1. DScovery

Cara Membuat Google Form dengan Mudah, Mahasiswa Wajib Tahu!

Kegiatan mengumpulkan data dapat dilakukan dengan mudah menggunakan Google Form.

Kegiatan mengumpulkan data merupakan salah satu hal yang biasa dilakukan oleh mahasiswa. Pengumpulan data tersebut dapat dilakukan dengan cara membuat survei dengan menyebarkan kuesioner atau formulir agar dapat diisi oleh orang lain.

Berkat kemajuan teknologi, kini kegiatan pengumpulan data dapat dilakukan secara mudah dengan menggunakan Google Form. Dengan formulir digital ini, kegiatan pengumpulan data dapat dilakukan secara online sehingga jangkauan data yang didapat akan lebih luas.

Nah, berikut ini merupakan beberapa cara membuat Google Form secara mudah dan cepat bagi mahasiswa!

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Membuat Google Form

Sebelum mulai membuat Google Form, ada baiknya jika kamu memperhatikan hal-hal yang perlu dipersiapkan sebagai berikut:

  1. Tentukan tujuanmu dalam membuat Google Form.
  2. Buat daftar pertanyaan yang ingin dimasukkan ke dalam Google Form.
  3. Buat desain form yang menarik dan meyakinkan agar orang-orang tertarik untuk mengisinya.
  4. Tentukan kepada siapa saja kamu akan membagikan form tersebut agar mendapat target yang sesuai.

Cara Membuat Google Form Cepat dan Mudah

1. Buka Situs Google Form

©Form-Publisher

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk membuat Google Form adalah dengan membuka situs Google Form dengan link, forms.google.com melalui browser-mu.

Selain itu, kamu juga bisa membuka halaman form melalui Gmail dengan memilih ikon Google apps > Google Form yang terletak di bagian sudut kanan atas.

2. Buat Form Baru

Apabila laman Google Form telah terbuka, maka langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah dengan memilih formulir baru. Kemudian, klik pada pilihan blank atau kosong.

3. Ganti Judul Formulirmu beserta Deskripsinya

©Form-Publisher

Selanjutnya, kamu perlu mengganti judul formulirmu beserta deskripsinya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan orang lain saat mengisi formulirmu. Setelah menambahkan judul, jangan lupa juga untuk menambahkan deskripsi singkat tentang formulirmu dengan klik Form Description.

4. Tambahkan Pertanyaan dan Opsi Jawaban

©Form-Publisher

Setelah judul formulir sudah dibuat, langkah selanjutnya adalah menambahkan pertanyaan-pertanyaan yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Kamu juga bisa memilih jenis pertanyaan yang akan kamu ajukan pada kolom Question Title dan Question Type.

Kamu juga bisa memilih berbagai opsi jawaban yang digunakan, mulai dari jawaban singkat, panjang, pilihan ganda, hingga kotak centang.

5. Tambahkan Gambar

©Form-Publisher

Google Form juga telah dilengkapi dengan fitur gambar. Dengan fitur ini, kamu bisa menambahkan file berupa gambar maupun video dengan memilih ikon Gambar atau Video yang terletak pada bagian kiri.

6. Sesuaikan Tema

©Form-Publisher

Setelah seluruh poin pertanyaanmu sudah kamu masukkan, maka langkah selanjutnya adalah menyesuaikan tema formulirmu dengan melakukan klik ikon Tema di sudut kanan atas halaman. Dengan fitur ini, kamu bisa membuat formulirmu menjadi semakin menarik untuk membuat orang-orang merasa tertarik dalam mengisinya.

7. Sebarkan Formulirmu

©Form-Publisher

Jika formulirmu sudah siap, maka kamu dapat membagikannya dengan menekan tombol Send atau Kirim di sudut kanan atas halaman.

Kamu bisa menentukan siapa saja orang yang ingin kamu bagikan dengan memasukkan email satu per satu atau memilih untuk membagikannya melalui link yang tersedia.

Nah, itulah beberapa cara membuat Google Form secara mudah dan cepat. Semoga membantu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again