1. DScovery

Cara Mudah Menyusun Neraca Saldo Bagi Pemula, Simak Langkah-Langkahnya

Neraca saldo adalah salah satu bagian dari proses laporan akuntansi. Untuk mendapatkan hasil saldo yang balance, maka perlu kecermatan dalam memasukan angka saldo dan akun. Berikut tips cara menyusun neraca saldo mudah bagi pemula.

Neraca saldo adalah kegiatan akuntansi dalam melakukan pencatatan meliputi laporan biaya, penjualan, transaksi, hutang piutang dan lain sebagainya. Neraca saldo menyajikan perhitungan mengenai aset, kewajiban, pendapatan, ekuitas, beban, kerugian dan keuntungan milik perusahaan dan mencantumkan saldo akhir pada buku besar akuntansi.

Secara sederhana neraca saldo adalah laporan yang berisi mengenai segala transaksi dan aset yang dimiliki perusahaan pada buku besar akuntansi. Fungsi dari neraca saldo agar setiap pengeluaran dan pendapatan perusahaan memiliki rekam jejak yang jelas, neraca digunakan juga untuk melengkapi laporan laba dan rugi.

Berikut salah satu contoh tampilan neraca saldo dalam bentuk laporan:

Dibuat oleh Nadhifah

Hasil perhitungan Debit dan Kredit harus sama, karena jika total keduanya sama maka laporan dinyatakan balance atau neraca saldo yang telah disesuaikan. Hasil dari neraca saldo digunakan untuk menunjukan pendebitan dan pengkreditan telah sama dan bukti yang disediakan terkait nilai saldo.

Jika kolom kredit dan debit tidak sama maka neraca saldo dinyatakan tidak balance. Perlu dicermati kembali laporan akun dan angka pada neraca saldo, karena pasti terdapat masalah dalam proses perhitungan.

Berikut metode yang dapat digunakan untuk mencari kesalahan dalam perhitungan neraca saldo:

  • Jika terjadi kesalahan dalam selisih sebesar 10,100 atau 1.000 maka jumlahkan kembali kolom neraca saldo karena biasanya kesalahan seperti ini muncul akibat kesalahan penjumlahan. Jika setelah diperiksa masih ada kesalahan, hitung kembali seluruh saldo pada akun.
  • Jika selisih dapat dibagi 2 biasanya terjadi karena salah memasukan angka, dimana debit di-posting pada kolom kredit dan begitupun sebaliknya.
  • Jika selisih dapat dibagi oleh 9, maka periksa kembali saldo akun pada buku besar untuk mengetahui kesalahan pemindahan saldo. Biasanya kesalahan yang paling banyak ditemui adalah transposisi (terjadi saat angka yang dimasukan terbalik, misal 54.000 menjadi 45.000) dan slide (sebuah angka yang terselip hilang).
  • Jika terjadi kesalahan yang tidak habis dibagi 2 atau 9, maka perlu periksa buku besar untuk menemukan jumlah kesalahan yang sama sebelum dipindah ke neraca saldo. Jika kesalahan masih tidak ditemukan, periksa pemindahan jurnal untuk menemukan pemindahan yang salah.

Terkadang kesalahan perhitungan tidak akan menyebabkan neraca saldo tidak seimbang, tetapi bisa jadi baru ditemukan pada saat baru akan menyiapkan neraca saldo atau difokuskan oleh saldo yang tidak biasa pada suatu akun.

More Coverage:

Jika kesalahan yang terjadi di neraca saldo tidak ditemukan pada metode yang telah dijabarkan sebelumnya, laporan tersebut harus ditelusuri kembali mulai dari langkah terakhir hingga pemindahan jurnal.

Semoga penjelasan yang telah diberikan beserta contoh perhitungannya dapat membantu mu dalam melakukan penyusunan nerasa saldo.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again