1. Entrepreneur

Cara Menggunakan Kipa untuk Mempermudah Pengelolaan Bisnis Anda

Ingin mengelola bisnis dengan mudah? Simak langkah penggunaan Kipa berikut!

Kipa adalah aplikasi kasir, manajemen, keuangan sekaligus marketplace yang dirancang agar UMKM bisa berdikari dan mengoptimalkan bisnisnya.

Pelaku UMKM biasanya mendirikan bisnisnya dengan sumber daya dan teknologi yang masih sangat minim. Memanfaatkan aplikasi untuk mempermudah pengelolaan usaha menjadi salah satu pilihan yang dapat diambil agar pelaku UMKM tetap bisa mengoptimalkan perkembangan bisnisnya. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah Kipa POS.

Pelaku UMKM dapat menggunakan memanfaatkan berbagai fitur Kipa untuk mempermudah pengelolaan bisnisnya. Beberapa fitur diantaranya adalah pengelolaan stok, penjualan, pembelian, serta laporan transaksi. Simak panduan menggunakan kipa dibawah ini untuk pengelolaan usaha Anda!

Cara Melakukan Pengaturan Usaha di Kipa melalui Aplikasi

  • Buka aplikasi Kipa Anda, kemudian klik tanda menu yang berbentuk titik tiga di pojok kiri atas

  • Di bagian pengaturan & layanan klik Usaha

  • Anda akan menemukan pengaturan manajemen dan perangkat.

Dalam pengaturan manajemen terdapat pengaturan mengenai informasi usaha, outlet, metode pembayaran, dan reset data. Sedangkan dalam pengaturan perangkat terdapat pengaturan mengenai struk dan printer.

  • Klik Pengaturan Informasi Usaha

Anda bisa mengatur nama usaha, kategori usaha, izin mengenai tampilan nominal transfer stok dan pengaktifan produk digital.

  • Klik Simpan dan Anda akan mendapatkan notifikasi usaha berhasil diupdate. Tekan tombol panah di pojok kiri atas untuk kembali ke halaman sebelumnya
  • Klik Outlet, kemudian ketuk nama outlet Anda untuk melakukan pengaturan

Anda dapat mengatur gambar atau logo outlet, nama outlet, nomor telepon, kota/kabupaten dari outlet, detail alamat, dan link url etalase.

Catatan: Anda dapat mengubah alamat atau link etalase sesuai keinginan Anda tetapi hanya boleh menggunakan huruf dan angka. Buatlah link yang mudah diingat oleh pelanggan Anda.

  • Klik Update dan Anda akan mendapatkan notifikasi outlet berhasil diupdate. Tekan tombol panah di pojok kiri atas untuk kembali ke halaman sebelumnya.
  • Klik Metode Pembayaran.

Anda akan menemukan berbagai metode pembayaran yang terintegrasi dengan Kipa, diantaranya Ovo, LinkAja, Dana, Gopay, dan berbagai pilihan bank. Anda dapat melakukan pengaturan dengan memberikan tanda centang berwarna jingga di samping kanan dari setiap metode pembayaran yang Anda pilih.

  • Klik Simpan dan Anda akan mendapatkan notifikasi metode pembayaran berhasil diperbarui
  • Klik Struk untuk melakukan pengaturan tampilan struk penjualan

Anda bisa mengatur header, footer, dan pesan untuk pelanggan. Selain itu, Anda dapat mengatur apakah ingin menampilkan logo, alamat outlet, nomor telepon, nama pelanggan, nama kasir, catatan untuk pelanggan, dan QR code dalam struk.

  • Anda bisa melihat preview struk dari pengaturan yang sudah Anda buat dengan cara klik Preview Struk

  • Klik Simpan dan Anda akan mendapatkan notifikasi sukses update struk
  • Anda dapat menghubungkannya dengan printer untuk mencetak struk dengan cara klik Printer

Berbagai fitur yang disediakan Kipa ditujukan untuk membantu para UMKM dalam mengelola bisnisnya agar lebih efektif sehingga dapat mendorong perkembangan bisnis. Selain digitalisasi, tentunya juga perlu diimbangi dengan produk, strategi, dan sumber daya yang baik agar Anda dapat mengoptimalkan perkembangan bisnis Anda. Semoga bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again