seperti Google, Bing, dan lainnya– akan mengenali blog kamu sebagai blog dengan keahlian tertentu. Dengan begitu, mesin pencarian akan lebih mudah me-ranking blog kamu di pencarian teratas keyword tertentu dan akhirnya traffic blog akan jadi meningkat.

Walaupun begitu, apabila kamu adalah pemula, suatu konsistensi untuk melakukan posting blog adalah suatu hal terpenting dalam blogging. Ada pun, banyak blogger yang membuat blog pribadi tanpa niche tertentu yang dapat melebarkan sayapnya pada karir di dunia web blog ini.

Nah, tentunya memilih niche pun tetap direkomendasikan agar pun kamu dapat dikenal sebagai blogger dengan spesialisasi tertentu.

Menentukan Domain dan Hosting 

Langkah selanjutnya dalam membuat blog adalah menentukan domain dan hosting dari blog. Domain adalah nama dari website yang biasanya ditandai dengan berbagai akhiran ekstensi seperti .com, .org, co.id, dan masih banyak nama domain lainnya. Pemberian domain kustom akan membuat blog kamu menjadi lebih menarik dan lebih dikenali banyak kalangan.

Hosting merupakan suatu platform untuk menaruh segala data yang ada pada laman blog. Jenis hosting ada banyak sekali macamnya, adapun banyak sekali jasa yang menawarkan layanan domain dan hosting berbayar yang cocok untuk kamu yang ingin berkarir secara profesional pada dunia blogging.

Apakah perlu dan wajib menggunakan layanan hosting? Bagi seorang yang telah memiliki pengalaman serta gambaran bahwa website akan memiliki traffic yang tinggi, hosting akan sangat berguna untuk menjaga keamanan dan kelancaran akses blog. Walaupun begitu, apabila kamu adalah seorang pemula, sekiranya penggunaan platform seperti WordPress, Blogspot, Medium, dan lain sebagainya pun cukup untuk mengembangkan web blog kamu. 

Menentukan Platform

Ada berbagai macam platform yang dapat kamu gunakan untuk melakukan blogging, yakni ada WordPress, Blogspot, Medium, Wix, serta masih ada banyak lagi platform lain. Berikut adalah cara membuat blog dengan menggunakan platform tersebut.

Cara Membuat Blog di WordPress

WordPress merupakan salah satu platform blogging terbaik yang dapat kamu coba. Kelebihan utama dari WordPress adalah pengguna dapat menambahkan plugin atau semacam fitur dengan fungsi tertentu yang memungkinkan blog dapat dikustomisasi dengan bebas. Berikut ini adalah cara membuat blog di WordPress.

Buka laman WordPress
  • Klik “Start your website”
  • Masukkan email, username, dan password akun WordPress yang ingin digunakan ke depannya
Masukkan email pada WordPress
  • Setelah itu, masukkan alamat domain yang ingin kamu gunakan sebagai alamat blog kamu setelahnya. WordPress memiliki beragam pilihan domain kustom yang berbayar. Walaupun begitu apabila kamu ingin menikmati layanan yang free, kamu dapat memilih domain dengan ekstensi akhir .wordpress.com untuk domain blog kamu.
Ganti nama domain
  • Pilih plan hosting. Kamu dapat klik “start with a free site” untuk mendapat layanan platform blogging gratis WordPress.
Start with free site
  • Mulai isikan data-data seputar blog atau klik “Skip to dashboard”
Skip to dashboard
  • Lengkapi kebutuhan blog ini dan blogmu telah siap digunakan.
Blog telah dibuat

Cara Membuat Blog di Blogspot

Platform lain yang dapat kamu gunakan sebagai sarana blogging lainnya adalah Blogspot. Blogspot memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan posting dengan mudah. Berikut adalah cara untuk membuat blog pada blogspot.

Creat Your Blogs Blogspot
  • Klik “Creat Your Blog”
  • Pilih akun Google yang akan kamu tautkan pada situs blogspot kamu
  • Tambahkan nama blog
Pilih nama domain Blogspot
  • Tuliskan nama domain yang kamu inginkan
  • Konfirmasi nama tampilan yang ingin ditampilkan ke pembaca
  • Klik Selesai
  • Blog kamu sudah siap untuk mempublikasikan beragam postingan kamu!

Cara Membuat Blog di Medium

Platform Blogging Medium banyak dipilih juga lho sebagai salah satu tempat nge-blog paling laris. Salah satu kelebihan dari Medium adalah tampilan komunitasnya yang memungkinkan postingan kita akan muncul pada target pembaca yang sesuai dengan konten yang kamu sampaikan. Berikut cara untuk membuat blog dengan menggunakan Medium.

Get started medium
  • Klik pilihan “Get Started”
  • Pilih opsi login yang kamu inginkan misal kamu ingin menyambungkan dengan akun facebook, akun google, dan lain sebagainya
Buat akun medium atau sign in akun yang sudah didaftar
  • Klik “Create account
  • Pilih tiga atau lebih topik yang menarik bagi kamu
  • Nah, akun blog medium kamu telah dibuat, kamu tinggal mengisi blog dengan berbagai postingan kamu.

Cara Membuat Blog di Wix

Wix dapat juga menjadi salah satu pilihan platform blogging yang mungkin menarik bagi kamu. Cara untuk membuat blog maupun situs web di Wix pun sangat ramah bagi pemula. Berikut secara singkat langkah untuk membuat blog pada website Wix:

Klik get started Wix
  • Klik menu “Get Started”
  • Buat akun menggunakan email atau lakukan proses registrasi (signup) dengan akun facebook atau google.
Signup Wix
  • Pilih kembali “Get Started”
  • Klik opsi Blog saat terdapat pertanyaan mengenai website apa yang ingin kamu buat
Pilih jenis website Wix
  • Berikan nama website atau nama yang akan kamu jadikan domain situs. Jangan khawatir kamu dapat mengganti nama kapan saja
  • Pilih goals dari blog
Goals blog Wix
  • Klik Next, website pun telah dibuat. Kamu tinggal melakukan pengaturan pada dashboard kemudian mulai melakukan posting.
Blog selesai dibuat

Konsisten untuk Menulis Konten

Langkah utama terakhir yang tentunya harus dilakukan untuk mengembangkan blog adalah kamu perlu untuk mengisi blog dengan konten-konten yang sesuai dengan tujuan kamu. Hal yang dapat kamu coba lakukan untuk lebih mengembangkan traffic blog adalah kamu perlu untuk melakukan optimalisasi SEO. Hal tersebut bertujuan agar postingan kamu dapat mendapat peringkat bahkan muncul di halaman pertama di mesin pencarian. 

Cara Mendapat Cuan pada Blog

Terdapat dua cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan uang melalui blog. Langkah pertama adalah kamu dapat mengaktifkan Adsense dan memunculkan iklan pada blog kamu. Selain itu, cara lain untuk mendapat cuan melalui blog adalah dengan bekerja sama dengan sponsor dan melakukan review atas produk mereka.

Selain melakukan review, perusahaan biasanya juga menginginkan backlink positif yang akan memberikan pengaruh positif pada situs mereka. Perusahaan tersebut akan meminta blogger untuk membuat artikel yang berisi hal positif atas produk atau situs perusahaan.

Blog biasanya akan memiliki tujuan pembuatan sendiri-sendiri, tergantung pada intensi yang dimiliki oleh pemiliknya. Ada suatu blog pribadi yang mungkin memuat tentang produk make up, resensi buku, portofolio karya, dan banyak hal lainnya.

Saat ini pun platform pembuatan blog semakin banyak berkembang dan memiliki peminatnya masing-masing. Ada yang memakai Wordpress karena banyak fungsi plugin yang memudahkan kustomisasi website. Pun ada yang memakai blogspot karena kemudahan pengelolaan. Ada pun yang menggunakan medium karena tampilannya yang minimalis dan tampak bersih.

Kamu dapat dengan mudah berkreasi dengan karya tulis maupun media yang kamu simpan pada blogmu. Ada dari kamu yang tertarik untuk membuat blog setelah menulis artikel ini? Platform manakah yang kamu pilih? Selamat terus berkarya ya!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again