1. DScovery

8 Cara Mempertahankan Pelanggan Agar Bisnis Lancar

Agar penjualan tetap berjalan lancar sebuah bisnis harus mengetahui cara mempertahankan pelanggan.

Setelah memiliki sebuah perusahaan dan produk, maka langkah selanjutnya adalah dengan memikirkan cara mempertahankan pelanggan tetap setia untuk menggunakan produk dari bisnis yang kamu punya.

Cara mempertahankan pelanggan ini gampang-gampang susah karena kamu tidak hanya akan mempertahankan satu pelanggan saja, tetapi banyak pelanggan agar mereka tidak tergoda yang kompetitor lainnya.

Maka dari itu kamu perlu mengatur strategi kepuasan pelanggan agar bisa mempertahankan pelanggan yang sudah pernah melakukan transaksi dengan perusahaan kamu atau yang baru akan melakukan transaksi. Hal ini juga sering disebut sebagai customer retention. Apa itu customer retention dan bagaimana cara melakukannya? Simak penjelasannya berikut!

Apa itu customer retention?

Customer retentionadalah cara mempertahankan pelanggan agar tetap menggunakan produk, jasa, atau layanan dari bisnis yang kamu kembangkan.

Apakah mempertahankan pelanggan lebih mudah dibandingkan mencari pelanggan baru? Ya, mempertahankan pelanggan lama bisa menjadi lebih mudah. 

Contoh hubungan dengan pelanggan yang lama adalah mereka yang sudah memakai produk, jasa, atau layanan dari perusahaan berarti sudah memiliki pengalaman. Sehingga, mereka bisa memutuskan untuk membeli lagi.

Jika produk dan layanan yang kamu berikan memuaskan mereka akan membelinya kembali, dari sini kamu sudah bisa tahu kenyamanan pelanggan terhadap bisnis kamu dan melakukan upgrade layanan untuk mempertahankan pelanggan yang lama agar tidak belok ke perusahaan lainnya.

Secara garis besar, tujuan dari customer retention adalah untuk membantu perusahaan dalam mempertahankan konsumen, agar mereka tetap loyal terhadap brand.

Bagaimana cara mempertahankan pelanggan?

Lalu bagaimana cara mempertahankan pelanggan atau cara mendekati pelanggan dengan baik agar mereka tetap membeli produk bisnis kamu secara berulang? Dikutip dari Commonbox, berikut 8 cara efektif untuk mempertahankan pelanggan.

1. Beri diskon atau hadiah

Tips menarik pelanggan baru adalah dengan memberikan diskon pembelian pertama kali, hal ini akan membuat pelanggan baru tersebut merasa special. Cara ini juga bisa dilakukan untuk menarik perhatian pelanggan lama, contohnya adalah dengan memberikan diskon spesial untuk pembelian kedua atau ketiga.

Melalui pemberian diskon atau hadiah ini, pelanggan akan merasa dihargai, jangan lupa untuk menawarkan diskon untuk produk yang sering mereka beli dan dibarengi dengan pesan singkat yang manis dan menarik.

2. Memberikan pelayanan yang sangat baik

Cara mendekati pelanggan adalh dengan memberikan pelanggan yang sangat baik, karena ketika mereka ingin membutuhkan produk atau layanan dari sebuah bisnis, biasanya pelanggan akan melihatnya dari cara pelayanan bisnis tersebut. Tidak jarang apabila pelayanannya buruk, mereka akan berpaling ke produk atau perusahaan lain.

Untuk memberikan pelayanan yang baik kamu bisa membuat pelanggan untuk selalu mendapatkan perhatian baik melalui email, telepon, atau layanan pesan langsung cari tahu apa yang paling pelanggan butuhkan agar mereka juga bisa terbantu.

3. Survei pelanggan

Mengirimkan survei online cepat kepada pelanggan kamu untuk bisa mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang apa yang membuat mereka terus menggunakan produk bisnis kamu dan apa yang seharusnya diperbaiki. Survei ini juga membantu untuk mengidentifikasi pola pelanggan.

4. Membuat komunitas

Membuat komunitas dan aktif melaksanakan adalah cara mempertahankan pelanggan, karena dengan komunitas pelanggan akan merasa lebih dekat dengan bisnis. Selain itu, kamu juga bisa memberikan diskon khusus bagi pelanggan yang tergabung dalam komunitas tersebut.

5. Menginformasikan produk baru

Cara mencari pelanggan selanjutnya adalah dengan menginformasikan perkembangan baru seperti produk baru melalui email agar lebih personal.

6. Fokus pada pelanggan

Banyak perusahaan yang masih memiliki fokus terhadap bisnis atau produk mereka, padahal fokus pada pelanggan juga menjadi hal yang penting, karena pelanggan bisa memberikan pengalaman serta saran setelah menggunakan produk bisnis kamu, yang nantinya bisa kamu jadikan sebagai bahan evaluasi untuk produk yang akan datang.

7. Kode Referal 

Cara mempertahankan pelanggan lama serta mencari pelanggan baru dengan mudah adalah dengan menggunakan strategi pemasaran kode referal, kamu bisa menawarkan diskon kepada pelanggan yang berhasil merujuk teman atau kerabat untuk membeli dan berlangganan produk atau jasa bisnis kamu. Kamu bisa memberikan mereka poin yang dapat ditukarkan setiap pembelian.

8. Lebih personal kepada pelanggan

Cara mempertahankan pelanggan yang terakhir adalah dengan menjangkau pelanggan lebih personal, karena dengan cara ini pelanggan akan merasa menjadi tim dari perusahaan sehingga membuat mereka menjadi lebih loyal. Selain itu, jangkauan personal juga membuat pelanggan merasa perusahaan tahu apa kebutuhan yang selama ini ia cari dan merasa dihargai. Kamu bisa mencari tahu tentang produk apa saja yang sebelumnya mereka beli, seperti apa interaksi sebelumnya, dan bagaimana mereka ingin dihubungi.

Cara mempertahankan pelanggan di masa digital ini akan jauh lebih mudah karena ada banyak channel pemasaran yang bisa kamu gunakan untuk menjangkau pelanggan seperti media sosial atau melalui email marketing.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again