1. Startup

Cari Tempat Kos di Bandung, Cek Kost-e.com

Dengan moto 'Satu Klik Sejuta Kemudahan', Kost-e hadir bagi mereka, mahasiswa, karyawan atau siapapun yang mencari tempat/rumah kos di kota Bandung.

Kost-e merupakan jasa layanan kos terpadu yang berperan sebagai perantara antara pemilik kos dengan para calon penyewa kos. Di situs mereka, Anda bisa mencari tempat kos dengan melihat Katalog dan Mini Katalog yang tersedia atau melakukan pencarian dengan menyortir berdasarkan lokasi atau kisaran harga per bulan.

Ada sekitar 17 lokasi yang saat ini tersedia di Kost-e, beberapa diantaranya memang daerah kos yang cukup terkenal di Bandung, salah satu alasannya karena dekat dengan Kampus, seperti Dago, Sukaluyu, Cikutra, Cimbuleuit, Gegerkalong. Daftar kisaran harga yang tersedia juga bermacam-macam, mulai yang kurang dari Rp. 500.000 sampai yang lebih mahal dari Rp. 2.500.000.

Tampilan desain situs yang bersih membuat nyaman untuk 'berjalan-jalan' mencari tempat kos yang tersedia di dua katalog Kost-e, Mini Katalog untuk model katalog mirip iklan baris, sedangkan Katalog, lengkap dengan foto yang lebih besar serta tautan untuk melihat detail lokasi kos yang ada. Jika Anda mendaftar menjadi anggota di situs mereka, Anda bisa menikmati fitur untuk membandingkan dua tempat kos secara bersamaan.

Selain menampilkan daftar tempat kos yang dilengkapi dengan foto serta keterangan fasilitas, daerah lokasi serta kisaran harga dan keterangan peruntukkan penghuni, layanan utama Kost-e adalah perantara.

Jadi, ketika Anda tertarik akan sebuah tempat kos tertentu, maka yang Anda lakukan adalah mengontak pihak Kost-e. Nanti pihak Kost-e akan memberikan alternatif waktu kunjungan, setelah mengkoordinasikan waktu kunjungan antara pemilik kos dan calon penyewa dan menetapkan lokasi pertemuan, maka kunjungan dilakukan, jika cocok, kamar kos bisa langsung di sewa.

Untuk jasa perantara ini pihak Kost-e akan mengenakan tarif Rp. 20.000 untuk setiap rumah kos yang dikunjungi. Dari harga ini beberapa kelebihan yang ditawarkan antara lain rekomendasi rumah kos terbaik, kunjungan akan ditemani guide, bisa mendapatkan tips, dan yang terpenting rumah kos yang dikunjungi, kamarnya pasti tersedia, jadi tidak perlu takut untuk kehilangan waktu karena tempat kos-nya penuh.

Itu untuk calon penyewa, sedangkan untuk pemilik kos yang ingin masuk dalam listingKost-e ada dua pilihan, Katalog dan Mini Katalog, untuk Katalog berbayar (sayangnya tidak ada daftar harga di situs mereka) sedangkan Mini Katalog gratis. Perbedaan dua katalog ini adalah dari fasilitas yang disediakan, berikut perbandingan fasilitasnya.

Bagi saya, layanan yang diberikan Kost-e cukup menarik, setelah sebelumnya DailySocial membahas Tolongin.com, kini kita bisa melihat contoh lain dari perpaduan jasa offline (perantara) dengan metode online, yaitu situs serta fasilitas pencarian dan fitur perbandingan dua rumah kos, yang saya pikir punya peluang bagus, terutama di kota Bandung.

Meski kecil, kota Bandung bisa jadi membingungkan, terutama untuk mencari rumah kos bagi mereka yang datang dari luar Bandung, dan kita tahu banyak perguruan tinggi di kota tersebut yang berasal dari luar kota Bandung, setidaknya ada ITB, UPI, UNPAD, UNPAR, Universitas Maranatha serta Universitas Widyatama, untuk menyebut beberapa nama, yang mahasiswanya cukup banyak yang berasal dari luar kota. Layanan Kost-e yang menyediakan jasa perantara bisa sangat membantu.

Mungkin Kost-e bisa menambahkan beberapa fasilitas sosial pada situs mereka misalnya tombol untuk membagikan testimoni agar proses viral bisa terjadi. Dan mudah-mudahan mereka cukup mendapatkan pemasukan dari sistem yang ada sekarang sehingga tidak memerlukan menempatkan banner iklan atau kalaupun iya, penempatannya dibuat sedemikian rupa agar tidak mengganggu layout yang sudah ada, karena terus terang saya suka tampilan situs mereka yang 'bersih', sesuai dengan deskripsi usaha mereka, memenuhi kebutuhan, kemudahan serta kenyamanan bagi pemilik kos dan penyewa.

Tingkat persaingan di segmenkos-kosan ini memang tidak sedikit, kalau Anda googling saja akan muncul berbagai layanan yang menyediakan daftar rumah kos dengan berbagai macam bentuk, mulai dari forum, iklan baris sampai situs rumah kos itu sendiri yang melakukan promosi, dan Kost-e juga akan berhadapan dengan konsumen yang mungkin belum terbiasa dengan jasa perantara.

Bisa jadi ada beberapa konsumen yang merasa harga jasa perantara mereka cukup mahal, mereka bisa cek iklan baris di koran, tanya teman lewat Twitter, googling alamat dan langsung datang ke tempat kos, tetapi dengan beberapa kemudahan serta fasilitas yang ada peluang masih terbuka lebar. Dan, saya sendiri belum menemukan (koreksi saya bila salah) layanan yang sama seperti Kost-e untuk wilayah Bandung, kalau kota lain mungkin ada.

Saya mencoba mengontak Kost-e untuk mengajukan beberapa pertanyaan viaemail, namun belum ada balasan, mungkin lain waktu saya bisa mampir ke kantor mereka untuk bertanya-tanya tentang model dan strategi bisnis mereka, kemungkinan peluncuran fitur baru serta apakah mereka berencana untuk memperluas cakupan layanan mereka di kota lain.

Ok, bagi Anda yang tinggal di Bandung, bagaimana pendapat anda tentang Kost-e? Apakah model jasa seperti ini memiliki peluang yang bagus untuk model bisnis? Anda punya perbandingan layanan serupa? Pendapat Anda kami tunggu di kolom komentar.

http://dailysocial.net/2010/07/27/bukalapak-com-cara-mudah-untuk-mencari-dan-menjual-barang/
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again