1. DScovery

5 Cara Membuat Perencanaan Bisnis Beserta Tujuannya

Pahamilah cara membuat rencana bisnis yang baik agar bisnismu dapat berkembang.

Hal yang sangat penting yang harus diketahui oleh setiap pengusaha adalah bagaimana membuat rencana bisnis. Menulis rencana bisnis menunjukkan seberapa serius seseorang menjalankan bisnis. 

Selain itu, perusahaan yang tidak memiliki business plan yang jelas hanya akan merugi.

Membuat business plan atau rencana bisnis bukanlah hal yang mudah. Ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat.

Rencana bisnis itu sendiri biasanya mencakup tujuan untuk menjalankan bisnis, strategi untuk menerapkan, dan berbagai faktor internal dan eksternal yang perlu dipertimbangkan ketika menjalankan bisnis. 

Jadi bagaimana kamu caranya membuat rencana bisnis? Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara membuat rencana bisnis, faktor kunci yang perlu dipertimbangkan saat membuatnya, dan sebagainya di bawah ini!

Melakukan Riset Bisnis

Seperti disebutkan di atas, perlu dilakukan berbagai analisis untuk membuat rencana bisnis. Jadi cara membuatnya yang pertama adalah dengan melakukan riset. Kamu bisa melakukan riset ini sendiri atau menggunakan jasa orang lain.

Penelitian yang kamu lakukan harus relevan dengan bisnismu, dapat memberikan hasil yang bisa dimasukkan ke dalam rencana bisnis dan dapat mengatasi sebagian besar masalah yang mungkin ditemukan dalam usaha bisnis mu di masa depan.

Tentukan Visi, Misi, dan Tujuan

Visi, misi dan tujuan merupakan hal yang penting dan harus ada dalam sebuah organisasi. Ketiga poin tersebut menjadi pedoman bagi setiap orang yang terlibat dalam perusahaan untuk bekerja. Itulah mengapa kamu harus membuat visi, misi, dan tujuan yang jelas.

Buat Profil Perusahaan

Cara membuat perencanaan bisnis selanjutnya adalah dengan membuat company profile atau profil perusahaan. Profil perusahaan adalah ringkasan yang memperkenalkan perusahaan mu ke berbagai kalangan. Misalnya, sejarah perusahaan dapat menjelaskan bagaimana perusahaan didirikan, produk yang dilayaninya, pasar sasaran, dan kepemilikan sumber daya perusahaan.

Catat Semua Transaksi Keuangan

Pada titik tertentu, kamu memerlukan rencana bisnis untuk mengusulkan investasimu kepada investor dan pemangku kepentingan lainnya.

Oleh karena itu, dengan mencatat semua transaksi keuangan, investor dapat memahami arus kas perusahaan dan memiliki keyakinan terhadap investasinya.

Susun Strategi Pemasaran

More Coverage:

Terakhir, cara mudah untuk membuat rencana bisnis adalah mengembangkan strategi pemasaran dan rencana pelaksanaan, termasuk konsep strategis, saluran periklanan, dan anggaran yang diperlukan.

Tujuan Membuat Perencanaan Bisnis

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, setiap bisnis membutuhkan langkah-langkah yang matang untuk maju, bertahan dan berkembang. Langkah-langkah ini harus dijelaskan dalam dokumen khusus yang disebut business plan atau rencana bisnis.

Berikut adalah beberapa tujuan rencana bisnis:

  • Membantu kamu tetap kreatif dan tetap fokus pada tujuan yang ditetapkan saat pertama kali ingin memulai bisnis.
  • Alat untuk mengelola keuanganmu dan mencari dana untuk membantumu sukses dalam bisnis.
  • Alat komunikasi bisnis yang melibatkan orang lain, pemasok, konsumen, dan investor. Ini membantu mereka memahami tujuanmu dan cara kerja bisnisnya.
  • Permudah menjalankan bisnis dengan mengetahui langkah-langkah praktis bagaimana menghadapi persaingan, promosi, dan sebagainya agar bisnismu lebih efektif dan menguntungkan. 
  • Memudahkan pengawasan operasi yang dilakukan.
  • Sebagai bahan perumusan strategi dan evaluasi perusahaan.
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again