1. Entrepreneur

Cara Menghitung Persentase Keuntungan dengan Mudah

Angka keuntungan ini akan jadi indikator penting profitabilitas sebuah bisnis

Bagi Anda yang memiliki usaha, pasti senang apabila melihat bisnis Anda bisa berkembang dengan melihat persentase keuntungan dari bisnis atau usaha yang dijalankan. Namun, apabila persentase keuntungannya mengalami kerugian Anda harus memiliki rencana ke depannya untuk bisa memulihkan kondisi usaha.

Keuntungan biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu, harga beli, harga jual, diskon penjualan dan pembelian, harga pokok produksi, dan banyak faktor lain.

Setelah Anda menghitung laba atau keuntungan melalui laporan keuangan, Anda juga bisa menggunakan persentase keuntungan untuk menjelaskan kepada investor mengenai keadaan perusahaan. Persentase lebih mudah dan tidak bersinggungan langsung dengan data sensitive yang Anda miliki.

Hal Yang Diperlukan Sebelum Menghitung Persentase Keuntungan

  • Keuntungan

Keuntungan di sini dimaksudkan adalah hasil laba selama satu bulan atau satu tahun sesuai dengan perhitungan yang akan Anda lakukan. Untuk memudahkan hal ini Anda bisa menggunakan laporan keuangan laba rugi ataupun arus kas.

Hal tersebut digunakan untuk memudahkan Anda mengetahui laba yang sudah didapat dan dalam tahap penghitungan persentase, Anda tidak perlu kerepotan untuk menghitung kembali.

  • Jumlah Modal

Modal yang dibutuhkan dalam perhitungan persentase adalah modal yang Anda gunakan dalam perhitungan buku terakhir. Modal ini akan menjadi pembanding antara keuntungan atau kerugian yang dialami usaha. Modal, akan bertambah atau berkurang seiring dengan dilakukannya usaha.

Cara Menghitung Persentase Keuntungan

Agar bisa mengetahui persentase keuntungan, atau bisa juga disebut nilai keuntungan. Anda harus menghitung dengan menggunakan rumus sebagai berikut.

Persentase Keuntungan = Nilai Keuntungan/Modal x 100%

Contoh pada bulan September Anda berhasil mendapatkan keuntungan sebesar Rp.200.000 dengan modal berjalan pada bulan tersebut Rp. 1.000.0000.

Maka persentase keuntungannya 200.000/1.000.000 x 100%= 20%

Tips Menghitung Persentase

Beberapa tips ini akan memudahkan Anda untuk menghitung persentase secara lebih cepat.

  1. Menggunakan Aplikasi Sistem Keuangan

Tips pertama ini akan sangat memudahkan Anda, karena dalam beberapa aplikasi akuntansi seperti MYOB, accurate, atau jurnal Anda bisa mengakses laporan keuangan kapan pun dibutuhkan.

Laporan keuangan yang ditampilkan juga bisa diatur untuk periode kapan. Sehingga keuntungan dan jumlah modal berjalan bisa diketahui dengan mudah.

  1. Pencatatan Keuangan

Baik menggunakan aplikasi khusus akuntansi, excel, ataupun manual. Setiap transaksi yang melibatkan keuangan harus dicatat secara detail. Hal ini untuk memudahkan dan mengurangi kemungkinan adanya salah catat yang dilakukan. Hal ini juga memudahkan untuk menelusuri berapa persentase keuntungan yang didapat dalam periode tertentu.

  1. Selalu Update Catatan

Update di sini bukan berarti mengenai aplikasinya, tetapi pencatatan yang Anda lakukan. Maksudnya, harga pasar yang naik turun pasti berpengaruh kepada harga jual bagi Anda yang memiliki usaha dagang atau manufaktur.

Ketika ada perubahan harga Anda harus segera menggantinya ke harga yang paling baru sesuai dengan berkas transaksi yang ada. Hal ini agar pencatatan lebih tertata, dan persentase keuntungannya tidak bias.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again