1. Entrepreneur

Panduan Singkat untuk Meningkatkan Jumlah Followers di Media Sosial

Anda sebagai pembuat karya atau konten, tentu saja followers Anda adalah audiens Anda dan calon pelanggan Anda yang paling pertama dan utama. Bagaimana caranya agar jumlah followers di media sosial bisa bertambah banyak?

Nah, berikut beberapa cara meningkatkan jumlah followers di media sosial yang bisa Anda ikuti.

Posting yang Sesuai dengan Persona Anda

Kalau akun Anda itu akun musisi atau band, sebaiknya posting yang berhubungan dengan dunia musik. Misal posting kondisi latihan di studio, lagi manggung, lagi nge-cover lagu orang, dan sebagainya.

Jangan posting yang jauh sekali misalnya posting tips pacaran, atau posting jual handphone, karena biasanya orang kurang tertarik untuk follow akun yang posting-annya random (kecuali mungkin Anda memang seleb ya).

Posting yang Menarik

Kenapa harus posting yang menarik? Tentunya biar membuat orang jadi stop nge-scroll dan jadi lebih merhatiin postingan Anda, yang bisa berujung kepoin postingan lainnya dan lalu follow akun Anda.

Jangan Dikunci

Credit: Pixabay.com

Biasanya orang malas untuk follow akun yang dikunci, karena ia harus nunggu Anda approve request dari dia. Selain itu Anda juga kehilangan kesempatan untuk memberi tahu apa isi media sosial Anda ke orang lain. Kalau akun Instagram Anda terbuka tentunya ada kemungkinan lebih banyak untuk dapat like, komen dan masuk ke explore, yang berujung orang lain bisa follow Anda .

Posting Secara Teratur di Waktu yang Tepat

Cara ini bisa dilakukan dan harus terus dicoba untuk meningkatkan follower Instagram ataupun Twitter, karena jam-jam terbaik itu bisa berbeda setiap hari, bisa berbeda di setiap channel media sosial, dan bisa berbeda juga untuk tiap orang.

Untuk acuan awal Anda bisa lihat insight di akun-akun media sosial Anda, biasanya Anda bisa liat “peak time” posting-an Anda yang paling banyak “engagement”-nya itu kapan dan jam berapa. Dari situ bisa dicoba juga di jam dan hari-hari lainnya.

Pergunakan Hashtag

Credit: Pixabay.com

Hashtag atau tagar itu penting, khususnya di Instagram dan Twitter. Dengan memakai hashtagposting-an Anda jadi lebih mudah ditemukan oleh orang lain sehingga berpotensi untuk meningkatkan jumlah followers di media sosial. Anda kira-kira bisa memakai sekitar 30 hashtag dalam satu posting-an di Instagram.

Tapi sebaiknya jangan sembarang memakai hashtag. Pakai yang sesuai dengan posting-an Anda. Boleh memakai hashtag yang sedang populer atau istilahnya kerennya ikutan “riding the wave”, tetapi dilihat juga hashtag-nya masuk tidak dengan posting-an Anda.

Misalnya Anda posting video “Tips Membuat Kopi Susu” trus pakai hahstag #StarWars #TheRiseOfSkywalker kan jadi aneh. Trus kalau nanti akun Anda malah di-report kan gawat.

Pelajari Cara Menulis Caption yang Baik

Maksudnya menulis caption yang baik itu yang sesuai dengan persona dan target audience Anda . Yang bagus itu caption yang menarik dan gampang dimengerti orang. Keep it simple istilahnya.

Follow, Like, Komen Akun Sejenis

Credit: Pixabay.com

Biar Anda mendapatkan follower yang sesuai sama target audience, kamu bisa gerilya dengan follow, like dan komen di akun yang sejenis. Dengan begitu maka Anda akan terpapar oleh orang lain atau follower di akun yang Anda follow, like atau komen itu, yang bisa berujung mereka jadi follow Anda juga. Kalau zaman blog dulu itu istilahnya “blog walking”.

Follow Akun Seleb/Follow Unfollow

Follow akun seleb bisa dilakukan untuk menambah follower Anda , tapi follower Anda nantinya jadi akan mirip dengan follower akun-akun yang follow akun seleb tersebut. Bisa dilakukan dengan cara follow akun seleb, setelah itu beberapa saat unfollow akun-akunnya, dilakukan beberapa kali. Bisa dilakukan juga ke akun yang sejenis dengan akun kalian.

Bikin Giveaways

Cara ini bisa dilakukan kalau Anda mau mengeluarkan sedikit uang untuk memancing orang supaya follow akun Anda . Bisa dimulai dari hadiah pulsa handphone, OVO atau GOPAY. Bikin kuis yang salah satu cara jawabnya adalah harus follow akun Anda .

Bisa juga ditambah dengan harus mention 3 orang teman kamu. Jangan lupa pergunakan hashtag (bisa nebenghashtag populer) dan juga unik hashtag supaya kamu bisa nge-trackgiveaways Anda.


Artikel ini adalah hasil kerja sama antara Trikinet dan Karyakarsa.com, platform untuk para kreator yang ingin mendapatkan dukungan dari para fans. Ada banyak karya yang bisa Anda dukung lewat tautan ini.

Gambar header Pixabay.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again