1. Startup

Catapa Hadirkan HelpGPT untuk Perkuat Solusi HR

Sekaligus mengembangkan fitur simulasi pajak dan struktur perusahaan agar semakin interaktif

Pengembangan teknologi kecerdasan buatan kini telah menjangkau berbagai sektor, termasuk human resources (HR). Salah satu pengembang Human Resources Intelligence System (HRIS) jebolan inkubasi GDP Ventures, Catapa meluncurkan HelpGPT, aplikasi berbasis chatGPT yang menyediakan informasi penggajian pajak dan peraturan ketenagakerjaan dalam Bahasa Indonesia.

Berdasarkan data internal periode Januari-April 2023, sekitar 60% pertanyaan pelanggan yang masuk ke CATAPA merupakan pertanyaan bersifat berulang, dengan jawaban yang dapat diakses dengan mudah di Pusat Bantuan. Asumsinya, Customer Support memerlukan satu menit untuk menangani setiap pertanyaan berulang ini, yang berarti lebih dari 2.500 menit waktu dihabiskan untuk penanganan manual.

Perhitungan ini mendorong perusahaan merespons kebutuhan untuk menjawab pertanyaan berulang ini dengan menciptakan efisiensi bagi tim customer support melalui HelpGPT.

CATAPA sudah memulai adaptasi teknologi AI dari beberapa tahun lalu. Salah satunya adalah asisten virtual Claudia yang hadir dalam messaging platform, seperti WhatsApp, Telegram, Facebook Messenger, LINE, dan Slack. Tugas utamanya adalah menangani kebutuhan karyawan, seperti melihat saldo cuti, pertanyaan tentang cuti bersama, dan persetujuan cuti.

Dalam wawancara terpisah dengan DailySocial.id, Founder & CEO Catapa Stefanie Suanita mengungkapkan HelpGPT berperan sebagai Virtual Customer Support yang menangani pertanyaan-pertanyaan yang berulang dari pelanggan, seperti implikasi regulasi dari pemerintah atau tutorial dalam pemanfaatan fitur di CATAPA. "Baik Claudia maupun HelGPT ditujukan untuk membantu HR dan karyawan," tegasnya.

Stefanie juga mengatakan CATAPA memiliki pondasi AI yang kuat, oleh karena itu pengerjaan HelpGPT di CATAPA memakan waktu hanya beberapa bulan mulai dari proses investigasi sampai diluncurkan. Dalam prosesnya sendiri, tim CATAPA menemukan beberapa poin penting.

Pengembangan aplikasi berbasis AI memerlukan internasionalisasi dan lokalisasi agar AI bekerja secara optimal di setiap negara. Internasionalisasi memungkinkan adaptasi yang mudah ke berbagai bahasa dan wilayah, sementara lokalisasi menyesuaikan perangkat lunak untuk bahasa dan konvensi tertentu.

Dalam konteks lokalisasi, AI sangat bergantung pada data lokal, seperti bahasa, dialek, slang, aspek budaya, penggajian, dan peraturan pajak, termasuk hukum ketenagakerjaan, yang bervariasi dari negara ke negara. Masing-masing pemerintahan mungkin memerlukan solusi yang berbeda-beda atau dikustomisasi untuk bisa efektif di negaranya.

Peningkatan layanan pusat bantuan CATAPA dengan ChatGPT memberikan dua manfaat, yaitu meningkatkan pengalaman pelanggan dan efisiensi. Pusat Bantuan berbasis ChatGPT tersedia 24/7 untuk melayani pengguna dengan lebih cepat dan lebih baik. Selain itu, otomatisasi dukungan untuk pertanyaan yang berulang dan menghemat setidaknya 2.500 menit per bulan.

AI dalam human resources

Dewasa ini, pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan semakin luas dan signifikan. Dalam lingkup human resources (HR), kecerdasan buatan (AI) berperan dalam membantu HR dalam menjawab pertanyaan terkait peraturan pemerintah, peraturan perusahaan, juga mengambil bagian dalam proses rekrutmen dan manajemen kinerja.

Di sisi lain, AI juga berperan dalam menganalisis data karyawan, mengidentifikasi tren, serta memberikan wawasan yang berharga untuk membantu HR dalam pengambilan keputusan. Meski begitu, penting juga untuk mempertinbangkan isu-isu etika dan privasi yang terkait dengan penggunaan teknologi ini.

Perkembangan teknologi AI yang masif dan signifikan telah menimbulkan kekhawatiran bahwa kelak kecanggihan ini dapat menggantikan fungsi manusia dalam pekerjaan. Namun, ungkap Stefanie, "yang benar adalah AI hanya akan menggantikan manusia yang tidak memanfaatkan AI dalam menjalankan pekerjaannya."

Dari sisi produk, perusahaan juga menghadirkan beberapa fitur baru, di antaranya tax simulator yang dapat digunakan untuk membantu perusahaan melalui simulasi total pajak yang perlu dibayarkan karyawan. Selain itu, juga ada organization chart yang menampilkan visualisasi reporting structure yang ada di perusahaan dengan struktur organisasi di CATAPA.

Visualisasi reporting structure perusahaan melalui Organization Structure / Sumber: CATAPA

 

 

 

 

 

 

 

 

More Coverage:

 

 

 

 

Selain Catapa, di Indonesia sendiri juga ada beberapa setartup yang menawarkan layanan untuk HR seperti Mekari, Skuad, juga Venteny  yang belum lama ini resmi IPO dan berhasil meraup dana sekitar Rp339 miliar. Beberapa perusahaan job marketplace juga mulai masuk ke ranah HR, seperti Job2Go.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again